Impresi Awal Drama Korea Crash Landing on You (2019)

Cover_Review Drama Korea Crash Landing on You_KukuhGiaji

Drama korea Crash Landing on You (2019) mengisahkan pertemuan yang tak disengaja antara perempuan Korea Selatan dengan pria Korea Utara. Sebagaimana tipikal drakor romantis komedi umumnya, tentu perjumpaan di antara mereka berdua akan berujung pada tumbuhnya benih-benih cinta.

Namun ternyata, drakor terbaru tvN ini jauh dari kata membosankan malah terbilang fresh dengan cerita yang tidak hanya jenaka melainkan juga dipenuhi banyak kejutan.

Berikut ini adalah semua hal mengenai Crash Landing on You yang mesti kamu ketahui!

Plot Cerita Crash Landing on You

Se-Ri dan Jeong-Hyeong Crash Landing on You_KukuhGiaji
Yoon Se-Ri (Son Ye-Jin) dan Ri Jeong-Hyeok (Hyun-Bin)

Alkisah, Yoon Se-Ri (diperankan Son Ye-Jin) adalah seorang “chaebol” atau konglomerat di Korea Selatan yang memiliki bisnis ternama bernama SeRi Choice’s. Pada suatu hari, Se-Ri memutuskan untuk mencoba sendiri desain baju khusus olahraga paralayang yang akan dirilis di lini bisnisnya.

Sayangnya di hari itu cuaca sangat tidak bersahabat dan ia pun berakhir mengalami kecelakaan. Ia terhampas sangat jauh akibat diterjang oleh tornado dan berakhir mendarat di zona demiliterisasi Korea.

Se-Ri kemudian ditemukan oleh Ri Jeong-Hyeok (diperankan Hyun-Bin), pasukan militer Korea Utara yang mencurigai bahwa dirinya adalah seorang mata-mata. Namun kenaifan Se-Ri menuntun Jeong-Hyeong untuk mempercayainya.

Demi memulangkan Se-Ri ke Korea Selatan, Jeong-Hyeong beserta timnya berupaya keras untuk melindungi dan menyembunyikan Se-Ri di Korea Utara.

Konflik Percintaan ala Drakor

Gu Seung-Jung (Kim Jung-Hyun) dan Seo Dan (Seo Ji-Hye)_Crash Landing on You_KukuhGiaji
Gu Seung-Jung (Kim Jung-Hyun) dan Seo Dan (Seo Ji-Hye)

Crash Landing on You tidak hanya memfokuskan pada percintaan antara Se-Ri dan Jeong-Hyeok melainkan juga potensi romance di antara Gu Seung-Jung (diperankan Kim Jung-Hyun) dan Seo Dan (diperankan Seo Ji-Hye).

Gu Seung-Jung adalah pria asal Korea Selatan yang menipu Kakak Se-Ri hingga miliaran dollar. Seung-Jung memutuskan untuk melarikan diri ke Korea Utara. Di samping itu, Seo Dan adalah tunangan Jeong-Hyeok yang baru saja kembali ke Korea Utara setelah menyelesaikan studinya di Rusia. Mereka berpapasan tak sengaja untuk pertama kalinya di Bandara.

(lagi-lagi) perjumpaan mereka tentu bukan sebuah kebetulan belaka.

Nah, tentu saja ini bakal berujung kepada konflik cinta segitiga dan cinta bertepuk sebelah tangan.

Bertabur Tokoh Pendukung yang Kocak

Anggota Tim Kaptain Ri_KukuhGiaji
Anggota Tim Kaptain Ri

Satu hal yang paling menghidupkan drama korea Crash Landing on You adalah para anggota tim Jeong-Hyeong itu sendiri.

Tim tersebut terdiri atas empat enggota, antara lain Pyo Chi-Su (diperankan Yang Kyung-Won); Park Kwang Beom (diperankan Lee Sin-Young); Kim Ju Meok (diperankan Yoo Su-Bin); dan Geum Eun-Dong (diperankan Tang Joon-Sang).

Mereka berempat ditugaskan untuk berpura-pura menggali air di rumah Jeong-Hyeong untuk mengawasi Se-Ri. Mereka berlima ini selalu saja mempeributkan dan berkelahi tentang hal-hal yang tidak penting.

Kejadian paling tolol adalah ketika Jung Man-Bok (diperankan Kim Young-Min) sedang mengintai mereka berlima dan mencatat segala hal yang dianggapnya misterius padahal mereka tengah bermain tebak kata.

Jangan lewatkan pula cameoPark Sung-Woong sebagai super taksi.

Reunifikasi Korea sebagai Ide Utama

Sangat mudah menyimpulkan bahwa ide besar dalam drama korea Crash Landing on You adalah soal Penyatuan Korea atau Reunifikasi Utara-Selatan. Hal tersebut direpresentasikan lewat kedua tokoh utamanya, yaitu Se-Ri dan Hyun-Bin. Oleh karena itu, drakor ini sering membandingkan persamaan dan  perbedaan antara budaya Korea Utara dan Korea Selatan melalui percakapan di antara tokoh-tokohnya.

Misalnya Se-Ri yang mempelajari makanan-makanan khas Korea Utara ataupun Jeong-Hyeok yang menemukan hal-hal baru mengenai Korea Selatan lewat drama korea. Pada episode-episode berikutnya, Se-Ri pun berkali-kali mengutarakan keinginannya untuk mengunjungi Korea Utara jika proses reunifikasi telah selesai. Dia berharap ketika penyatuan berhasil terwujudkan, ia dapat bertemu kembali dengan Hyun-Bin dan anggota timnya.

Menariknya drama korea tvN ini memiliki suatu potensi besar untuk mengangkat lebih jauh isu “reunifikasi” mengingat Jeong-Hyeok ternyata adalah putra tunggal Direktur Biro Politik Umum Korea Utara. Baik Se-Ri dan Jeong-Hyeok ternyata berasal dari keluarga berpengaruh.

Pertemuan mereka bisa saja menjadi lebih dari soal percintaan karena untuk mencapai kebahagian mereka telah memiliki sekat besar, dari segi geografis hingga ranah politik.

Apakah Se-Ri dan Jeong-Hyeong berhasil menemukan cara untuk menghancurkan sekat itu?

Intrik Keluarga Chaebol vs Misteri Pembunuhan

Drama korea Crash Landing on You tampak mengambil jalan cerita nyaris serupa dengan Graceful Family, yaitu perebutan perusahaan dan juga misteri pembunuhan.

Bedanya, semua hal itu tidak dialami oleh satu tokoh saja melainkan digambarkan melalui dua tokoh yakni Se-Ri sebagai calon pewaris, dan Jeong-Hyeong yang berupaya membongkar kasus pembunuhan yang terjadi oleh kakaknya.

Entah mengapa saya memprediksikan sangat besar kemungkinan jika Se-Ri berhasil pulang ke Korea Selatan, maka dia akan kembali dipertemukan dengan Jeong-Hyeong berkat kasus kematian kakaknya yang entah bagaimana akan berhubungan dengan dirinya.Itulah beberapa hal mengenai daya tarik Crash Landing on You yang bisa menjadi rujukan untuk menontonnya atau tidak.

Poster Crash Landing on You_KukuhGiaji
Poster Crash Landing on You (2019)
Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

One thought on “Impresi Awal Drama Korea Crash Landing on You (2019)

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: