Impresi Awal Drama Korea The Great Show (2019)

Drama korea The Great Show (2019) mengisahkan Wie Dae-Han (diperankan Song Seung-Heon), seorang politikus muda yang berjuang menjadi anggota parlemen. Sayangnya Dae-Han terkena skandal akibat ayahnya bunuh diri dan ia dituduh sebagai anak durhaka. Mimpinya pun kandas.

Tiga tahun kemudian Dae-Han berencana untuk kembali meraih mimpinya namun petaka kembali hadir ketika seorang anak perempuan berumur 18 tahun bernama Da-Jung (diperankan Roh Jeong-Eui) muncul di depan rumahnya dan mengaku sebagai anaknya.

Sekali lagi Dae-Han disorot media massa tetapi kali ini dia bersikeras untuk membalikkan keadaan dengan memanfaatkan kehadiran Dae-Han dan ketiga adiknya: si kembar Han Tae-Poong (diperankan Kim-Jun) dan Han Song-Yi (diperankan Park Ye-Na), serta adik laki-lakinya, Han Tak (diperankan Jung Joon-Won).

Dae-Han bertransformasi menjadi figur bapak nasional lalu berusaha meriah popularitas dan simpati dengan cara-cara yang terbilang tak wajar.

Drama korea The Great Show mengawali perjalanannya dengan sangat baik: mengangkat isu keluarga di lingkaran politik, politik dinasti, seksualitas dan remaja, juga seputar kesehatan mental.

Namun drama terbaru tvN ini lambat laun mulai kehilangan arah yang semakin dibuktikan dengan naskah yang tampak tidak solid dan kurangnya riset mengenai gejala-gejala depresi.

Berikut ini sejumlah hal yang saya resahkan sepanjang menonton:

Eksploitasi Anak

The Great Show_kukuhgiaji
Dae-Han dan si Kembar

Yang paling meresahkan dalam drakor ini adalah obsesi Dae-Han yang demi mendapatkan kursi di parlemen tega memanfaatkan Da-Jung, yang percaya ia adalah ayah kandungnya. Dae-Han yang melakukan tes DNA telah menemukan fakta bahwa ibu Da-Jung berbohong. Namun ia tidak berbagi info tersebut dan malah menyetujui ajakan Da-Jung untuk membuat kontrak.

Dae-Han dan Da-Jung bersepakat kalau mereka akan memiliki hubungan yang saling menguntungkan. Da-Jung akan melakukan apapun demi membuat Dae-Han menjadi anggota parlemen. Sementara Dae-Han akan bertindak sebagai wali bagi mereka berempat. Dan tentu semua itu tidak berjalan baik-baik saja.

BACA JUGA  Impresi Awal Drama Korea Search: WWW (2019)

Kemudian terlihat bagaimana eksploitasi anak dilakukan oleh Dae-Han dengan memanfaatkan si kembar dan juga Da-Jung. Di titik ini drama korea The Great Show belum menawarkan alternatif pandangan atau cara lain dalam berpolitik. Inilah yang meresahkan bagi saya.

Untungnya ada tokoh Kang Joon-Ho (diperankan Lim Ju-Hwan) yang malah simpatik dan menarik. Sebagai seorang anak politikus, ia tahu betal perasaan dieksploitasi karena itu dia enggan berpolitisi. Sayangnya drakor ini tidak memberikan layar yang cukup bagi karakter Joon-Ho (sampai saat ini).

Lim Ju-Hwan dalam The Great Show
Lim Ju Hwan dalam The Great Show

Karakter Joon-Ho yang sangat manusiawi dan memahami lingkaran setan politik nyatanya berkebalikan dengan tokoh utama kita, yakni Dae-Han, yang pernah mengalami represi dari pemerintah namun malah berakhir menghalalkan beragam cara untuk memenangkan hati masyarakat korea.

Dari Aborsi Hingga Kesehatan Mental

The Great Show_kukuhgiaji
Da-Jung dan si Kembar

Twist paling mengejutkan dalam drama korea The Great Show adalah isu aborsi yang diangkat sebagai tema debat hukum yang dilakoni Dae-Han dan Joon-Ho. Alkisah pandangan mereka berdua sangat berseberangan: Dae-Han menganggap aborsi tindakan dosa sementara Joon-Ho memposisikan perempuan memiliki otoritas atas tubuhnya sendiri.

Tentu saja kejutan terbesar di babak ini adalah Da-Jung hamil.

Dae-Han yang sejatinya tidak peduli terhadap aborsi menjadi salah tingkah ketika mendapatkan kabar itu. Ia kemudian memerintahkan Da-Jung untuk melakukan aborsi. Untungnya otonom Da-Jung diperlihatkan dengan memutuskan untuk tetap mengandung. Segera kondisi Da-Jung menjadi berita nasional akibat dibocorkan oleh staff Kang Kyung-Hoon (diperankan Son Byung-Ho), yang merupakan ayah Joon-Ho.

Dan sekali lagi Dae-Han berhasil memanfaatkan kondisi kehamilan Da-Jung untuk membuatnya semakin dikukuhkan sebagai ayah nasional.

Isu aborsi memang tabu untuk dibicarakan terutama di kawasan Asia. Namun yang saya kritik dalam drakor ini adalah representasi yang dihadirkan ketika adegan siaran langsung televisi yang membicarakan isu aborsi adalah dua orang pria dan sama sekali tidak ada keterlibatan narsum perempuan. Parahnya, para penontonnya lah yang malah dibuat mayoritas perempuan dan mengamini perkataan Dae-Han.

BACA JUGA  Impresi Awal Drama Korea When the Camellia Blooms (2019)

Representasi yang dihadirkan semacam ini sudah usang dan harusnya tvN memiliki sensitifitas atas hal ini mengingat sejumlah drakornya sangat sensitif isu gender.

Selanjutnya adalah isu kesehatan mental yang digambarkan lewat karakter Jung Soo-Hyun (diperankan Lee Sun-Bin). Singkatnya Soo-Hyun memiliki adik, Jung Ji-Hyun (diperankan Kang Eun-A) yang meninggal akibat kecelakaan. Dia dirundung duka dan kesedihan hingga berdelusi adiknya selalu ada di mana saja. Sedari awal saya sudah menyadari ini.

The Great Show dan Lee Sun Bin_Kukuhgiaji
Sun-Bin dalam The Great Show

Persoalannya adalah Soo-Hyun tampak benar-benar aware dengan delusionalnya padahal pada banyak kasus bagi orang yang depresi karena kehilangan seseorang mereka cenderung tidak menyadari delusi mereka.

Salah satu drakor terbaik yang mampu menyajikan karakter semacam itu adalah Be Melodramatic (2019) melalui tokoh Lee Eun-Jung.

Kesimpulan

drama korea The Great Show bisa dikatakan bergendre drama-komedi namun juga terkadang bisa jadi sangat serius untuk membicarakan isu-isu sosial. Sayangnya tidak cukup piawai dalam menghadirkan wacana yang diangkat.

Terkadang pula bisa membosankan terutama jalan cerita cinta segitiga antara Dae-Han, Soo-Hyun, dan Joon-Ho. Yang lagi-lagi sudah awam dan terlalu biasa di banyak drakor. Ada baiknya drama ini lebih memfokuskan atas isu dan cerita apa yang mau diangkat.

Akhir kata sepanjang delapan episode, saya tidak menemukan ada yang spesial dari drama ini. Jalan cerita berantakan, tata sinematografi biasa saja dan teknik penyutradaraan juga sangat umum. 

Poster The Great Show
Poster The Great Show

Leave A Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close