Impresi Awal Drama Korea Extraordinary You (2019)

Extraordinary You

Drama korea Extraordinary You (2019) memiliki premis yang sangat menarik dan unik yaitu “bagaimana jika ternyata kamu adalah tokoh dalam komik?”. Kira-kira itulah garis besar cerita dari drakor terbaru MBC ini.

Mengisahkan Eun Dan-O (diperankan Kim Hye-Yoon), seorang siswi di SMA bergengsi yang jatuh cinta kepada Baek Kyung (diperankan Lee Jae-Wook). Namun perasaannya itu bertepuk sebelah tangan. Ditambah ia menderita penyakit jantung yang seringkali membuatnya tak sadarkan diri. Tanpa sengaja, Eun Dan-O menyadari hidupnya yang penuh lara itu adalah desain penulis komik. Ya, ia adalah tokoh fiksional dalam sebuah komik. 

Tidak berhenti sampai di situ. Kejutan lainnya adalah Eun Dan-O ternyata bukanlah tokoh utamanya melainkan tokoh pendamping yang dirancang sang penulis untuk menjadi jembatan cinta bagi dua tokoh utama yaitu Oh Nam-Joo (diperankan Kim Young-Dae) dan Yeo Joo-Da (diperankan Lee Na-Eun).

Tak terima, Eun Dan-O lantas berjuang untuk mengubah takdirnya. Dan kunci semua itu adalah tokoh figuran tak bernama yang dalam episode-episode selanjutnya akan dinamai Eun Dan-O sebagai Ha-Roo (diperankan Ro Woon).

Dengan sinopsis yang unik itu tidak mengejutkan bila drama korea Extraordinary You tidak hanya akan berhasil memikat hati namun juga membuat para penontonnya kebingungan untuk memilih nge-shipping pasangan yang mana!

Berikut ini sejumlah fakta menarik dan alasan kenapa kamu harus nonton drakor komedi romantis ini!

Diadaptasi dari Webtoon

Karakter Eun Dan-O dan Ha-Roo
Tokoh Eun Dan-O dan Ha-Roo dalam Extraordinary You (2019)

Bagi kamu yang belum tahu, drakor terbaru MBC ini sebenarnya diangkat dari webtoon karya Moo Ryoo berjudul Eojjeoda Balgyeonhan 7-wol yang diterbitkan di situs Daum sejak 18 Januari 2018.

Nah, sepanjang masa promosi juga drakor ini berberapa kali sempat ganti judul, antara lain: How I Found It in JulyA Day Found by ChanceHa-Roo Found by Chance; dan July Found by Chance. Hingga akhirnya resmi berjudul Extraordinary You.

Sesuai judulnya itu kemudian para tokoh-tokohnya ini memang benar-benar luar biasa karena selain sadar sebagai tokoh komik mereka kemudian berjuang untuk melawan takdir yang diberikan sang penulis.

Dan sampai episode terakhir yang telah saya tonton adalah tokoh pendamping yang sadar mengenai eksistensi mereka sebagai tokoh komik. Ada Eun Dan-O, Ha-Roo, Baek Kyung, dan Lee Do-Hwa (diperankan Jung Gun-Joo). Juga karakter chef misterius bernama Jinmiche (diperankan Lee Tae-Ri).

BACA JUGA  Review Drama Korea The Guardians (2017)

Semuanya Terasa Hidup

Kim Hye-Yoon, Ro Woon, dan Lee Jae-Wook dalam Extraordinary You
Kim Hye-Yoon, Ro Woon, dan Lee Jae-Wook dalam Extraordinary You (2019)

Banyak hal yang bisa dipuji dalam drama korea Extraordinary You, namun setidaknya ada tiga hal paling penting yang menjadi tumpuan daya tariknya yakni jalan cerita, kemasan komikal, dan tokoh-tokohnya.

Dari segi cerita, drakor ini tampak benar-benar memperhatikan detail dan nuansa alurnya. Menariknya, cerita di drakor ini terbagi atas dua dunia yakni Panggung (di mana cerita komik berjalan) dan di Luar Panggung (area bebas di mana tokoh yang sadar bisa melakukan apa saja).

Di panggung, jalan ceritanya akan sangat khas komik remaja. Nam-Joo sebagai kepala geng sedang jatuh cinta kepada Joo-Da, anak baru di SMA Bergengsi yang miskin tapi baik hati. Sementara itu Do-Hwa, sahabat Nam-Joo sebetulnya juga memendam perasaan kepada Joo-Da. Jalan cerita cinta segitiga ini sungguh tipikal banget bukan?

Bertolak belakang, di luar panggung para karakter yang sadar itu akan menjadi si ‘tokoh utama’ yang berjuang melawan garis takdirnya.

Untuk membedakan kemudian bila sedang di Panggung, nuansa warna kebiruan akan menyelimuti sementara di Luar Panggung akan hadir warna yang lebih hangat ‘orange’. Ini membuat penonton lebih mudah memahami dinamika cerita.

tokoh utama Oh Nam-Joo dan Joo Da
tokoh utama Oh Nam-Joo dan Joo Da dalam Extraordinary You (2019)

Selain itu, ada unsur-unsur komikal di dalam drama ini yang bikin kita tertawa dan gemas menonton. Kedua tokoh utama yakni Nam-Joo dan Joo-Da ini selalu diselimuti ikon-ikon yang khas komik misalnya sinar matahari yang selalu menyoroti mereka atau tiba-tiba ada lingkaran bunga di sekeliling Joo-Da. Hanya para ‘tokoh sadar’ yang bisa melihat ornamen-ornamen aneh itu.

Terakhir tidak kalah penting adalah semua tokoh di dalam drama korea Extraordinary You ini benar-benar sangat hidup. Apalagi Eun Dan-O dan ciri khasnya dengan suara yang cempreng, semangat menggebu-gebu dan optimismenya itu menjadi jantung bagi drakor ini.

Karakter-karakter lain yang sangat khas komik juga tidak bisa luput dari perhatian, ada Shin Sae-Mi (diperankan Kim Ji-In) misalnya yang menjadi tokoh antagonis, ada pula tokoh laki-laki menyebalkan yaitu Ahn Soo-Chul (diperankan Kim Hyun-Mok).

BACA JUGA  Impresi Awal Drama Korea Vagabond (2019)

Mau Nge-Shipping yang Mana?

Tokoh Ha-Roo dalam Extraordinary You
Tokoh Ha-Roo dalam Extraordinary You (2019)

Seiiring cerita berjalan, Eun Dan-O tampaknya akan memiliki dua tokoh pria yang berpotensi menjadi pasangan romantisnya, yaitu tentu saja Ha-Roo dan Baek Kyung.

Dua tokoh utama pria ini bertolak belakang satu sama lain. Sejauh ini, tokoh Ha-Roo yang merupakan figuran atau tokoh ekstra ini terkesan dewasa, manis, dan cenderung lembut. Wajar jika Eun Dan-O perlahan mulai tertarik dengan tokoh yang awalnya dianggap sebagai kunci hidupnya bisa berubah.

Di sisi lain, Baek Kyung sebagai tokoh pendamping lebih memiliki backgroung story yang kompleks. Ia dituntut untuk menjaga dan membuat Eun Dan-O suka kepadanya. Semua itu demi bisnis ayahnya. Ia lambat laun membenci Eun Dan-O, dan sering berbuat kasar kepadanya.

Tokoh Baek Kyung dalam Extraordinary You
Tokoh Baek Kyung dalam Extraordinary You (2019)

Di panggung, Eun Dan-O mencintai sepenuh hati Baek Kyung dan acap kali pingsan karena syok kelakuan Baek Kyung. Berlawanan, di Luar Panggung, Eun Dan-O benci se bencinya dengan Baek Kyung dan sekaligus sifat tokohnya yang di buat penulis.

Tapi ini semua mulai berubah ketika Baek Kyung mulai tersadar dirinya adalah karakter komik.

Karakter Eun Dan-O dan Do-Hwa
Tokoh Eun Dan-O dan Do-Hwa dalam Extraordinary You (2019)

Yang sedikit memancing perhatian adalah tokoh Do-Hwa yang menjadi dekat dengan Eun Dan-O karena keduanya sama-sama sadar hidup di dalam dunia komik. Tapi tampaknya Do-Hwa sendiri naksir dengan Joo-Da. Masalahnya adalah banyak momen-momen lucu antara dia dan Eun Dan-O yang sulit sekali diabaikan.

Menyoal Kehidupan dan Takdir

Kim Hye-Yoon dan Ro Woon dalam Extraordinary You (2019)

Jika mau berbicara sedikit serius, dakor ini memiliki banyak sekali pesan terutama bagi remaja. Kalau kamu selama ini berpikir bahwa jalan hidup kamu telah ditentukan ternyata semua itu bisa diubah asal mau berusaha untuk mengubah itu!

Serupa tokoh Eun Dan-O, kita bisa mengubah jalan hidup kita asal disertai niat dan usaha keras. Terkesan sepele memang tapi nyatanya hal-hal seperti ini cenderung dilupakan oleh banyak orang apalagi jika mulai beranjak dewasa.

Akhir kata, drama korea Extraordinary You ini tidak hanya lucu tapi juga menyentuh dan memberikan banyak pelajaran hidup bagi penontonnya.

Poster Extraordinary You
Poster Extraordinary You (2019)

Leave A Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close