Impresi Awal Drama Korea Be Melodramatic (2019)

Cover Drama Korea Be Melodramatic (2019)

Drama korea Be Melodramatic (2019) mengisahkan persahabatan antara tiga perempuan yang berumur tiga puluh tahunan, yaitu Im Jin-Joo (diperankan Im Jin Joo), Lee Un-Jung (diperankan Lee Eun Jung), dan Hwang Han-Joo (diperankan Han Ji eun).

Im Jin-Joo adalah penulis naskah drama. Yang memiliki kepribadian unik dan tidak stabil. Ia berusaha menulis naskahnya sendiri tetapi terkendala karena gaya penulisannya yang nge-pop. Sampai ketika ia bertemu dengan sutradara menyebalkan, Son Beom-Soo (diperankan Ahn Jae-Hong).

Sementara Lee Eun-Jung adalah sutradara dokumenter yang keras kepala. Ia dipecat dan nekat membangun rumah produksinya sendiri. Ketika bertemu Hong-Dae (Han Joon-Woo) mimpinya tercapai, ia menjadi jutawan dalam satu malam saja.

Terakhir, Hwang Han-Joo adalah kepala marketing di sebuah perusahaan. Tugasnya berhubungan dengan mengatur negosiasi product placement dan artis. Ia berjuang sebagai seorang single mother.

Berbeda, menonton drama korea Be Melodramatic (2019) seperti tengah membaca buku harian ketiga perempuan ini – mengisahkan pahit getir kehidupan mereka dan tak jarang melibatkan laki-laki.

Namun, apa yang menjadikan drama terbaru JTBC ini bisa menggugah perasaan?

Episode Pertama: Menggugah dan Tedas

drakor Be Melodramatic (2019)

Hal yang paling membuat saya sangat terkesima adalah episode pertama drakor ini yang secara detail dan tak bertele-tele memaparkan kehidupan ketiga perempuan di saat umur dua puluh tahunan.

Alkisah, Im Jin-Joo memiliki pacar bernama Kim Hwan-Dong (diperankan Lee You-Jin). Hubungan yang telah dijalin selama tujuh tahun itu kandas karena kebebalan Hwan-Dong dalam menanggapi hubungan mereka. Sakit hati itu menyebabkan ia fokus pada pekerjaan dan impiannya. Lalu Han Ji-Eun digambarkan sebagai sosok yang piawai membuat laki-laki patah hati dengan cara yang mengesankan. Sampai ketika ia digoda oleh No Seung-Hyo (diperankan Lee Hak-Joo). Ia jatuh hati dan hamil di luar nikah. Setelah dua tahun perkawinannya, Seung-Hyo memutuskan meninggalkannya.

BACA JUGA  Review Drama Korea The Fiery Priest (2019)

Terakhir, Lee Eun-Jung bisa dikatakan yang paling beruntung dan sial dalam hal cinta dan karir. Semenjak bertemu Hong-Dae, ia bisa mewujudkan mimpinya yaitu membuat dokumenter tentang penduduk Korea yang pro-Jepang. Akibat itu, mereka lalu jatuh cinta. Perasaan itu digambarkan begitu membara dan dipenuhi birahi. Sayangnya, Hong-Dae hidup tidak lama, ia jatuh sakit dan meninggalkan Eun-Jung, yang ternyata tak sanggup menerima kenyataan pahit itu.

Eun Jung  dan Hong Dae dalam Be Melodramatic
Eun Jung dan Hong Dae dalam Be Melodramatic (2019)

Eun-Jung lalu bunuh diri, dan berhasil diselamatkan karena ditemukan oleh adiknya, Lee Hyo-Bong (diperankan Yun Ji-On). Demi menjaga Eun-Jung, kedua sahabatnya, Jin-Joo dan Han-Joo memutuskan untuk pindah ke rumah Eun-Jung. Mereka bertiga kemudian tinggal satu atap. Di sinilah kisah baru saja dimulai.

Lewat satu episode itu, drama korea Be Melodramatic (2019) berhasil menggugah perasaan saya untuk memahami bahwa ketiga perempuan itu memiliki masalah hidup yang tidak bisa dipandang sepele. Cerita lalu ditutup, dan menandakan episode-episode selanjutnya adalah awal babak hidup baru mereka bertiga.

Ini Bukan Cerita Cinta Tapi

Poster-Be-Melodramatic-2019

Suasana drakor ini seakan mengingatkan saya pada Matrimonial Chaos (2018) entah mengapa. Entah karena tokoh perempuannya atau mungkin jalan ceritanya yang blak-blak an dan apa adanya. Menikmati drakor ini seperti tengah berada di kehidupan sehari-hari kita.

Bagi yang sedang mengejar mimpi tentu akan relate dengan kondisi Im-Jin-Joo begitu pula bagi para single mother, yang mesti berjuang untuk hidupnya dan sang buah hati akan simpati dengan Hwan Han-Joo. Pahitnya kehilangan seseorang juga divisualisasikan secara tedas lewat Lee Eun-Jung. Meskipun dari luar sudah tampak baik-baik saja dan mulai tersenyum, toh ia masih denial terhadap keadaannya hingga memanifestasikan suatu delusi.

BACA JUGA  Review Drama Korea Possessed (2019)

Tentu saja, Drama korea Be Melodramatic (2019) ini berkutat pada masalah percintaan namun secara refleksi juga berusaha berdialog tentang “apa itu hidup?” dan “bagaimana menjalaninya?”

Dari sini kita bisa mendapati bahwa isu-isu sosial seperti kesehatan mental, dan karir perempuan menjadi isu yang sentral dibicarakan juga. Menariknya juga, dihadirkan tanpa mengeksklusi laki-laki lewat sosok Son Beom-Soo yang nyablak.

Secara garis besar, Be Melodramatic juga tidak berfokus pada kehidupan ketiga perempuan itu namun turut menggambarkan dinamika dan intrik industri hiburan di korea.

Kim Do-Yeon dalam Be Melodramatic (2019)
Kim Do-Yeon dalam Be Melodramatic (2019)

Misalnya lewat Kim Do-Yeon, seorang idol yang takut atas keselamatan hidupnya karena fakta banyak fans yang menjadi penguntit.

Atau Hyo-Bong yang menjalin hubungan homoseksual secara diam-diam dengan rekan musisinya. Nyatanya, “hubungan diam diam” itu pun telah menjadi rumor umum.

Dikemas secara sederhana dan tak jarang humoris, drakor ini sungguh tidak boleh dilewatkan! Belum lagi di setiap akhir episode selalu menggantung membuat penonton akan terus penasaran.

Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: