Review Drama Korea Black Dog (2019)

Drama korea Black Dog (2019) mengisahkan guru jangka-pendek, Ko Ha-Neul (diperankan Seo Hun-Jin) dalam menghadapi lika-liku kehidupan di SMA Daechi yang dipenuhi intrik dan persaingan antar sesama guru jangka-pendek, guru senior, dan juga para staffnya.

Drakor terbaru tvN ini sendiri lebih berfokus pada ketidakdilan yang diharus dialami oleh para guru jangka-pendek dari masa jabatan mereka yang bersifat sementara hingga persoalan UU Ketenagakerjaan yang tak memihak mereka. Namun demikian, drakor ini juga mempertunjukkan realitas yang harus dihadapi segenap guru untuk memperjuangan masa depan sekolah dan anak didik mereka.

Berikut ini semua hal yang mesti kamu ketahui mengenai drakor ini!

Plot Cerita Black Dog

Tokoh Ko Ha-Neul (diperankan Seo Hun-Jin)
Tokoh Ko Ha-Neul (diperankan Seo Hun-Jin)

Black Dog memiliki tokoh utama bernama Ko Ha-Neul yang memutuskan untuk menjadi seorang guru setelah mengalami peristiwa naas ketika ia masih duduk di bangku SMA. Saat itu, bus karya wisata yang ditumpanginya mengalami kecelakaan dan ia terjebak di dalamnya. Kim Young-Ha (diperankan Tae In-Ho), guru sekolahnya lantas berupaya untuk menyelamatkannya. Sayangnya, Young-Ha tewas setelah berhasil menyelamatkan Ha-Neul.

Beberapa tahun kemudian, Ha-Neul memutuskan untuk mengikuti jejak mendiang gurunya tersebut karena ia masih tidak mengetahui alasan mengapa In-Ho mengorbankan nyawanya. Ha-Neul ingin mencari tahu “makna menjadi seorang guru”

Sejak diterima sebagai guru jangka-pendek di SMA Daechi kemudian, Ha-Neul pun menyadari bahwa menjadi seorang guru bukan sekedar persoalan mengajar ataupun mendidik siswa saja.

Para Tokoh yang Karismatik dan Menginspirasi

Selain tokoh Ha-Neul tentu saja drama korea Black Dog memiliki berbagai tokoh pendamping yang ternyata memiliki sisi karismatiknya tersendiri dan tak ayal membuat penonton bisa jadi simpati kepada mereka. Berikut adalah tiga tokoh yang memiliki highlight dalam drakor ini.

Tokoh Park Sung-Soon (diperankan Ra Mi-Ran)
Tokoh Park Sung-Soon (diperankan Ra Mi-Ran)

Pertama, Park Sung-Soon (diperankan Ra Mi-Ran), Kepala Penasihat Perguruan Tinggi di SMA Daechi merupakan sosok yang tegas dan berjuang keras untuk membuat para murid Daechi agar bisa masuk ke universitas terbaik dan pilihan. Mi-Ran sering kali menginspirasi Ha-Neul bahwa menjadi seorang guru tidak hanya perlu bermodal pintar semata, tetapi juga perlu untuk menjadi manusia yang baik. Seorang guru bagi Mi-Ran harus mengutamakan kepentingan muridnya terlebih dahulu ketimbang dirinya sendiri.

Tokoh Do Yeon-Woo (diperankan Ha-Joon)
Tokoh Do Yeon-Woo (diperankan Ha-Joon)

Kedua, Do Yeon-Woo (diperankan Ha-Joon), Anggota Penasihat Perguruan Tinggi dan sekaligus Guru Bahasa Korea ini meski terkesan sok ‘cool’ dan ‘dingin’, namun kerap kali membantu dan memberikan ide-ide kepada Ha-Neul dalam mengajar. Yeon-Woo kemudian di berbagai episode selanjutnya adalah tokoh anti tesis dari guru kontrak. Lewat Yeon-Woo kita belajar bahwa keberuntungan yang kita dapatkan seringkali berbuah malapetaka bagi orang lain dan parahnya sering tidak kita sadari.

Tokoh Ji Hae-Woon (diperankan Yoo Min-Kyu)
Tokoh Ji Hae-Woon (diperankan Yoo Min-Kyu)

Ketiga, Ji Hae-Woon (diperankan Yoo Min-Kyu) adalah guru jangka-pendek di SMA Daechi yang telah mengajar selama enam tahun. Hae-Woon tidak pernah sekalipun dipertimbangkan untuk menjadi guru tetap yang membuatnya harus melakukan berbagai hal guna di-‘notice’ oleh kepala sekolah. Dalam episode-episode selanjutnya, penonton akan melihat bagaimana ketegangan moral dan prinsip hidup Hae-Woon sebagai seorang manusia dan profesi guru dipertaruhkan.

Tak Selalu Mempersoalkan Para Guru

Poster Drama Korea Black Dog (2019)
Poster Drama Korea Black Dog (2019)

Sudah pasti kehidupan di SMA Daechi bukan hanya dari sisi guru saja, melainkan juga sisi murid yang berjuang meraih mimpinya dan ambisi orang tua.

Dalam drama korea Black Dog kita dengan mudah melihat menjamurnya lembaga les membuat orang tua menjadi tidak percaya dengan kapabilitas dan kemampuan para guru sekolah. Tak jarang, orang tua mengirimkan anak mereka ke lembaga les karena menganggap institusi swasta tersebut lebih berpotensi mensukseskan anaknya ketimbang sekolah publik.

Perkanya sederhana sekali, lembaga les mengharuskan orang tua mengeluarkan uang dan ini sangat bertolak-belakang dengan sekolah publik yang gratis. Ini adalah realitas yang harus dihadapi segenap guru di Korea Selatan.

Sementara itu, di sisi murid kita bisa melihat bagaimana lembaga les menjadi sebuah ikon kesuksesan. Misalnya Jin Yoo-Ra (diperankan lee Eun-Saem) yang iri dengan Koo Jae-Hyun (diperankan Park Ji-Hoon) dan bahkan sampai memotret diam-diam modul les Jae-Hyun.

Drama korea Black Dog tampak berusaha menghadirkan wacana mengenai ketimpangan sistem pendidikan yang dihadirkan melalui ujian-ujian ataupun keberadaan lembaga les yang membuat akses informasi dan pendidikan tak merata.

Akhir kata, Black Dog adalah drama korea yang wajib ditonton dan sayang sekali untuk dilewatkan.

Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

One thought on “Review Drama Korea Black Dog (2019)

Leave a Reply

%d bloggers like this: