JURNAL #6 : Catatan Selepas Menghadiri Gathering dari MatahariMallCom

seminarmataharimall

Bekasi (02/09/2016) – Siapa sangka ditanggal terakhir pada bulan Agustus kemarin saya mendapatkan email dari “Top Blog Indonesia” mengenai seputar pelaksanaan roadshow dan edukasi dari MatahariMallCom yang akan membahas tentang affiliate program serta bagaimana para blogger dapat menghasilkan uang dari websitenya. Acara ini berupa Talkshow dan Gathering “Smart Income Through Affiliate Marketing” pada Jumat, 2 September 2016 bertempatkan di  Ballroom Hotel Imperial Aston Bekasi, Jalan KH Noer Ali no 177, Bekasi Barat.

Acara tersebut hanya menyediakan kursi terbatas maka saya bergegas mendaftarkan diri, berhubung mengingat sedang menganggur dan beruntung saya mendapatkan balasan email sehari setelahnya bahwa diperkenankan untuk menghadiri acara itu. Seminar tersebut akan diisi oleh para pembicara, sebagai berikut: Nur Anasta Rahmat (Zetta Media Network), Yustianto Tamtama (Affiliate & SEO Specialist matahariMall.com), Harimurti Resyadanov (Co Founder iBlog Market), dan Jimmy Ahyari (Blogger & Affiliate Expert).

Sekitar pukul setengah empat sore saya telah sampai di lokasi yang sebetulnya telah telat setengah jam dari jadwal tertera. Terlihat belum banyak peserta yang hadir dan beberapa kursi masih kosong. Kenyataannya, acara baru dimulai pada pukul empat sore dan meja-meja melingkar telah penuh berisi peserta yang didominasi oleh dua komunitas blogger di Bekasi.

Acara yang dilaksanakan di Ballroom hotel Aston tersebut terlihat begitu mewah dan tampak ‘modal’, hidangan makanan kecil tersaji dengan rapih, kami dapat mengambilnya dan menyantapnya sepanjang acara. Pelayanan dari panitia terlihat sangat profesional. And then literally, I really had a big hope for this event!.

Acara pertama dibuka dengan persentasi mengenai SEO Specialist dari Nur Anasta Rahmat

Buat kalian yang belum mengetahui tentang SEO itu apa, pertama kepanjangannya adalah Search Engine Optimazation yang terdiri dari Online dan Offline. SEO selalu berhubungan dengan sharing social media, blog linker, etc. Kalian bisa dengan mudah mencari informasi ini di google.

Yang paling saya suka adalah ketika dibagian pembahasan mengenai The SEO Pyramid. Materi ini membahas mengenai how to build a great and amazing website without cheating… well “less cheat”. Perlahan-lahan materi menuju bagaimana mencari ‘keyword’ yang bagus lalu membuat konten viral serta memiliki daya tarik bagi influencer.

SEO PYRAMID
The SEO Pyramid (Presented by Mr. Nur, COO Infinito.id)

Sebagai anak lulusan komunikasi dengan konsentrasi manajemen media. Baru saya sadari betapa outdated sekali kurikulum-kurikulum kuliah mengenai media dan semua hanya baru sebatas lapisan luarnya belum mentok sampe mengupas tuntas apalagi mengenai pertumbuhan pasar periklanan media yang sedang naik daun ini. Selama satu jam lebih saya puas dengan persentasi dari Mas Nur.

Persentasi kedua diberikan oleh Yustianto Tamtama mengenai program Affiliate dari MatahariMallCom

Program Affiliate adalah suatu sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa seorang merchant. Produk ini dipasarkan secara online, jasa dilakukan dengan meletakkan banner MatahariMallCom di website kalian dan apabila ada seseorang yang meng-klik lalu membeli barang tersebut, kalian akan mendapatkan sejumlah komisi nantinya. Di mata saya sih sama saja kayak MLM atau Sales cuman versi online aja dengan mediumnya website bukan koper yang berisikan aneka produk dibawa berkeliling komplek perumahan untuk dijual.

So far, I am a little bit dissapointed about this persentation. Karena sifatnya lebih mengarah kepada ‘menjual’ dan ‘beriklan’ lalu tentunya mengajak para blogger yang hadir untuk mengikuti program dari MatahariMallCom itu.

Selepas persentasi dari mas Yustianto, kami diberikan waktu untuk ISOMA dan bahkan disajikan makan malam yang cukup mengejutkan karena tidak menyangka akan diberikan suguhan sebegitunya oleh MatahariMallCom. Well, It’s really a nice meals and good dessert.

Sekitar pukul tujuh malam acara berlanjut ke persentasi ketiga dari Harimurti Resyadanov mengenai IblogMarket

Tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya, persentasi kali ini tidak jauh dari mempertunjukkan kelebihan IblogMarket sebagai sebuah platform bagi para blogger untuk mendapatkan klien. Materinya cukup singkat, untungnya! ; Tidak terlalu banyak yang saya ambil kecuali iklan selingan. Acara puncak semakin mendekat tampaknya karena waktu telah menunjukkan nyaris pukul delapan malam.

Persentasi terakhir diberikan oleh Jimmy Ahyari, blogger dan Affiliate Expert

Jimmy Ahyari sendiri merupakan Affiliate Marketer terkenal dan telah memiliki ratusan blog yang dikelolanya dari tahun 2008. Materi yang diberikannya sangat asik, tentang bagaimana pembuatan blog, penentuan hosting, domain, dan tips juga trick menjadikan kegiatan blogging sebagai bisnis dan bagaimana membuat sebuah jaringan link builder antara blog satu dengan blog lainnya dengan tingkat kerumitan membingungkan agar tidak dapat dideteksi oleh google sebagai spammer.

Tetapi untuk saya sendiri karena tidak terlalu menyukai slide dengan kebanyakan karakter, paragraf dan belum lagi animasi nya yang beragam jadi saya tidak terlalu memperhatikan persentasi ini yang sebenarnya cukup bagus. Well, the best part is when a fire animation comes as a slide transition in his slideshow. Walau kebanyakan peserta menikmati persentasi mas Ayhari dengan gaya komiknya. Mungkin hanya perihal soal masalah selera saja sih.

 ***

Secara keseluruhan, acara yang benar-benar tanpa biaya ini sangat menjanjikan dan menarik dengan dua materi yang sangat keren. Saya mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai dunia digital terutama cara marketing dan kampanye yang sangat berguna bagi website ini ke depannya.

Leave A Response
2 comments Add yours

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *