Press "Enter" to skip to content

PRAKATA

Saya suka menulis. (titik). “

Itulah awal mula saya membuat blog semenjak SMA hingga sekarang. Dimulai dari  situs gratis, seperti blogspot dan wordpress hingga berbayar biar kesannya ‘pro’. Namun, setelah dua tahun merintis situs ini saya kesulitan menentukan target pasar apa yang ingin saya raih. Saya bingung menentukan tema tulisan seperti apa yang ingin saya buat? seberapa panjang? seberapa detail? dan seberapa kritis? Alih-alih saya melakukan kegiatan menulis malah saya cenderung jadi malas karena selalu bingung mau nulis apa sih saya? Memang ada yang mau baca? Memang dapat penghasilan? Toh, tulisan-tulisan soal ulasan dan esai film sudah begitu banyaknya di luar sana (karena saya cenderung menyukai topik film). Misalnya favorit saya ada sinekdoks, cenayang film, dan cinema poetica.

Saya terkesan lupa bahwa tujuan membuat blog ini adalah keinginan agar semakin rajin menulis bukan biar “terkenal” atau membentuk citra diri terlihat “kritis”. Toh, apa sih yang bisa diharapkan dengan menjadi penulis? Trinity saja akhirnya memutuskan berhenti menulis buku tentang travelling  karena sulit memperoleh modal untuk berjalan-jalan (padahal konten bukunya tentang jalan-jalan) begitu pula Ariev Rahman yang rajin mengulas perjalanan melancongnya di backpackstory.me juga kesulitan finansial dan akhirnya mendirikan jasa open trip bersama kawannya.

Maka kembali kepada hakikat itulah saya memutuskan bahwa tulisan-tulisan dalam blog ini sifatnya “suka-suka”. Saya tidak mengharapkan apapun, kecuali untuk mengetahui progress tulisan saya dan seberapa banyak yang bisa ditulis dalam sebulan dan setahun. Kadang bisa saja saya menulis soal drama korea, serial, film atau bahkan ulasan buku dan esai dari teoretis yang sesuai dengan ilmu yang saya tekuni, yaitu kajian media dan budaya. Pada akhirnya blog ini akan menjadi refleksi diri bagi saya dan saya harap juga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian yang mungkin sedang jenuh atau sedang mencari informasi-informasi dan kebetulan mengunjungi blog saya.

Salam,

Penulis

Leave A Response