Drama Korea Stranger (2017) – Review

Dari Kiri ke Kanan: Han Yeo-Jin (Bae Doo-Na) dan Hwang Shi-Mok (Cho Seung-Woo.

Stranger atau nama lainnya Secret Forest (2017) adalah drama korea besutan stasiun televisi tvN yang sukses besar, baik dari rating maupun penghargaan, terbukti mengisi daftar 10 serial televisi international terbaik dari The New York Times. Permintaan musim keduanya pun melonjak pasca berakhir dengan kisah menggantung yang berisyarat ada kemungkinan cerita akan berlanjut. Lantas, apa yang menjadikan serial ini berkesan?

Drama ini mengisahkan Hwang Shi-Mok (Cho Seung-Woo), jaksa yang berusaha membongkar kasus pembunuhan Park Mo-Sung (Eom Hyo-Seop), dimana korban terlibat dengan kasus korupsi dan penyediaan jasa wanita hiburan kepada para penguasa Korea Selatan. Jaksa Hwang kemudian bekerja sama dengan polisi wanita, Han Yeo-Jin (Bae Doo-Na) untuk membongkar kasus tersebut.

Bergelimangnya drama dengan cerita serupa tidak menampikkan keistimewaan Stranger, karena karakter utamanya adalah sosok dingin yang rasional, logis dan tidak memiliki emosi sama sekali. Pasca melakukan operasi otak, Hwang terpaksa tidak bisa merasakan emosi apapun dan membuatnya memilih profesi jaksa yang malah menjadikannya musuh bagi lembaganya sendiri.

Sementara karakter utama wanita yang diperankan Bae Doo-Na adalah wanita yang humoris, penuh ekspresi dan gemar menggambar. Dua tokoh ini akan menjadi tali yang menghubungkan setiap misteri untuk membongkar kasus korupsi yang dilakukan Lembaga Kejaksaan Korea Selatan.

Menonton Stranger membutuhkan konsentrasi ekstra karena dialog yang panjang serta detail yang mengagumkan. Misalnya, ekspresi Yoon Se-Won (Lee Kyung-Hyung) yang tersinggung ketika Yeo-Jin mengatakan roti pemberiannya tidak terlalu enak. Ini merupakan detail dari status ekonomi Se-Won yang tampak kurang berada ketimbang rekan lainnya. Atau juga momen dimana Hwang pertama kalinya meluapkan emosi ketika salah satu rekannya tewas terbunuh. Pencarian emosi yang dilakukan Hwang menjadi kisah tersendiri yang tak dapat dilewatkan.

Drama yang ditulis Lee Soo-Yeon ini memang memiliki penceritaan lambat dengan karakter yang banyak namun memiliki peran penting tapi terkadang sekilas ditampilkan. Posisi Hwang yang tidak mempercayai siapapun, kecuali Yeo-Jin pun dapat turut dirasakan saya selaku penonton. Setiap menikmati episode, saya harus berpikir keras: Siapa dan bagaimana hal ini terjadi lalu benarkah pelaku pembunuhan Mo-Sung tergabung dalam tim investigasi khusus yang dipimpin Hwang?

Bisa dikatakan moto dari drama ini ‘everyone is a suspect’, setiap orang berpotensi untuk mencederai hasil penyelidikan. Namun tim yang solid mengaburkan prediksi kita antara mana yang kawan dan mana lawan. Bahkan ketika akhirnya misteri terbongkar, bisa jadi kamu akan turut berempati mengenai alasan pelaku membunuh Mo-Sung dan mempertanyakan perihal benar atau salah di dunia yang penuh kejahatan ini.

Young Eun-So (Shin Hye-Sun)

Seperti yang sudah disinggung juga mengenai karakter yang banyak malah menjadi kelemahan terbesar bagi Stranger karena kurangnya pengembangan tokoh akibat terlalu berfokus kepada Hwang dan Yeo-Jin. Karakter seperti Lee Chang-Joon (Yoo Jae-Myung), Young Eun-So (Shin Hye-Sun), dan Seo Dong-Jae (Lee Joon-Hyuk) yang turut andil besar dalam misteri sedikit kurang tereksplorasi, terutama Young Eun-So yang seharusnya mendapatkan porsi lebih besar di layar kaca.

Setidaknya tidak ada plot hole yang ditemukan dalam Stranger, jelas naskah tersusun rapih dan menjadi salah satu drama korea yang terbaik dari segi cerita buat saya. Tercatat hanya ada dua drama korea yang saya segani dari segi penceritaan, yaitu Signal (2016) dan Voice (2017). Bahkan dua drama yang bernuansa misteri, thriller dan suspense tersebut memiliki ragam kasus berbeda disetiap episodenya sehingga lebih mudah membuatnya fokus, ketimbang Stranger yang lebih pelik dan rumit karena merajut kisah yang berkesinambungan satu sama lain dan bermuara pada konspirasi besar. Belum lagi keterlibatan tema politik dan penyalahgunaan kekuasaan oleh Lembaga Kejaksaan.

Yoon Se-Won (Lee Kyu-Hyung)

Deretan pemainnya pun tampil ciamik dalam memerankan tokohnya, dimulai dari Cha Seung-Woo yang tampil tanpa emosi hingga Lee Joon-Hyuk sebagai jaksa yang gemar hinggap sana sini untuk mendapatkan keinginannya. Bahkan mungkin saja kita bisa menyukai karakter Seo Dong-Jae yang berengsek dan penuh muslihat ini. Berbicara tentang tokoh juga, Salah satu pemain baru yang turut menjadi perhatian adalah Lee Kyu-Hyung yang memerankan sosok dengan perubahan karakter sangat besar dipenghujung akhir drama. Bila kamu menyukai Kyu-Hyung maka sila menonton Prison Playbook (2017), dimana ia memerankan pria gay yang humoris di penjara, bahkan ia menjadi headline dalam drama tersebut.

Drama ini juga menarik karena dua pemain utamanya sempat hiatus dari pertelevisian korea, tercatat serial drama terakhir Cho Seung-Woo adalah God’s Gift – 14 Days pada tahun 2014. Sementara Bae Doo-Na tampak mengisi karirnya dengan film-film internasional, seperti Jupiter Ascending dan Cloud Atlas, bahkan ia turut bermain dalam serial Netflix Sense 8. Pertemuan kedua pemain ini membawa nuansa sendiri dalam Stranger walaupun tidak ada kisah romansa sama sekali, bisa dibilang karisma kedua pemain mampu membuat penonton tergugah.

Kesuksesan Stranger pun membuahkan musim kedua (dari sumber berita yang beredar) dan akan siap mengudara di pertengahan tahun depan disebabkan penulis naskahnya sedang sibuk menyusun naskah untuk drama terbarunya yang berjudul Live (2018) dengan tokoh utamanya juga diperankan oleh Cho Seung-Woo.

Akhir kata, mau tidak mau saya perlu meletakkan Stranger sebagai drama korea misteri terfavorit saat ini dan menyingkirkan Signal serta Voice di jajaran teratas. Namun tetap yang menjadi posisi terbaik adalah Prison Playbook.

Sila menonton dan jangan lupa baca review drama korea lainnya di situs ini!

Leave A Response

Being in love with film and book since his whole life, Kukuh Giaji is a super fan of Doctor Who and dream to be the Doctor-companion someday.

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment