Impresi Awal Drama Korea Designated Survivor 60 Days (2019)

Drama korea Designated Survivor 60 Days mengisahkan perseturuan politik Korean Peninsula yaitu konflik semenanjung korea yang memisahkan antara dua negara: Korea Selatan dan Korea Utara. Diangkat dari serial amerika berjudul sama, drakor ini kurang lebih memiliki jalan cerita serupa yaitu Gedung Biru dibom oleh teroris dan membunuh semua anggota menteri termasuk Presiden dan Wakil Presiden.

Park Moo-Jin (diperankan Ji Jin-Hee), menteri lingkungan hidup yang tidak menghadiri acara pidato presiden di Gedung Biru menjadi satu-satunya anggota kepemerintahan yang selamat dan dinobatkan menjadi Presiden Interim selama 60 hari. Berbekal pengalaman politik 6 bulan, Moo-Jin tidak hanya duduk sekedar di kursi kepresidenan melainkan juga berperan sebagai panglima militer dan diminta memutuskan untuk mengirimkan rudal ke pusat nuklir di Korea Utara, yang diduga adalah dalang teroris. Di tengah-tengah kesepakatan perdamaian dan adanya keterlibatan Amerika Serikat (US), Moo-Jin yang tidak menginginkan jabatannya itu malah meragukan semua hal sementara pihak militer kian mendesaknya.

Meskipun versi remake nyatanya drama korea Designated Survivor 60 Days tetap mampu menyajikan struktur cerita yang kompleks dan rumit, namun tidak terburu-buru ketika menyajikan ceritanya. Ketegangan politik di setiap kubu juga sangat terasa mencekam baik dari pihak oposisi partai hingga tim NIS (National Intelligence Service) yang bertugas mencegah aksi terorisme.

Han Na-Kyung (diperankan Kang Han-Na), anggota analisis NIS menduga bahwa ada pihak yang ingin agar Korea Selatan mengira bahwa bom yang dikirim berasal dari Korea Utara sehingga memicu perang ketiga. Kecurigaan ini benar adanya dengan ditemukan bukti rancangan ledakan Gedung Biru di ponsel tunangannya sendiri. Siapa sebenarnya dalang di balik tragedi ini?

Politik vs Kemanusiaan

Sebagaimana drama-drama tipikal crime dan war maka polemik keberpihakan penguasa antara kepentingan politik dan kemanusiaan tentu menjadi tema cerita.

BACA JUGA  Review Drama Korea Kingdom Netflix (2019)

Dalam drama korea Designated Survivor 60 Days, ini termanifestasikan dari karakter Moo-Jin yang tidak ambisius dengan karir politiknya dan cenderung kecewa karena memangku posisi penting di kepemerintahan bahkan sejak menjadi menteri lingkungan. Moo-Jin sendiri pun sebenar-benarnya telah dipecat oleh Presiden Yang Jin-Man (diperankan Kim Kap-Soo) namun belum dinyatakan secara resmi oleh hukum karena pemecatannya terjadi di hari yang sama dengan aksi terorisme itu.

Sebagai mantan profesor di universitas KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology), Moo-Jin lebih mementingkan nilai-nilai humanisme, berbeda dengan misalnya penasehat presiden Han Joo-Seung (diperankan Heo Jun-Ho) sekalipun misi mereka sama yaitu perdamaian. Semua tragedi dan keputusan yang dibuatnya untuk menangkap kelompok teroris itu kelak akan menuntunnya menjadi pahlawan nasional Korea Selatan.

Saya sendiri belum pernah menonton serial amerika Designated Survivor namun prediksi saya pelaku pemboman tidak lain juga berasal dari Korea Selatan yang bermaksud memecah belah bangsa dan meruntuhkan konstituen. Selain itu, saya perkirakan keluarga Moo-Jin akan terseret kasus terorisme ini dengan istri atau anaknya menjadi target teroris. In the end, drakor Designated Survivor 60 Days ini saya yakini akan berakhir happy ending yaitu Moo-Jin dipilih kembali oleh rakyat untuk memangku kursi kepresidenan.

Diproduksi stasiun televisi tvN, drama korea Designated Survivor 60 Days juga secara resmi ditayangkan dan menjadi serial original Netflix. Bukan sekali ini tvN bekerjasama dengan layanan platform asal Amerika itu, sebelumnya ada StrangerPrison Playbook, dan Live yang juga bisa ditonton di Netflix.

Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: