Impresi Awal Drama Korea When the Camellia Blooms (2019)

Drama korea When the Camellia Blooms (2019) mengisahkan Dong-Baek (diperankan Kong Hyo-Jin), seorang ibu tunggal yang menjalankan usaha pub bernama Camellia. Kehidupan mengenai ibu tunggal dan stereotip dalam masyarakat menjadi inti cerita drama terbaru KBS2 ini.

Alkisah Dong-Baek yang baru saja pindah di suatu kota ternyata tidak diterima oleh kebanyakan penjual sekitarnya, dan kemudian ia harus mendapatkan stigma sebagai ‘perempuan tidak baik baik’ karena ayah dari anaknya tidak diketahui keberadaannya ditambah pekerjaannya membuat ia dicap sebagai ‘wanita bar’. Dan dalam episode-episode selanjutnya Dong-Baek juga harus berhadapan dengan pembunuh berantai Pengusil.

When the Camellia Blooms memiliki alur cerita sederhana dan juga sinematografi yang terbilang biasa saja namun para pemainnya lah yang mampu menghidupkan drama ini hingga bisa menyentuh para penontonnya. Tak mengejutkan jika rating drama ini cepat mengambil posisi atas.

Tentang Dong-Baek dan Cinta

Ha-Neul dan Hyo-Jin dalam When the Camellia Blooms

Sebagai ibu tunggal, Dong-Baek harus berusaha bertahan hidup untuk Pil-Goo (diperankan Kim Kang-Hoon), anak semata wayangnya. Masalahnya di tengah-tengah lika liku kehidupannya itu ia juga mesti menghadapi sindiran tetangga dan induk semang liciknya, No Kyu-Tae (diperankan Oh Hung-Se).

Masalahnya kian bertambah saat bertemu dengan Hwang Yong-Sik (diperankan Kang Ha-Neul), polisi naif nan polos yang mendadak diserang panah cinta. Yong-Sik bersikeras menyukai Dong-Baek dan lantas menjadi gunjingan. Pertemuan dengan Yong-Sik membuat kita tahu bahwa Dong-Baek adalah seorang anak yatim piatu, maka wajar jika ia mempertahankan Pil-Goo.

Dong-Baek yang sepanjang hidupnya tidak pernah mendapatkan keberuntungan itu mau tidak mau tergugah dengan perasaan Yong-Sik. Ia kelak harus berhadapan dengan stereotip mengenai hubungan antara laki-laki bujangan dan ibu tunggal. Belum lagi kata-kata “pembawa sial”.

BACA JUGA  Impresi Awal Drama Korea When the Devil Calls Your Name (2019)

Pada titik ini kita bisa melihat karakter Dong-Baek bukan sebagai sosok rapuh melainkan seorang yang tangguh. Karena itu cukup disayangkan dalam merepresentasikan ibu tunggal melalui Dong-Baek, drama korea When the Camellia Blooms kerap kali membikin tokoh ini cengeng yang lalu akan dihibur Yong-Sik.

Kim Ji-Suk dalam When the Camellia Blooms
Kim Ji-Suk dalam When the Camellia Blooms

Kehidupan romantis Dong-Baek semakin rumit ketika Kang Jong-Ryeol (diperankan Kim Ji-Suk), seorang pemain baseball dan artis terkenal muncul dalam kehidupannya. Butuh waktu singkat untuk penonton mengetahui Jong-Ryeol adalah ayah kandung Pil-Goo.

Maka kemudian drakor ini bertransformasi menjadi kisah cinta segitiga yang pelik dan kompleks.

Pembunuhan Berantai dan Prediksi

Bumbu utama dalam drama ini adalah pembunuhan berantai yang diberi julukan Pengusil karena selalu memberikan pesan “Jangan Usil”. Di episode pertama, kita langsung disajikan ciri-ciri korban yang ditemukan, yakni mengenakan gelang tangan serupa milik Dong-Baek.

Tentu ini dimaksudkan untuk menggiring penonton mencari tahu siapa korban yang dibunuhnya.

Dalam hal ini saya memprediksikan Dong-Baek bukanlah korban si Pengusil. Alasannya pada episode delapan telah diceritakan Jong-Ryeol yang bertanya mengapa Dong-Baek masih mengenakan gelang pemberiannya. Ini berpotensi membuat Dong-Baek tidak akan lagi menggunakan gelang itu. Lalu jika ini benar siapa yang akan memilikinya?

Ada dua hipotesis:

Pertama, gelang itu akan dicuri Hyang-Mi (diperankan Son Dam-Bi), yang merupakan karyawan Camellia. Hyang-Mi sendiri adalah seorang kleptomania karena itu sangat mungkin jika ia nanti mencuri gelang Dong-Baek.

Namun hipotesis ini kurang kuat jika menilai ekspresi kesedihan Yong-Sik kala melihat sosok korban pengusil. Ditambah ungkapan dan sikap Kapten Byun (diperankan Jeon Bae-Su) yang menghalangi Yong-Sik untuk melihat sosok korban.

Maka bisa jadi gelang itu akan diberikan Dong-Baek kepada sahabatnya Deok-Soon (diperankan Ko Du-Shim), yang merupakan ibu Yong-Sik. Kita bisa melihat berkali-kali Dong-Baek mengungkapkan gelang yang dipakainya bagus untuk kesehatan. Karena itu bisa saja kelak dalam rangka ‘berdamai’ dengan Deok-Soon, ia akan memberikan gelang kesayangannya itu.

BACA JUGA  Impresi Awal Drama Korea Welcome to Waikiki 2 (2019)

Hipotesis kedua ini menurut saya lebih menarik dan juga banyak menjajikan didukung dari scene-scene di delapan episode awal ini. Tapi tentu saja semua ini bisa berubah mengingat perjalan drama ini masih panjang.

Pada akhirnya, drakor When the Camellia Blooms sangat menyentuh dan tentu saja akan memanjakan penggemar yang gemar menikmati cerita romantis dan komedi.

Poster When the Camellia Blooms
Poster When the Camellia Blooms
Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: