Impresi Awal Drama Korea Rookie Historian Goo Hae-Ryung (2019)

Berlatar waktu abad ke-19, drama korea Rookie Historian Goo Hae-Ryung mengisahkan kontestasi politik istana pada era Dinasti Joseon dan juga resistensi perempuan untuk menjadi ahli sejarah pertama di Korea.

Alkisah, Goo Hae-Ryung (diperankan Shin Se-Kyung) adalah perempuan dari kalangan bangsawan yang memiliki kemampuan dan kecerdasan di atas rata-rata. Hae-Ryung gemar membaca buku dan turut mendalami ilmu astronomi serta kedokteran. Ia mencintai buku dan baginya buku adalah segalanya. Namun, ketimpangan gender memaksanya untuk memendam semua hasratnya yang dianggap melenceng dari norma adat.

Sementara, Lee Rim adalah pangeran mahkota yang terisolasi dari dunia luar. Ia gemar menulis kisah roman dan menggunakan nama pena “Mahwang” untuk menerbitkan novel laris berjudul “Asmara Rembulan”.

Rentetan peristiwa serupa takdir lalu menyeret mereka untuk selalu terlibat dalam berbagai malapetaka.

Terlepas dari intrik politik istana yang agaknya memiliki konflik serupa drama genre sageuk lainnya. Drakor ini memiliki beberapa keistimewaan bagi saya pribadi:

Ada Resisten di Dalam Romansa

Drama Korea Rookie Historian Goo Hae-Ryung

Menonton episode pertama drama korea Rookie Historian Goo Hae-Ryung terutama di 5 menit awal membuat saya tertegun bagaimana tayangan ini mengingatkan saya pada penelitian Janice Radway yaitu Reading the Romance (1984).

Dalam penelitian itu, Radway menemukan bahwa perempuan membaca novel romantis sebagai upaya memberdayakan dirinya karena terlepas dari segala tuntutan masyarakat dan keluarga. Ketika banyak klaim menyatakan perempuan terjebak dalam dunia patriarki saat membaca novel-novel romansa nyatanya Radway menunjukkan hal berlawanan.

Serupa, drama korea MBC ini juga mempertunjukkan para perempuan dari berbagai usia dan kelas ini begitu menggandrungi novel romansa terlebih ketika cerita mengandung unsur erotisme dan vulgarisme. Toh, baik perempuan dari kelas bawah dan bangsawan ini ternyata memiliki kesamaan untuk mengejar hasrat yang selama ini dikekang secara sosial yaitu seksual dan intimasi.

BACA JUGA  Rekomendasi Drama Korea 2018 Terbaik (Bagian 2)

Lewat buku semacam itu, perempuan dalam drama korea Rookie Historian Goo Hae-Ryung memberdayakan dirinya karena bisa melampiaskan hasrat-hasrat terpendam yang selama ini dinilai tabu dan menyimpang.

Sejarawati Pertama di Korea

Drakor Rookie Historian Goo Hae Ryung

Berpusat pada kehidupan Hae-Ryung, drakor ini menceritakan struggle-nya ke-empat calon ahli sejarah perempuan pertama di Korea. Selama ini, perempuan dilarang untuk memasuki istana dan semenjak ada titah baru dari pangeran Lee Jin (diperankan Park Ki-Woong), para pemagang perempuan itu diminta Min Woo-Won (diperankan Lee Ji-Hoon) untuk berlatih mencatat pembicaraan selama pergelaran rapat pemangku jabatan tinggi di Istana.

Perjuangan mereka ini tidak hanya dari sisi pekerjaan saja melainkan juga mesti menghadapi diskriminasi para laki-laki yang merasa terancam dunianya dan perpeloncoaan dari kalangan perempuan istana.

Menjadi perempuan berdikari tampaknya tidak pernah mudah. Dan selalu ada cara-cara untuk menggoyahkannya.

Perebutan Kekuasaan

KDrama Rookie Historian Goo Hae Ryung

Yang menarik dari drama korea Rookie Historian Goo Hae-Ryung adalah misteri buku berjudul Ho-Dam. Dalam episode awal kita bisa menduga bahwasanya Raja Lee Tae (diperankan Kim Min-Sang) mendapatkan tahta melalui cara pemberontakan bersama kawannya, Min Ik-Pyeong (diperankan Choi Duk-Moon).

Kemunculan buku itu lalu meresahkan sang Raja dan ia memerintahkan segala macam buku dilarang terutama berkaitan romansa. Ini adalah upaya untuk mencegah beredarnya buku Ho-Dam. Min Ik-Pyeong mencurigai Ratu Im (diperankan Kim Yeo-Jin) sebagai dalang di balik terbitnya “buku haram” tersebut.

Saya memprediksikan ada keterlibatan antara Goo Jae-Kyung (diperankan Kong Jung-Hwan) dengan beredarnya buku terlarang itu. Jae-Kyung sendiri adalah kakak dari Hae-Ryung dan jika prediksi ini benar mereka berdua kelak bisa didakwa sebagai pembelot kerajaan.

Uniknya lagi, Pangeran Lee Rim juga turut terlibat dalam kisah Ho-Dam lewat mimpi-mimpi misteriusnya. Siapa sebenarnya Ho-Dam? Apa isi buku itu sebenarnya?

BACA JUGA  Impresi Awal Drama Korea Designated Survivor 60 Days (2019)

Meskipun tidak terlalu suka bumbu komedi romantis antara Hae-Ryung dan Lee Rim namun setidaknya drama korea Rookie Historian Goo Hae-Ryung masih renyah untuk ditonton dan belum menjemukan.

Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: