Perbedaan Drama Korea Strangers from Hell (2019) dengan Web Komiknya

Drama korea Strangers from Hell (2019) diangkat dari webtoons komik berjudul sama karangan Kim Yongki yang mengisahkan Yoon Jong-Woo (diperankan Im Si-Wan), seorang pria yang tinggal di kos-kosan murah dengan semua penghuninya tampak aneh dan mencurigakan.

Sekilas dari sinopsis yang dimuat pada laman AsianWiki itu tampak serupa dengan jalan cerita webcomic-nya. Nyatanya, banyak perbedaan besar ditemukan dalam trailer-nya. Dari urutan nomor kamar yang berbeda hingga dua karakter baru yang tidak ada di komik.

Berikut ini detail seputar Drama korea Strangers from Hell dan perbedaannya dengan Webtoons-nya yang tentunya akan memuat spoilers!

Cerita Lengkap: Komik vs Drakor Nya

Pertama-tama kita mesti tahu dulu sebenarnya apa sih cerita dari drama korea Strangers from Hell ini?

Strangers from Hell
Penghuni Kost Strangers from Hell

Dalam komiknya, kos-kosan yang dihuni Jong-Woo sebenarnya adalah tempat di mana para kanibal berkumpul. Baik pemilik kos dan penghuninya sama-sama mencari mangsa untuk disiksa dan dijadikan makanan.

Semua itu dilakukan di dalam sebuah ruangan misterius. Sekilas dari cuplikan trailer terlihat “misteri” di balik kos-kosan ini akan sama yaitu semua penghuninya bekerja sama untuk menghabisi nyawa Jong-Woo.

Perbedaan paling besar adalah adanya karakter Lee Dong Wook yang memerankan Seo MoonJo sebagai dokter gigi. Dari beberapa informasi, tampaknya Seo MoonJo adalah karakter protagonis yang akan membantu Jong-Woo atau bisa saja menjadi otak di balik kekejian para penghuni kos. Yang pasti MoonJo ini tampaknya akan menjadi teman bagi Jong-Woo.

Lee Dong Wook dalam Drama Korea Strangers from Hell
Lee Dong Wook dalam Drama Korea Strangers from Hell (2019)

Selain itu, ada juga karakter baru lainnya yaitu polisi wanita yang diperankan Ahn Eun Jin. Di dalam komiknya sendiri tidak pernah ada keterlibatan polisi atau arc mengenai investigasi kepolisian mengenai kos-kosan itu. Dari cuplikan terlihat karakter polwan ini tengah menayai si pemilik kos, Eum Bok-Soon (diperankan Lee jung-Eun).

BACA JUGA  Impresi Awal Drama Korea Designated Survivor 60 Days (2019)

Dua karakter yang tidak ada di dalam komik karangan Kimyongki ini mengisyaratkan bahwa drama korea Strangers from Hell akan mengambil jalur genre crime-thriller bukan psychological-thriller.

Latar Belakang Yoon Jong-Woo

Berdasarkan komiknya, Jong-Woo adalah pemuda berusia dua puluh tahunan yang memutuskan pindah dari desa kecil untuk bekerja di perusahaan start up milik seniornya di Seoul. Jong-Woo lalu mendapatkan kos-kosan murah dan terpencil lewat website. Kamarnya sempit dan ia mesti berbagi kamar mandi dengan sesama pemilik kos.

Im Si-Wan dalam Drama Korea Strangers from Hell (2019)
Im Si-Wan dalam Drama Korea Strangers from Hell (2019)

Jong-Woo digambarkan sebagai sosok yang pemarah dan suka naik pitam. Ia merasa diikuti oleh seorang penghuni kos setiap saat hingga pelan-pelan menjadi depresi dan mulai paranoid. Pekerjaannya mulai tidak beres dan ia juga tidak disukai seniornya. Ia lalu mulai memikirkan berbagai cara untuk kabur dari kos.

Salah satu hal yang belum diketahui jelas dalam drama korea Strangers from Hell adalah latar belakang Jong-Woo.

Di komiknya, Jong-Woo memiliki komputer di kamarnya sementara di dalam cuplikan video belum terdapat detail isi kamar Jong-Woo. Dan di drakor ini ia menghuni kamar nomor 303 berbeda dengan komiknya yaitu 202.

Nasib Yoon Jong-Woo

Perbedaan paling kentara muncul di trailer drakor ini adalah Jong-Woo menemukan bukti-bukti misterius mengenai penghuni kos. Berbeda sekali dengan komiknya yang lebih condong ke psikologis Jong-Woo yang dieksplorasi.

Dalam komiknya, Jong-Woo yang awalnya bersikap positif pelan-pelan kehilangan kewarasannya. Misalnya memukul membabi buta anak SMA dan juga berkelahi dengan seniornya. Perlahan insting liarnya muncul akibat menghuni kos menyeramkan itu. Pada akhirnya, Jong-Woo memiliki bakat untuk menjadi seorang pembunuh.

Komik Strangers from Hell
Jong-Woo dalam Komik Strangers from Hell

Berbeda, dalam trailernya kita bisa merasakan atmosfir cerita di mana Jong-Woo akan berujung menyelidiki misteri kos-kosan dan penghuninya. Apakah ending-nya juga akan turut berubah?

BACA JUGA  Impresi Awal Drama Korea Class of Lies (2019)

Jong-Woo di komik berakhir menghabisi semua penghuni kos-kosan. Meskipun selamat tetapi ia tetap dibayang-bayangi oleh penghuni kamar 203 atau yang di versi drakornya adalah penghuni kamar 302 atau Yoo KiHyuk (diperankan Lee Hyun Wook).

Nah, si penghuni kamar 203 juga di komiknya adalah bos dari semua penghuni kos dan juga otak di balik semua pembunuhan.

Prediksi

Berbekal trailer-nya, saya memprediksikan bahwa alur cerita dan ending drama korea Strangers from Hell akan sangat berbeda dengan komiknya.

Prediksi pertama saya adalah karakter si polisi wanita yang tengah membongkar kasus hilangnya orang-orang yang berkaitan dengan kosan itu akan ditemukan tewas dengan menjadi korban penghuni kos.

Dan prediksi ke dua entah kenapa karakter Lee Dong Wook ini sangat creepy dan bahkan lebih creepy dari penghuni kamar 302 dan tampaknya si dokter gigi ini memiliki hubungan dengan para kanibal yaitu menjadi tokoh yang menjual organ-organ dari korban si penghuni kos tersebut (mungkin saja).

Itulah beberapa perbedaan paling kentara yang saya temukan dari menonton trailernya dengan membandingkan web komiknya. Sekaligus prediksi jalan cerita drakor terbaru OCN ini.

Drama Korea Strangers from Hell
[POSTER] Penghuni Kost di Drama Korea Strangers from Hell (2019)
Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: