Impresi Awal Drama Korea Class of Lies (2019)

Drama korea terbaru OCN Class of Lies (2019) mengisahkan tentang pengacara Ki Moo-Hyeok (diperankan Yoon Gyun-Sang) yang menyamar menjadi guru di SMA Chunmyung guna membongkar kasus pembunuhan Jung Soo-A (diperankan Jung Da-Eun). Di SMA itu, Moo-Hyeok menemukan rahasia keji para siswa yang melibatkan aksi penganiayaan dan perisakan.

Dilansir dari Asianwiki, Ha So-Hyun (diperankan Keum Sae-Rok) akan menjadi sidekick Moo-Hyeok dalam membongkar rahasia siswa SMA Chunmyung. Lantas bagaimana jalan cerita pada dua episode awal Class of Lies?

Cerita Ekstrem

Drama Korea Class of Lies_Kukuhgiaji

Jelas ini adalah kisah anak-anak orang kaya yang memiliki kuasa dan pengaruh di sekolahnya karena orang tua mereka. Ada empat siswa yang diduga terlibat dalam kasus pembunuhan Soo-A yaitu Yoo Beom-Jin (diperankan Jun); Lee Ki-Hoon (diperankan Choi Kyu-Jin); Han Tae-Ra (diperankan Han So-Eun); dan Na Ye-Ri (diperankan Kim Myung-Ji).

Ke empat siswa itu juga lah yang memegang kendali penuh atas sekolah. Mereka berkuasa dan sudah pasti gila kuasa. Kekuasaan mereka digambarkan dengan memiliki ruang khusus yang berisikan perabotan mewah, dari piano hingga konsol game. Hal itu dibiarkan begitu saja karena menguntungkan pihak sekolah, terutama bagi Lee Tae-Seok (diperankan Jun Suk-Ho) selaku kepala sekolah.

Sekolah seharusnya menjadi rumah kedua untuk membentuk karakter dan moral anak dan menciptakan generasi perubahan. Nyatanya dalam Class of Lies, sekolah tidak ubahnya menjadi perpanjangan realitas sosial yang dipenuhi ketimpangan dan ketidakadilan sosial. Ini tampak dari pemberikan julukan “porter”, yaitu label yang diberikan kepada siswa-siswa yang bertugas sebagai kacung siswa papan atas SMA Chunmyung.

Lewat dua episode awal drama korea Class of Lies kita sudah tahu siapa musuh dan pelaku yang terlibat. Kita juga mengetahui kengeriaan macam apa yang bisa dialami oleh siswa yang tidak beruntung seperti An Byung-Ho (diperankan Byung Hun), yang dipaksa bekerja di mini marketuntuk memenuhi kebutuhan siswa papan atas.

BACA JUGA  Impresi Awal Drama Korea Be Melodramatic (2019)

Gilanya lagi, para siswa ini juga mengadakan turnamen rutin macam bak Gladiator yang memaksa “porter” dan “ex-porter” untuk beradu satu sama lain. Alih-alih protes para mahasiswa lainnya malah asik menonton dan berjudi menentukan siapa prediksi pemenangnya. Beginilah cara sistem otoritarianisme bekerja di dalam SMA Chunmyung.

Hukum Perisakan dan Anak di Bawah Umur

Drakor Class of Lies_KukuhGiaji

Drakor Class of Lies tidak hanya mengisahkan sistem pendidikan yang bobrok tetapi juga bagaimana hukum bisa dimanipulasi dan dimanfaatkan segelintir orang. Terbukti dari dilengserkannya Moo-Hyeok dari firma hukum tempatnya bekerja ketika ia berusaha membela kliennya, Kim Han-Soo (Jang Dong-Joo), pacar Soo-A yang dituduh sebagai pelaku pembunuhan.

Kebijakan hukum di Korea Selatan tampaknya akan menjadi topik sentral yang dibicarakan dalam drama korea besutan sutradara Sung Yong-IL ini. Isu sosial yang kemungkinan akan muncul berkaitan yayasan sekolah SMA Chunmyung adalah prostitusi anak di bawah umur yang melibatkan Soo-A dan kliennya kemungkinan adalah pejabat.

Dua episode awal drama korea Class of Lies bisa dibilang solid dan tidak bertele-tele. Setiap ending-nya mampu memberikan rasa penasaran dan tagih untuk membongkar rahasia sedeng siswa. Naskah cerita terajut rapih dan mampu membangun atmosfir gelap dengan unsur komikal. Bahkan mampu memperkenalkan karakternya dengan baik yang cukup banyak itu.

Akhir kata, drakor terbaru OCN ini berpotensi menjadi salah satu drama korea unggulan tahun ini dengan cerita yang sulit diprediksikan: bagaimana akhir kisahnya? Apakah ada nyawa yang harus dibayar oleh Moo-Hyeok untuk membongkar kasus ini?

Saya mempertaruhkan akan ada korban yang berasal dari salah satu ke empat siswa papan atas dan juga guru mereka.

Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: