Pengalaman Berlangganan Netflix di Indonesia

Pasar layanan VOD (Video on Demand) berbasis streaming tampak semakin ketat dan menguat terutama berkat hadirnya Netflix di Indonesia pada tahun 2016. Langkah Telkom memblokir perusahaan asal Amerika Serikat itu tidak lagi mengejutkan dengan menilai animo masyarakat menyambut Netflix.

Saya sendiri telah berlangganan Netflix kurang lebih selama setahun dan menemukan kenyamanan dibandingkan dengan penyedia layanan serupa, misalnya Iflix, HOOQ, dan Viu.

Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan Netflix di Indonesia berdasarkan pengalaman pribadi saya:

Serial Original dan Perpustakaan Konten Terbesar

Netflix sedari awal telah terkenal sebagai perpustakaan serial dan film terbesar di dunia ditambah merambahnya bisnis mereka sebagai rumah produksi yang memproduksi serial dan film original berkualitas. Sebut saja Stranger Things, Master of None, dan 13 Reasons Why adalah beberapa serial terbaik dan terpopuler yang hanya tersedia di platform ini.

Pengguna Netflix di Indonesia pun turut bisa menikmat serial-serial tersebut. Dan tentunya bisa meng-update serial favorite mereka tanpa mengkhawatirkan waktu perilisan.

Internet memungkinkan akses dalam waktu bersamaan di seluruh dunia berbeda dengan format tayangan di televisi yang masih menggunakan zona waktu berdasarkan lokasi geografis.

Biaya Berlangganan Relatif Murah

“Murah” ini sendiri sebenarnya subyektif tergantung kamu sendiri tapi bagi saya Netflix di Indonesia memiliki harga yang tergolong murah melihat dari berbagai konten yang disediakan.

Mulai dari paket Basic menawarkan harga 109,000/bulan hingga Premium 169,000/bulan. Kalau bagi kamu ini mahal sebenernya ada taktik yang bisa kamu terapkan misalnya dengan patungan paket Standar yang bisa diakses di dua perangkat sekaligus. Dengan patungan berdua itu kamu hanya perlu mengucurkan dana sebesar 69,500/bulan saja.

Nah, buat kamu juga yang ingin sekedar mencoba dulu layanan ini jangan khawatir silahkan daftar saja dulu karena kamu bisa memperoleh Netflix gratis berlangganan sebulan dan jika kamu memutuskan tidak ingin melanjutkannya lagi tinggal batalkan saja sebulan kemudian.

BACA JUGA  Borong Buku di Big Bad Wolf 2018

Tersedia Paket Data Khusus

Selain Telkom tidak ada layanan jaringan lain yang memblokir Netflix. Ini disebabkan adanya animo yang besar itu sehingga membuat banyak provider lokal memutuskan membuat opsi paket data untuk menonton sepuas-puasnya bagi pengguna Netflix di Indonesia.

Misalnya XL Prioritas menyediakan paket Apps Booster seharga Rp 25.000 untuk akses tanpa batas khusus aplikasi Netflix, Iflix, dan Youtube. Bagi saya yang gemar mengunduh film ataupun serial tentu ini lebih hemat dari segi biaya dan paket data sendiri.

Tidak Ada Iklan

Saya adalah orang paling anti nonton di layanan streaming illegal seperti IndoXXI. Sebenarnya bukan masalah legal atau ilegal tapi lebih ke iklan di dalam layanan semacam itu benar-benar massive dan annoying.

Tentu saja jika berlangganan Netflix, kamu tidak perlu khawatir akan muncul pop-up iklan yang menyebalkan itu karena platform ini benar-benar no commercials. Unggulnya lagi, ini berlaku juga untuk pelanggan gratis Netflix sebulan itu.

Mudah Digunakan

Netflix adalah platform yang bisa dikatakan simple to use. Tampilan layar mukanya benar-benar sederhana sehingga saya sebagai pengguna cepat mengenali fitur-fitur yang disediakan.

Beberapa fitur itu antara lain:

  • My List. Kita bisa membuat list atau daftar serial/film yang ingin kita tonton.
  • Popular on Netflix. Di fitur ini kita bisa melihat tayangan apa yang sedang popular saat ini serupa juga dengan fitur Trending Now.
  • Because You Watched. Nah kalau ini, AI Netflix akan memberikan rekomendasi tayangan yang sesuai dengan tontonan favorit kamu.
  • Manages Profiles. Di fitur ini kamu bisa membuat profile yang bisa diatur untuk siapa.

Paling penting kamu bisa menikmati tayangan Netflix di Indonesia baik secara langsung yaitu streaming di Laptop maupun mengunduhnya terlebih dahulu. Harap dicatat, kamu hanya bisa mengunduh lewat handphone yang berarti kudu ditonton juga lewat HP. Bagi saya itu salah satu kelemahan Netflix dan juga semua penyedia layanan streaming.

Terakhir, Adanya Kultur Binge Watch

Berlangganan Netflix di Indonesia Photo by Alicia Quan on Unsplash
Photo by Alicia Quan on Unsplash

Kalau kamu seorang Moviegoers atau Cinephille sudah pasti kata “Binge Watch” tidak lagi asing. Binge Watch merupakan aktivitas maraton menonton serial televisi dalam kurun waktu tertentu. Nah, awal mulanya aktivitas semacam ini sifatnya hanya “perayaan” atau “kelompok” partikular saja tapi Netflix membuat suatu gebrakan baru dengan membuat model rilis serial yang berbeda.

BACA JUGA  Pengalaman Menggunakan Kindle Paperwhite

Netflix selalu merilis semua episode pada serial original mereka sekaligus sehingga penonton tidak perlu menanti-nantikan episode selanjutnya. Hal ini lalu menciptakan kultur binge watching di mana ketika serial baru saja dirilis di Netflix maka pengguna akan memiliki kebiasaan untuk sesegera mungkin menyelesaikan semua episode pada serial itu.

Kultur semacam ini menjadi suatu nilai pride sendiri terutama bagi penonton yang suka berbagi ulasan maupun spoilers berkaitan serial yang baru ditontonnya.

Hal ini lantas juga terjadi pada kultur pengguna Netflix di Indonesia. Bagi saya ini menambah sensasi sendiri menjadi pengguna Netflix karena menjadi bagian dari kultur tersebut sesungguhnya adalah eksklusif.

Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: