Impresi Awal Drama Korea Vagabond (2019)

Drama korea Vagabond (2019) mengisahkan tragedi dan konspirasi kecelakaan pesawat yang menewaskan semua penumpangnya. Drama terbaru SBS ini tampak menjanjikan dan bahkan menjadi posisi ketiga sebagai serial korea termahal tahun ini dengan biaya produksi sebesar USD 23 juta atau setara Rp 325 miliar. Untuk pemutaran internasional, Vagabond akan dirilis di Netflix.

Drakor ini menceritakan tokoh Cha Dal-Gun (diperankan Lee Seung-Gi) yang mendapati salah satu penumpang pesawat dalam keadaan hidup di bandara Moroko. Disulut amarah dan dendam, Dal-Gun lantas mulai mencari tahu penyebab dan pelaku yang bertanggung jawab atas peristiwa mengerikan yang telah menewaskan keponakannya itu. Ia pun dibantu Go Hae-Ri (diperankan Bae Suzy), anggota NIS (National Intelligence Service) yang menemukan bukti adanya aksi terorisme.

Tentu perjalanan kedua tokoh ini tidak akan mudah karena nyatanya bukti-bukti yang mereka miliki dan bahkan saksi pun berhasil dilenyapkan dalam waktu singkat saja.

Organisasi rahasia, mata-mata, konspirasi global, dan pembunuh bayaran menjadi tema utama drama ini. Berbagai adegan laga dan aksi akan menghiasi visual Vagabond.

Jalan Cerita Kompleks dan Solid

Bae-Suzy-dalam-Vagabond
Bae Suzy dalam Vagabond

Tidak butuh waktu lama bagi penonton untuk mengetahui siapa dalang di balik peledakan pesawat yakni Jessica Lee (diperankan Moon Jeong-Hee). Hal ini disebabkan memanasnya perseteruan industri pasar pesawat jet tempur yakni antara perusahaan Dynamic System, John&Mark, dan Flying Euro.

Jessica selaku representatif John&Mark Asia ingin memenangkan pitching namun terkendala karena Dynamic System menawarkan harga yang lebih kompetitif. Ia kemudian merencanakan untuk meledakkan pesawat yang menggunakan material berasal dari Dynamic System untuk merubah sentimen publik agar bisa menekan pemerintah korea.

Tak ayal, episode pertama drama korea Vagabond ini pun berhasil tampil sukses. Sejauh ini bisa disimpulkan drama ini mengusung konsep alur cerita yang cepat dan tidak bertele-tele; selain itu naskahnya juga solid dan selalu berakhir menggantung sehingga membuat penonton bertanya-tanya kelanjutannya; dan terakhir sebagai pemikat Vagabond berusaha mempertunjukkan kualitas bak serial televisi amerika: adegan baku hantam, tembak menembak, dan ledakan yang nyaris setiap saat.

BACA JUGA  Impresi Awal Drama Korea When the Devil Calls Your Name (2019)

Tak mengejutkan jika drakor ini bisa meraih rating di atas 10%.

Tentu kemudian yang paling membuat penasaran adalah seberapa besar skala organisasi dan kejahatannya? Perkaranya terlihat adanya keterlibatan berbagai pihak, baik dari kepolisian, pemerintah hingga NIS sendiri.

Ini menggiring kita pada pertanyaan besar: bagaimana Dal-Gin dan Hae-Ri mengungkapkan konspirasi besar ini?

Menarik memang jika menoleh kembali ke adegan intro drama ini yang di mana Dal-Gun bertindak sebagai tentara/mata-mata dengan target yang harus dibunuhnya ternyata adalah Hae-Ri.

Ekspektasi

Lee Seung Gi dalam Vagabond
Lee Seung Gi dalam Vagabond

Vagabond tentu tidaklah istimewa karena sudah banyak drama korea serupa yang mengisahkan konspirasi politik dan militer, sebut saja Designated Survivor: 60 Days (2019) yang berkutat pada konspirasi peledakan gedung majelis nasional yang menewaskan presiden, dan sebagian besar menteri dan anggotanya.

Tentu saja ada pembeda besar di antara keduanya yaitu kalau Designated Survivor cenderung membahas dari sisi politik sementara drakor ini berfokus pada agen lapangan.

Tentu yang menarik di sini salah satunya adalah siapa korban dari pihak protagonis yang akan tewas atau terkena petaka. Di episode tiga sendiri kita sudah melihat karakter Kim Ho-Sik (diperankan Yoon Na-Moo) dibunuh dan yang janggal adalah ia seperti mengutarakan keluarganya berada dalam bahaya sehingga terpaksa menuruti kemauan teroris.

Jika teori di atas terbukti benar maka sangat mungkin ke depannya tokoh-tokoh protagonis dalam drama korea Vagabond ini akan berganti haluan dan menjadi villain. Serupa dengan Game of Thrones, kita tidak boleh mempercayai siapa pun dan ini yang menjadi nilai jual dan keseruan menikmati Vagabond.

Kesimpulannya drakor ini tidak boleh dilewatkan bagi kamu yang gemar genre aksi dan misteri.

Poster Vagabond
Poster Vagabond
Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: