Drama Korea The Guardians (2017) – Review

Dari Kiri ke Kanan: Seo Bo-Mi (Kim Seul-Gi), Kong Kyung-Soo (Key ‘SHINee’), dan Jo Soo-Ji (Lee Si-Young)

Drama korea besutan stasiun televisi MBC ini berkisah mantan detektif Jo Soo-Ji (Lee Si-Young) yang bekerjasama dengan peretas handal Kong Kyung-Soo (Key ‘SHINee’) dan Seo Bo-Mi (Kim Seul-Gi) untuk menyingkap ragam kasus yang berkaitan dengan masa lalu mereka. Dibantu dengan seorang pemimpin rahasia, mereka hendak membongkar skandal Ketua Jaksa Yoon Seung-Ro (Choi Moo-Sung).

Namun, aksi mereka selalu terhambat akibat ulah Jaksa Senior Jang Do-Han (Kim Young-Kwang). Di satu sisi, unit gabungan kepolisian dan jaksa yang beranggotakan Kim Eun-Joong (Kim Tae-Hoon) dan Lee Son-Ae (Kim Sun Young) hendak menangkap Soo-ji yang berstatus buronan. Misi rahasia mereka pun berpacu dengan waktu untuk mengungkap misteri serta skandal yang berkaitan erat dengan masa lalu mereka dan sang pimpinan.

Sebagai drama yang penuh dengan intrik dan misteri, The Guardians memiliki penyajian cerita intens dibalut aksi laga mencenangkan, tidak seperti kebanyakan drama korea sejenis lainnya. Aksi pembuka dimana Soo-Ji mengendarai motor di jalan besar untuk menangkap penjahat yang bergulir ke masa silamnya tampil tanpa cela. Masing-masing episode yang berdurasi kurang lebih 30 menit pun terasa efektif untuk merangkai setiap kisah dari karakter yang ada.

Walaupun d korea The Guardians memiliki karakter yang banyak tapi setiap tokoh memiliki tempat dan posisi yang penting bahkan hampir setara dengan tidak berfokus hanya kepada Soo-Ji saja. Tidak hanya itu, satu hal yang perlu dikagumi adalah twist yang tersajikan disetiap akhir episode bisa memaksa penonton untuk binge watch secepat mungkin.

Park Solomon berperan sebagai Yoon Shi-Wan

Aktor Park Solomon yang berperan sebagai Yoon Shi-Wan, remaja sosiopat yang membunuh Jo Yoo Na (Ham Na-Young), anak perempuan Jo Soo-Ji sangat menarik perhatian sebagai sosok ultimate villain di drama ini. Park Solomon mengingatkan saya selaku penonton kepada karakter serupa, yaitu musuh di drama Voice (2017), Mo-Tae Go yang diperankan Kim Jae-Wook.

Baik Mo-Tae Go dan Yoon Shi-Wan merupakan sosiopat yang terbentuk akibat orang tua mereka yang tidak peduli dan akhirnya tumbuh menjadi pembunuh berdarah dingin yang tak kenal takut karena memiliki kuasa atas hukum. Tetapi sisi menarik dari The Guardians adalah menampilkan sosok musuh yang masih dibawah umur dengan kecerdasan manipulasi luar biasa serta lebih karismatik ketimbang Mo-Tae Go.

Salah satu karakter yang menonjol juga adalah anti-hero dari drama ini, yaitu sang pemimpin yang misterius. Tidak butuh waktu lama untuk membongkar siapa sosok yang bermain dalam kejaksaan, tim gabungan khusus dan pengatur gerak-gerik Jo Soo-Ji dan timnya. Karakter anti-hero ini bisa dibilang sosok sempurna sebagai seorang protagonis dan antagonis sekaligus.

Yoon Seung-Ro (Choi Moo-Sung) dan Jang Do-Han (Kim Young-Kwang)

Penonton bisa berempati sekaligus membenci perihal tindakan si pemimpin yang bermuara hilangnya nyawa seseorang yang sentral di drama The Guardians. Karakter ini pun mengingat saya pada tokoh Lee Chang-Joon yang diperankan Yoo Jae-Myung di drama Stranger (2017) produksi stasiun tvN, dimana ia mesti terlibat dalam kasus korupsi bahkan membunuh untuk menjatuhkan penguasa hukum di Korea.

Jika kamu penggemar drama Voice dan Stranger, ada kemungkinan besar akan menikmati intens cerita dari The Guardians. Walaupun isu sosial yang dibawakan lebih minim, karena cenderung berupa teori konspirasi politik dan aparat hukum yang bertindak semena-mena atas kekuasaannya. Sementara Voice disetiap kisahnya menampilkan isu masyarakat dengan cerita yang bersimbah darah bahkan penuh sensor sana sini. Dan Stranger berpusat kepada pembunuhan berantai alih-alih untuk membocorkan kebobrokan kejaksaan. The Guardians masih tetap menyenangkan dan menghibur untuk dinikmati hingga akhir.

Sayangnya drama ini ditutup dengan cerita yang menggantung seakan menunjukkan ada potensi musim kedua. Hingga kini masih belum ada kabar resmi mengenai produksi musim kedua dari drama ini. Akhir cerita yang memiliki banyak plot hole dengan nasib tragis karakter anti-hero nya menimbulkan tanda tanya besar bagi penonton yang berharap mendapatkan akhir kisah yang pasti. Nasib Jo Soo-Ji, Kong Kyung-Soo, dan Seo Bo-Mi yang berkeliaran di jalanan pun menimbulkan tanda tanya besar: apakah mereka telah mendekam di penjara? Atau masih berusaha membongkar kasus lainnya? Dan bagaimana nasib sosiopat Yoon Shi-Wan?

Sila menonton dan jangan lupa baca review drama korea lainnya di situs ini!

The Guardians Drama Korea
Leave A Response

Being in love with film and book since his whole life, Kukuh Giaji is a super fan of Doctor Who and dream to be the Doctor-companion someday.

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment