Review Drama Korea Catch the Ghost (2019)

Cover Review Drama Korea Catch the Ghost_KukuhGiaji

Drama korea Catch the Ghost (2019) mengisahkan detektif muda, Yoo Ryung (diperankan Moon Geun-Young) yang bergabung dengan divisi kepolisian subway untuk menemukan adik kembarnya yang menghilang. Ia melakukan segala cara, termasuk membohongi partnernya (dan sekaligus kepala tim) yaitu Ko Ji-Seok (diperankan Kim Sun-Ho).

Konflik utama di drama terbaru tvN ini adalah misteri pembunuhan berantai oleh “Hantu Subway”.

Meskipun begitu, ada satu isu yang kerap diangkat dalam drama korea ini yakni masalah kelompok marjinal khususnya penyandang disabilitas. Menariknya lagi, perspektif yang dihadirkan melalui pengasuh dan keluarga terdekat yang tak jarang memiliki sisi perjuangan tersendiri.

Berikut ini adalah beberapa hal menarik yang bisa kita temukan sepanjang menonton drama korea ini!

Struggle Keluarga Penyandang Disabilitas Mental

Moon Geun-Young dalam Catch the Ghost
Moon Geun-Young (Yoo Ryong) dalam Catch the Ghost

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, drama korea Catch the Ghost mengangkat perjuangan para keluarga yang memiliki keluarga dengan disabilitas.

Misalnya, Yoo Ryung yang di episode Yo-episode berikutnya dijelaskan bahwa kehidupan Yoo Rung tidak pernah lepas dari mengasuh adik kembarnya dengan spektrum autisme. Bahkan sampai masuk wilayah privatnya, seperti berkencan. Hal ini disebabkan karena ia tidak memiliki uang untuk menyewa pengasuh.

Suatu hari, Yoo Ryung naik pitam dan ras kecewa, kemarahan, dan kesedihannya membawanya pada suatu tragedi. Ia meninggalkan adiknya di subway. Dan sejak itu, adik kembarnya menghilang dan ia pun merasa bersalah.

Kim Sun-Ho dalam Catch the Ghost
Kim Sun-Ho (Ko Ji-Seok) dalam Catch the Ghost

Sementara itu, Ko Ji-Seok, partner dan kepala tim Yoo Ryung juga memiliki kisah serupa. Ji-Seok memiliki seorang ibu dengan demensia. Sang ibu telah melupakan Ji-Seok dan hanya mengingat ayahnya saja sehingga Ji-Seok harus berpura-pura menjadi ayahnya demi menghibur sang ibu. Ia sendirian dan terbebani dengan semua tanggung jawab yang mesti diembannya, terlebih biaya rumah sakit dan pengasuh yang tidak murah.

BACA JUGA  Impresi Awal Drama Korea The Great Show (2019)

Mereka berdua lalu dipertemukan dan mulai menjalani kehidupan bersama sebagai satu tim polisi subway. Di tengah-tengah misinya untuk menemukan “Hantu Subway tersebut”, Yoo Ryung perlahan mulai bergantung kepada Ji-Seok. Bertolak belakang, Ji-Seok merasa kewalahan mengikuti ritme Yoo Ryung, tetapi perlahan ia mulai tersadarkan untuk menemukan kembali tujuan hidupnya.

Mereka pun bersama mulai melindungi dan menyukai satu sama lain.

Genre: Komedi Romantis

Review Drama Korea Catch the Ghost_KukuhGiaji

Kalau diliat sekilas drama korea Catch the Ghost tampak memiliki kisah yang mengharu biru dan serius, namun tVN mengemasnya dengan genre komedi romantis tanpa menghilangkan esensi cerita.

Banyak sekali hal-hal lucu dan spontan dari Yoo Ryung, seperti mengubah skooter menjadi kendaraan polisi lengkap dengan sirine-nya. Belum lagi sisi enerjiknya yang selalu berusaha menyelesaikan kasus apapun di hadapannya hingga membuat Ji-Seok terancam diskors.

Ikon utama di drakor ini barangkali adalah tokoh Kapten Kong (diperankan Lee Joon-Hyuk) yang meskipun sangat jarang muncul, tetapi sekali ada di layar dia akan mengenakan kostum sebagai taktik menyamar. Dari menjadi gelandangan, anggota band rock, maupun pelajar.

We Need More Spotlights!

Terlepas dari semua sisi positif itu, drama korea Catch the Ghost agak terlalu berfokus dengan dua tokoh utamanya yaitu Yoo Ryung dan Ko Ji-Seok. Padahal ada karakter pendukung yang tidak kalah menarik untuk diberikan cerita tersendiri.

Tokoh Pendukung drakor Catch the Ghost
Tokoh Pendukung drakor Catch the Ghost

Seperti: letnan Ha Ma-Ri (diperankan Jung Egene) yang merupakan mantan kekasih Ji-Seok dan pemimpin investigasi kasus Hantu Subway. Ada pula Kim Woo-Hyeok (diperankan Ki Do-Hoon) yang naksir Yoo Ryung dan anak emas Ma-Ri. Di Tim Subway sendiri ada Lee Man-Jin (diperankan Jo Jae-Yung) dan Kang Soo-Ho (Ahn Seung-Kyoon).

BACA JUGA  Review Drama Korea Graceful Family (2019)

Sayangnya, mereka berempat belum memiliki porsi adegan yang pas di drama ini. Hanya sekedar pendukung saja dan tak lebih sebagai unsur-unsur komedi.

Siapa kah Hantu Subway?

Saya sendiri sudah menonton Catch the Ghost hingga episode 10 dan semakin kentara siapa pelaku Hantu Subway yaitu salah satu dari anggota tim belalang. Belalang sendiri merupakan istilah yang diberikan untuk pelaku pencopetan Subway yang memiliki signature robekan seperti belalang.

Ini semakin terbuktikan dengan tokoh Choi Kyung-Hee (diperankan Kim Jung-Young) yang terkaget melihat video rekaman cctv di handphone Ji-Seok. Di rekaman CCTV itu, terlihat sosok pria misterius sedang mengikuti Yoo Ryung. Kyung-Hee tampak menyadari dari gerakan bahu sosok tersebut.

Pertanyaan berikutnya: apakah adik kembar Yoo Ryung masih hidup? Mengingat belum pernah ditemukan jasad adiknya tersebut.

Dalam satu adegan, Kyung-Hee menyapa seseorang di dalam rumahnya. Di dalam rumah itu ada satu kamar yang masih belum diketahui siapa penghuninya.

Apakah kembaran Yoo Ryung yang diselamatkan atau disembunyikan oleh Kyung-Hee?

Misteri-misteri tersebut sekiranya yang membuat saya masih bertahan menonton drama korea Catch the Ghost!

Leave A Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close