Impresi Awal Drama Korea Watcher (2019)

Belum sempat saya menyelesaikan Voice 3 karena alur ceritanya yang rumit ternyata sudah digantikan OCN dengan drama korea Watcher (2019). Mengisahkan Do Chi-Gwang (diperankan Han Suk-Kyu), seorang detektif elit yang bertugas menangkap para polisi korup. Misinya ini dibantu oleh Kim Young-Koon (diperankan Seo Kang-Joon), Han Tae-Joo (diperankan Kim Hyun-Joo), dan Jo Soo-Yeon (diperakan Park Joo-Hee). Berkat dukungan komisaris dibentuklah Tim Investigasi Korupsi dan target mereka adalah jaringan bisnis ilegal yang melibatkan Jang Hae-Ruong (diperankan Heo Sung-Tae).

Nuansa yang dihadirkan sekilas mengingatkan saya pada drama korea Stranger (2017). Di awal, fokus cerita sudah kentara dan sudah bisa diketahui siapa musuh utamanya tanpa perlu berkejar-kejaran dengan cerita yang bertele-tele. Misteri yang belum terpecahkan adalah tragedi yang menimpa Kang-Joon di mana tampaknya masih ada hal yang janggal tentang kematian ibunya dan ayahnya sebagai pembunuh dan itu melibatkan penyelidikan Dong Chi-Gwang, Han Tae-Joo, dan Jang Hae-Ruong.

Kalau ditonton drama Korea Watcher ini sebenarnya cukup simple, baik dari segi alur cerita, penataan kamera, musik hingga aktor-aktornya sendiri. Dan ini malah yang menjadikannya menarik karena mengandalkan teknik storytelling yang kuat. Sebagai penonton juga, emosi saya meskipun belum diaduk-aduk tapi di satu sisi selalu mengundang tanya: sebenarnya kejahatan besar apa yang dilakukan dan melibatkan jaksa dan polisi korup tersebut?

Cerita semacam ini tentu sudah tipikal ditemukan dalam berbagai drama serupa. Namun, melihat episode pertamanya yang berusaha mengekspos kasus perdagangan manusia dan keterlibatan otoritas pemerintah tentu memberikan daya tarik tersendiri bagi drama korea ini.

Konflik

Tentu saja konflik di dalam drama korea Watcher tidak hanya menyoal mengungkap kasus korupsi melainkan internal di dalam tim mereka sendiri. Pertama, Han Tae-Joo mesti menghadapi rasa trauma penganiayaan yang dialaminya ketika menjadi jaksa yang sedang menangani kasus ayah Kim Young-Koon. Penganiayaan ini menyebabkan kematian tragis suaminya dan kini ia berusaha mengungkap siapa saja yang terlibat dan pelaku pembunuhannya. Alkisah, si pembunuh diduga adalah seorang polisi psikopat yang gemar memutilasi jempol tangan korban sebagai signature style-nya.

BACA JUGA  Impresi Awal Drama Korea Welcome to Waikiki 2 (2019)

Detektif Do Chi-Gwang terkenal dengan obsesi mengungkapkan kasus-kasus penyalahgunaan kekuasaan dan memiliki rekam jejak yang dipandang tidak menguntungkan bagi beberapa pihak sehingga selalu berupaya disingkirkan. Sementara Kim Young-Koon sebagai polisi muda cenderung temperamental dan pemarah.

Dengan kompleksitas masing-masing karakter tersebut mereka mesti membongkar jaringan kejahatan besar yang diprediksi saya akan melibatkan skala nasional.

Prediksi

Sebagaimana drakor bertemakan crimedan mystery tampaknya dari pihak protagonis akan kehilangan nyawanya ini terlihat dari atmosfir film yang kadang bisa tidak terduga seperti pengkhianatan pada episode 3. Selain itu, drama korea Watcher juga telah membunuh dua tokoh antagonis di episode awalnya yaitu Kim Kang-Wook (diperankan Lee Jae-Yoon) dan Son Byeong-Gil (diperankan Jung Min-Sung). Rasa-rasanya tidak mungkin dari pihak musuk aka nada nyawa yang tumbang karena bisa menyebabkan alur cerita mudah ditebak dan membosankan. Lantas siapa yang akan terbunuh?

Saya memprediksi Joo Soo-Yeon, rekan kerja Do Chi-Gwang ini akan menjadi korban yang menyebabkan tragedi besar bagi Tim Investigasi Korupsi. Prediksi lainnya adalah komisaris Yeom Dong-Sook (diperankan Kim Soo-Jin) kemungkinan akan berkhianat dan merubah arah politiknya karena tim ini akan semakin berupaya menyerang pihak teratas.

Kesimpulannya, drama korea Watcher menurut saya layak untuk ditonton karena memungkinkan adanya kejutan-kejutan di dalam alur ceritanya. Ditambah sulit untuk menolak pesona Han Suk-Kyu, yang di mana drakor ini juga menjadi comeback baginya setelah hiatus selama dua tahun.

Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: