Impresi Awal Drama Korea Melting Me Softly (2019)

Drama korea Melting Me Softly (2019) mengisahkan Ma Dong-Chan (diperankan Ji Chang-Wook), direktur program acara varietas terkenal, yang terobsesi untuk memproduksi sebuah acara sensasional dan bersejarah. Pilihannya jatoh kepada projek dokumenter membekukan manusia atau teknologi cryonics. Ma Dong-Chan percaya bahwa teknologi itu akan memberikan sumbangsih besar terhadap manusia dan ketenaran untuknya.

Sayangnya, ide itu langsung ditolak. Perkaranya, selain berbahaya juga bisa merugikan pihak stasiun televisi. Ma Dong-Chan tetap bersikeras meskipun telah diperingatkan juga oleh pacarnya, Na Ha-Young (diperankan Chae Seo-Jin).

Berbekal nekat dan bermulut manis, akhirnya projek itu disetujui. Ia kemudian melibatkan Ko Mi-Ran (diperankan Won Jin-A), aktris amatir yang konsisten bermain di acara produksinya.

Tak disangka, di malam ketika Ma Dong-Chan dan Ko Mi-Ran dibekukan malapetaka akhirnya terjadi. Projek mereka gagal dan mereka berdua terpaksa mesti tetap dibekukan. Yang tidak mereka ketahui, ilmuan di balik teknologi itu yakni profesor Hwang Kap-Soo terlibat dalam kecelakaan dan konspirasi mengerikan

Dua puluh tahun berjalan. Ma Dong-Chan dan Ko Mi-Ran akhirnya berhasil dibangunkan. Tanpa mereka ketahui waktu telah berlalu begitu saja. Bagaimana kehidupan mereka? keluarga mereka? dan keselamatan nyawa mereka?

Murni Komedi Romantis, Sedikit Fiksi Ilmiah

Tokoh Ma Dong-Chan dan Ko Mi-Ran dalam Melting Me Softly (2019)
Tokoh Ma Dong-Chan dan Ko Mi-Ran dalam Melting Me Softly (2019)

Meskipun dibumbui fiksi ilmiah berupa penemuan teknologi cryonics, namun sebagaimana drakor umumnya semua itu hanyalah bumbu saja karena drama terbaru tVN ini murni komedi romantis, yang berfokus pada tumbuhnya cinta di antara Ma Dong-Chan dan Ko Mi-Ran di balik semua tragedi yang menimpa mereka.

Menariknya, mereka berdua sama-sama dituntut untuk menjaga suhu tubuh mereka tetap 31,5 derajat celcius. Jika suhu tubuh mereka di atas 33 derajat maka akan mengancam nyawa mereka. Sebagaimana judulnya ‘melting me softly’ maka kedua tokoh utama kita ini akan menghangatkan satu sama lain secara perlahan-lahan.

BACA JUGA  Review Drama Korea Stranger (2017)

Tentu kisah cinta mereka memiliki hambatan, antara lain: hubungan Ma Dong-Chan dan Na Ha-Young yang belum selesai. Juga Ko Mi-Ran dan mantan pacarnya, Hwang Byeong-Sim (diperankan Shim Hyung-Tak) dan teman sekelasnya di kampus, Hwang Ji-Hoon (diperankan Choi Bo-Min) yang menaksir dirinya.

Sekedar informasi, drama korea Melting Me Softly bukan satu-satunya drakor yang mengemas genre drama-romantis dengan fiksi ilmiah. Ada Are You Human? dan Memories of the Alhambra yang juga mengusung konsep sama.

Perbedaan terbesarnya adalah Are You Human? dan Memories of the Alhambra berlatar masa depan dan memfokuskan cerita tentang masa depan pula. Berlawanan, Melting Me Softly adalah cerita perjalanan waktu ke masa depan, yang dimana kedua tokohnya terjebak pada masa lalu dan zaman mereka.

Lantunan lagu-lagu klasik dan nostalgia di zaman 1990-an menjadi nilai lebih bagi saya selaku penonton. Saya tak mampu menyelesaikan Are You Human? dan Memories of the Alhambra yang jujur kadang masih saya pertanyakan konteks logis teknologinya juga ceritanya monoton.

Sementara di drakor Melting Me Soflty saya malah terbawa oleh momen era akhir 90’an dan sekaligus komikalnya Ji Chang-Wook dan Won Jin-A. Dan unsur komedinya benar-benar mengesalkan (dalam arti baik).

Fakta Unik Melting Me Softly

Ji Chang-Wook dalam Melting Me Softly
Ji Chang-Wook dalam Melting Me Softly (2019)

Ada sejumlah fakta menarik tentang produksi drama korea Melting Me Softly.

Pertama ini adalah drakor terbaru dan sekaligus momen comeback bagi Ji Chang-Wook yang sudah menyelesaikan wajib militernya per-April 2019 silam. Ji Chang-Wook sendiri adalah salah satu aktor korea yang sering bermain dalam drama dengan rating tinggi. Contohnya adalah Healer, yang menjadi salah satu drama favorit saja juga. Berapa drama lain yang dimainkannya adalah K2 dan Suspicious Partner.

Fakta lainnya yang mengejutkan ternyata drama ini malah memiliki rating di bawah 5%. Bahkan episode ke empatnya dilansir Asianwiki hanya mampu meraih 3% saja. Ini cukup mengejutkan mengingat tiga drakor sebelumnya yang diperankan Ji Chang-Wook dapat meraih rating tertinggi sampai 9%. Bahkan Melting Me Softly juga menjadi drakor yang menggantikan jadwal tayang Arthdal Chronicles.

Terakhir yang tidak kalah menarik adalah penulis naskah merupakan tokoh di balik The Miracle We Met dan Strong Woman Do Bong-Soon. Jadi tak mengejutkan kalau komedinya sangat masuk ke saya karena Strong Woman Do Bong-Soon juga drakor favorit saya.

BACA JUGA  Review Drama Korea Catch the Ghost (2019)

Prediksi: Konspirasi dan Cinta

Won Jin-A dalam Melting Me Softly
Won Jin-A dalam Melting Me Softly (2019)

Berkutat pada masalah misteri dan konspirasi, saya sendiri tidak terlalu memperhatikan konteks ini berhubung jalan cerita dihadirkan secara linier dengan beberapa adegan masa lalunya sebagai flashback. Tidak mengejutkan jika nanti baik Ma Dong-Chan dan Ko Mi-Ran juga akan terlibat oleh aksi berbahaya akibat diteror oleh organisasi internasional mengerikan.

Dan tentu saja mereka akan ditakdirkan bersatu. Toh, di episode awal sudah sangat jelas ketika Ko Mi-Ran diramal, sang peramal menerawang bahwa ia akan menemui cinta dan takdirnya dalam waktu dua puluh tahun. Siapa lagi kalau bukan Ma Dong-Chan yang dimaksud?

Menikmati drama korea Melting Me Softly memang tidak harus berpikir keras pada hal-hal serius. Sama seperti What’s Wrong with Secretary Kim, kita hanya cukup menikmari perjalanan cinta dan tingkah konyol kedua tokoh utama ini.

Harapannya, semoga saja rating drama ini segera membaik. 

Poster Melting Me Sotfly
Poster Melting Me Sotfly (2019)

Leave A Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close