Panduan Awal Membuat Blog Pribadi Khusus Pemula

Di zaman sekarang blog pribadi semakin bisa dibuat dengan murah terutama berkat munculnya berbagai platform media sosial, seperti Instagram (berbagi foto), Twitter (mikroblog berbagi cerita) maupun Youtube (berbagi video). 

Namun, bagi beberapa orang media sosial bukanlah platform yang tepat apalagi yang ingin berbagi konten tulisan panjang. Website biasanya menjadi pilihan utama.

Nyatanya, tidak semua orang piawai membuat blog pribadi. Kendalanya banyak yang buru-buru langsung membuat web tanpa mempertimbangkan dan memperhitungkan banyak hal, salah satunya adalah aku.

Aku sendiri sudah menggeluti dunia blogging semenjak SMA dan mulai memberanikan diri membuat situs pribadi di tahun 2016 dan hasilnya gagal total. Ini karena aku tidak punya rincian detail konten apa yang ingin aku buat dan proyeksi masa depan yang aku harapkan untuk blog ini saat itu.

Pada artikel ini aku akan ingin berbagi pengalaman selama mengelola blog pribadi. Tiga tahun adalah waktu yang kelewat panjang dan aku ingin kamu yang sedang membaca artikel ini tidak mengalami nasib serupa.

So, here we go:

Apa itu Blog Pribadi?

Tentu saja, bog pribadi adalah situs yang berisikan konten-konten buatan kita. Umumnya web semacam ini digunakan untuk branding diri kita makanya public figure pasti punya situs tentang mereka.

Kamu juga perlu membuat web semacam ini. Gunanya untuk apa? Banyak banget, misalnya kamu seorang akademisi berarti bisa menyalurkan opini kritis yang bersinggungan dengan studi yang tengah kamu geluti. Atau kamu aktivitis? lebih perlu lagi untuk menyampaikan pendapat-pendapat kamu terkait isu sosial terkini. Ada juga yang membuat blog pribadi untuk sharing portofolio foto, desain, dsbnya.

Contoh Blog Pribadi?

Di Indonesia sendiri sebenernya udah banyak banget loh blog-blog personal yang tujuan market-nya itu beragam dan cenderung niche. Karena itu aku rasa perlu juga menyampaikan blog-blog apa yang aku ikuti selama ini dan mungkin aja bisa jadi referensi untuk kamu yang ingin membuat blog pribadi serupa:

SINEKDOKS

Situs sinekdoks dikelola oleh Paskalis Damar, yang fokusnya membahas dan mengulas film-film terkini, dari fokus Indonesia, Barat, hingga Asia. I love this blogkarena simple dan reviewnya juga enak dibaca.

ANAKJAJAN

Situs ini dikelola pemilik IG ANAKJAJAN yang hits banget. Kalau gak salah mereka mulainya dari IG dan lalu buat web ini (mungkin. Yang aku suka dari blog ini tuh formatnya gallery jadi memang cuman naruh foto dan deskripsi singkat.

JENNIFERANDARY

Kalau situs ini fokus ngebahas tentang pengalaman Jennifer travellingbaik domestik dan mancanegara. Ini blog pribadi ampun banget buat yang kebingungan mau solo travellingkarena pemaparannya tuh detail dan juga renyah untuk dibaca.

DIANPARAMITA

beda lagi dengan Dian Paramita, kalau di situsnya ini ia fokus membahas opini-opini kritisnya terutama berkaitan dengan aktivisme. Secara doi juga aktivis HAM.

Nah, dari contoh-contoh di atas ini kita bisa melihat bagaimana blog pribadi itu sebenernya menggambarkan sosok si pengelolanya.

Kayak aku sendiri di kukuhgiaji(dot)com fokus bahas film dan drama korea karena aku memang demen nontonin, tapi berhubung juga suka nulis yang lain aku yah juga nulis banyak hal soalnya aku tipikal manusia absurd.

Hematnya, how to start personal blog adalah mencari tahu dulu kesukaan dan interest kamu apa sih sebenernya? Karena ini bakal memudahkan kamu untu D konten-konten di masa depan.

Merancang Konten Niche

Kalau kamu udah tau bakalan bikin konten apa maka selanjutnya adalah membuat konten-kontennya. Yang aku maksud konten di sini adalah adalah artikel loh yah. Jadi sebelum kamu bikin blog kalau menurut pendapatku adalah menimbun tulisan-tulisan dulu apalagi kalau kamu belum punya sama sekali.

Kalau aku karena udah ngeblog lama jadi konten-konten yang ada di wordpress aku pindahin ke blog pribadi aku jadinya gak kosong. Nah, kalau yang mau sharing foto sebagai portofolio lebih enak lagi tinggal dimasukin saja.

Tips dari aku adalah coba rancang konten-konten yang sifatnya niche. Kayak contoh-contoh blog pribadi di atas, mereka berfokus pada stu hal kegemarannya saja (gak kayak aku). Awalnya aku pun fokus doing review film pas udah punya pengunjung tetap baru mulai nulis tema yang lain.

Mengkategorikan Topik Konten

Nah, kalau kamu sedang merancang konten maka perlu banget untuk kamu mulai mengkategorikan tema/topik konten yang akan kamu buat. Kayak aku misalnya ada konten tentang review maka aku kategorikan ada review film, review buku, dan review literatur akademik. Jadi tema besarnya adalah REVIEW sementara turunannya FILM, BUKU, dan LITERATUR AKADEMIK.

Pengkategorisasian ini itu penting dilakukan sejak dini karena ketika kamu membuat tampilan dan optimisasi blog bakalan mesti membuat kategori juga!

Contoh rancangan parent category dan sub category yang ada di blog pribadi aku:

  • DRAMA KOREA [parent category]
  • RESENSI
    • NOVEL/KUMCER [sub category]
    • SINEMA
    • LITERATUR AKADEMIK
  • JURNAL
    • TRAVEL & LEISURE
    • HOBI & TIPS
    • OPINI

Pembuatan kategori tema ini bebas tergantung kamu cuman tips dari aku adalah jangan banyak-banyak membuat Parent Category karena nanti tampilannya di UI Blog bakalan memusingkan mending bikin sub kategori saja yang dibanyakin.

Pilih Nama Blog Pribadi

Kamu udah punya konten dan rancangan kategori topik-topik pilihan maka selanjutnya yang harus dipikirkan adalah membuat nama blog. Ini yang paling ngeselin karena kalau kamu ganti nama situsnya maka traffic pengunjung juga akan berkurang jadi kamu mesti yakin itu adalah nama yang kamu inginkan untuk blog pribadi mu.

Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kamu membuat nama blog pribadi:

  • Nama Pribadi. Sama halnya seperti aku, kamu bisa gunakan nama sendiri untuk web personal. Ada keuntungan memiliki situs nama sendiri yaitu bisa branding citra diri kamu sendiri.
  • Image Interest. Kalau yang ini maksudnya kayak Sinekdoks dan ANAKJAJAN. Mereka memiliki nama blog yang berorientasi pada topik blog dan juga pembaca mereka. Ini juga punya keuntungan sendiri yaitu lebih entertain dan kalau kamu berhasil bikin nama yang unik dan niche bakalan melekat di identitas kamu sebagai penulis entah itu penulis ulasan film atau reviewer makanan.

Sederhananya adalah pilih nama yang bakalan bisa melekat di kamu atau juga menunjang tujuan kamu buat blog!

Kalau aku kenapa kukuhgiaji(dot)com? Karena memang aku fokus ingin branding nama aku saja sebagai tukang ngulas film dan juga karena aku suka membahas buku-buku akademik jadinya cukup membantu sebagai portofolio buku apa saja yang pernah aku baca.

Take as much time as you need when choosing a good blog name!

Itulah panduan awal yang kamu butuhkan untuk membuat blog pribadi mu. Intinya adalah brainstorming setiap saat dan wajib punya bekal konten-konten artikel yang akan di-publish di situs kamu nanti.

Kalau kamu ingin curhat cara pembuatan blog atau ide-ide kamu silahkan kontak aku di halo@kukuhgiaji.com

Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: