Rekomendasi Film Thriller Korea Terbaik di Tahun 2010

Tahun lalu saya telah membuat rekomendasi film thriller korea terbaik yang rilis tahun 2003. Mulanya saya berniat untuk menerbitkan artikel semacam ini tiap bulan sekali. Tapi karena sibuk kuliah dan juga pekerjaan menumpuk butuh waktu satu tahun lebih bagi saya untuk kembali menyusun bagian ke dua ini.

Pada artikel ini, akan ada 3 film thriller korea tahun 2010 yang diulas secara singkat disertai alasan personal kenapa film di bawah menjadi rekomendasi yang wajib ditonton oleh kamu.

Berikut ini daftarnya:

Film Korea THE MAN FROM NOWHERE

Ketika kelompok Mafia sedang menginterogasi Hyo-Jeon (diperankan Kim Hyo-Seo) karena mencuri heroin, putrinya, So-Mi (diperankan Kim Sae-Ron) menjadi saksi mata dan akhirnya mereka diculik. Chae Ta-Sik (diperankan Won Bin), tetangga mereka yang bekerja di toko gadai menyaksikan kejadian namun tidak menyadari bahwa ia memiliki heroin itu. Meskipun begitu ia telah bertekad untuk menyelamatkan So-Mi.

Tak disangka-sangka, Tae-Sik yang pemurung dan enggan untuk bergaul dengan tetangganya itu adalah mantan agen rahasia Korea. Premis film thriller ini terbilang sederhana, yaitu seorang mantan mata-mata berusaha menyelamatkan temannya sembari menghadapi masa lalunya yang kelam.

Tentu saja daya tariknya adalah terletak dari cara film menggali kehidupan Tae-Sik. Kita dibuat bertanya-tanya dosa apa yang telah dilakukannya hingga menyebabkan ia sampai harus mengisolasi dirinya sendiri. Selain itu, koreografi beladiri juga memainkan peran krusial dalam The Man from Nowhere. Mengusung konsep one versus many, film korea ini tidak sekedar memvisualisasikan darah di mana-mana tetapi juga serupa dansa yang membara.

Final fight scene ketika Tae-Sik yang murka mendapati kedua bola mata So-Mi telah diambil sangat keren karena secara brutal membunuh kawanan mafia bermodal pistol dan tinju saja. Adegan ini sangat berkesan dan menjadi yang paling memorable sebab itulah The Man from Nowhere layak masuk dalam rekomendasi film thriller korea terbaik di tahun 2010 yang tidak boleh kamu lewatkan.

Film Thriller BEDEVILLED

Mengisahkan Hye-Won (diperankan Hwang Geum-Hee) yang memutuskan untuk berlibur di pulau terpencil bernama Moodo, dan bertemu kembali dengan teman lamanya, Kim Bok-Nam (diperankan Seo Yeong-Hee). Hye-Won adalah orang kota, wanita karir, dan tengah mengalami masalah pekerjaan. Lewat masa lalunya diketahui bahwa ia dan Bok-Nam memiliki kedekatan yang intim satu sama lain dan ini yang berusaha dihindari Hye-Won.

Sepanjang hidup di pulau Moodo, Bok-Nam selalu dirundung, dilecehkan, dieskploitasi hingga mengalami berbagai kekekerasan psikis dan fisik yang dilakukan oleh seluruh penduduk desa. Tak ada satu orang pun berempati kepadanya dan Hye-Won adalah satu-satunya jalan keluar bagi ia dan putrinya untuk kabur dari semua kegilaan di pulau itu.

Bedevilled atau judul asilnya “The Whole Story of Kim Bok-Nam’s Murder Case” adalah salah satu film korea terkeji tahun 2010. Alih-alih menggambarkan isu sosial tentang kekerasan terhadap perempuan, nyatanya film ini mengeksplorasi sisi kejiwaan Bok-Nam. Bayangkan setiap harinya ia harus menerima caci maki, diselingkuhi, dan putri satu-satunya hendak diperkosa oleh suaminya. Ia tentu menjadi gila. Bahkan penonton pun bisa ikutan tak waras sepanjang menonton film ini: kok bisa gak ada satu orang pun yang waras?

Film thriller ini bisa dibilang memiliki semua aspek untuk film-film bertemakan disturbing. Tidak hanya mengandalkan kekuatan angle kamera dan kesadisan dari cara pembunuhannya belaka tetapi juga mengandalkan kekuatan storytelling dengan isu-isu sosial yang sering kita temukan sehari-hari misalnya KDRT. Ini alasan saya mengapa Bedevilled (2010) layak masuk dalam daftar rekomendasi film thriller korea.

Film I SAW THE DEVIL

I Saw the Devil bisa dikatakan adalah salah satu film thriller korea terbaik sepanjang masa yang bertemakan balas dendam serupa Oldboi (2003). Mengisahkan Soo-Hyun (diperankan Lee Byung-Hun), agen National Intelligence Service (NIS) yang berambisi membunuh Kyung-Hul (diperankan Choi Min-Sik) karena telah membunuh Joo-Yun (diperankan Oh San-Ha), tunangannya secara brutal.

Kim Jee-Won sebagai sutradara merancang visual dan cerita yang begitu ekstrim dengan mendudukkan bahwa balas dendam memiliki bentuk sama dengan psikopat meski berbeda visi dan misi. Monster dibentuk dari sifat-sifat kekerasan. Itulah pesannya.

Soo-Hyun digambarkan sebagai sosok pemburu yang mengerikan guna menuntaskan hasrat balas dendamnya. Di Awal, ia tidak langsung menghabisi nyawa mangsanya tetapi memilih bersenang-senang dahulu. Dengan memasang alat pelacak di tubuh Kyung-Hul, ia lalu mengawasi setiap gerak-gerik targetnya itu: membiarkanya rehat sejenak untuk kemudian dikejar-kejar lagi seperti orang gila.

Kyung-Hul lantas segera mengambil giliran dengan berusaha mencari dan membunuh orang-orang terdekat si pemburunya itu. Permainan kucing dan tikus ini adalah metode sempurna untuk memvisualisasikan bagaimana wujud kengeriaan orang-orang gila.

Terbukti, I Saw the Devil adalah film yang sangat kejam. Dimulai dari Kyung Hul membunuh Joo-Yun dengan palu hingga menampilkan sosok psikopat kanibal. Unsur kekerasan dan kekejaman ada di mana-mana dan digambarkan juga sangat jelas dan eksplisit. Grafis yang begitu intens dan cenderung sadisme itulah daya tarik film korea ini. Bahkan ketimbang sebagai thriller tampaknya lebih tepat mengkategorikannya sebagai slasher.

Itulah tiga rekomendasi film thriller korea 2010 yang tidak boleh kamu lewatkan terutama untuk pecinta film-film bertemakan gore,disturbing, dan slasher. Berbeda dengan Hollywood asiknya menikmati tayangan film thriller korea adalah unsur teatrikal dan drama yang tetap ada sehingga mampu membuat penonton terpikat.

Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

One thought on “Rekomendasi Film Thriller Korea Terbaik di Tahun 2010

Leave a Reply

%d bloggers like this: