Impresi Awal Drama Korea When the Devil Calls Your Name (2019)

Jung Kyoung-Ho dan Park Sung-Woong kembali beradu peran dalam drama korea When the Devil Calls Your Name (2019) yang mengisahkan Ha Rib, penulis lagu terkenal yang menjual jiwanya kepada iblis. 10 tahun kemudian ketika kontrak Ha Rib berakhir, ia bertekad untuk menghentikan sang iblis mengambil jiwanya. Namun malapetaka datang ketika Kim Yi-Kyung (diperankan Lee Seol) mengungkapkan dua lagu hits Ha Rib adalah ciptaannya.

Drakor terbaru TvN ini berdasarkan legenda klasik jerman mengenai tokoh bernama Faust. Alkisah, Faust adalah pelajar yang sangat sukses dan tidak puas dengan hidupnya. Ketidakpuasaan itu lantas membuatnya bersekutu dengan iblis, menukar jiwanya dengan pengetahuan dan nikmat duniawi tanpa batas. Pada salah satu versi cerita, Faust diceritakan merayu seorang gadis cantik dan polos bernama Gretchen untuk mendapatkan semua ambisinya.

Serupa dengan legenda itu, kita bisa melihat bahwa Ha Rib adalah tokoh Faust dan Kim Yi-Kyoung adalah Gretchen yang dijadikan tumbal oleh Ha Rib untuk mewujudkan semua mimpinya.

Meskipun legenda dan sinopsis tampak horor nyatanya drama korea When the Devil Calls Your Name tidak menggunakan genre demikian. Mencampur antara komedi dan drama, drakor ini tampak kuat dan menjanjikan.

Misteri dan Prediksi [SPOILER]

When the Devil Calls Your Name Ha Rib_Kukuh Giaji

Kumpulan rahasia dan misteri menjadi daya tarik utama dalam drama korea When the Devil Calls Your Name terlepas dari deretan aktor dan aktris berbakat di dalamnya. Berikut ini akan dibongkar sejumlah misteri dan prediksinya

(spoiler alert!).

Hal menarik pertama adalah perbincangan antara Sang Iblis dengan pengawalnya yang tengah mencari sosok misterius. Sosok ini digambarkan sebagai lawan dari si iblis dan bisa jadi adalah sosok “penjaga” atau “malaikat”.

BACA JUGA  Review Drama Korea Possessed (2019)

Diceritakan kalau si iblis atau Mo Tae-Kang meminta agar Ha Rib mencari “Jiwa Kelas Satu” atau katakanlah “Jiwa Suci”. Tae-Kang percaya bahwa jiwa semacam ini tidak ada dan kalau pun ada maka dia sudah pasti memiliki sosok penjaga. Sosok penjaga ini pula yang tampaknya tengah dicari oleh Tae-Kang. Siapakah sosok ini?

Jika benar Kim Yi-Kyung adalah si “Jiwa Kelas Satu” maka penjaganya kemungkinan besar adalah pemilik toko tempat dia bekerja yaitu Kong Soo-Rae (diperankan Kim Won-Hae). Bukti paling kuat ada ketika di episode ke tiga Kim Yi-Kyung ketakutan karena toko hendak dirampok lalu begitu cepat Kong Soo-Rae sudah sampai di tokonya (yang turut dipertanyakan oleh Kim Yi-Kyung).

Namun, tokoh Kang-Ha (diperankan Oh Eui-Sik) juga cukup mencurigakan dan berpotensi menjadi penjaga Kim Yi-Kyoung juga. Dugaan ini muncul dari pertemuan dia dengan Ha Rib pada episode ke-empat diketahui dia ditemukan dalam keadaan amnesia. Bisa saja Kang-Ha sebelumnya telah meninggal dan tubuhnya diambil alih oleh si penjaga dan dalam prosesnya mengalami amnesia.

Toh, di episode ke-empat juga Kang-Ha sangat memohon agar Ha-Rip mau memperkerjakan Kim Yi-Kyung dan mengutarakan semenjak bertemu dengan Kim Yi-Kyung samar-samar ingatannya mulai kembali.

Misteri kedua adalah dari sosok Ha Rib sendiri yang pada episode pertama memberikan satu buah koper kepada seorang perempuan. Kemunculan tokoh Ruka (diperankan Song Kang) yang tertarik pada Ha Rib membuka prediksi bahwa dia adalah anak Ha Rib. Dia bahkan turut mengungkapkan rasa penasarannya terhadap paras Ha Rib yang mirip dengan Seo Dong-Cheon (Ha Rib ketika tua dan melarat).

Beberapa misteri lainnya yang belum bisa diprediksikan jawabannya adalah kematian atau hilangnya Jiwa Mo Tae-Kang; detail putusnya hubungan Tae-Lang dengan Ji Seo-Young (diperankan Lee El); dan juga masa lalu perseteruan antara Lee Choong-Ryeol (diperankan Kim Hyung-Mook) dengan Seo Dong-Cheon.

BACA JUGA  Review Drama Korea My First First love (2019)

Final Predict

Drama korea When the Devil Calls Your Name tidak tanpa cela dan kekurangan.

Misalnya dengan format cerita yang komikal, durasi sampai 70 menit itu terkadang membuat saya selaku penonton menjadi jemu dan bosan. Kadang juga komedinya serba nanggung dan cukup jelas kalau tokoh si Iblis mengambil referensi dari tokoh Lucifer di serial televisi LUCIFER yang kini sudah berjalan musim ke empat.

Tampaknya si iblis ini berusaha menebus dosa atau lebih tepatnya mencari “jiwa” nya yang telah hilang karena ia tampak memiliki sifat pemaaf. Kalau memang begitu, drakor ini akan semakin membosankan terutama bagi penonton yang sudah familiar dengan karakter dan cerita serupa.

Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: