Review Drama Korea Extracurricular (2020)

Drama korea Extracurricular (2020) mengangkat kisah kelam di kalangan remaja, yang menyangkut prostitusi anak di bawah umur, perisakan, serta eksploitasi anak.

Fokus cerita kemudian terletak pada tokoh Ji-Soo (diperankan Kim Dong-Hee), seorang siswa SMA berbakat dan cerdas yang ternyata menjual jasa keamanan untuk para pekerja seks komersil (PSK). Ji-Soo melalukukan itu semua demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya, dari membayar uang sekolah, les, hingga sandang dan pangan.

Dalam melakukan aksinya, Ji-Soo dibantu oleh Lee (diperankan Choi Min-Soo) yang bertugas sebagai bodyguard. Namun baik Lee dan mitranya sama sekali tidak mengetahui identitas Ji-Soo sebenarnya, alih-alih ia hanya dipanggil dengan sebutan akrab “Paman”.

Di tangan bocah SMA itu, rantai transaksi seksual yang besar, cepat, dan aman berhasil diciptakan. Tapi sayangnya, masalah muncul ketika handphone Ji-Soo yang berisikan aplikasi khusus transaksi tersebut hilang tanpa jejak.

Awal Mula

Poster Drama Korea Extracurricular (2020)

Cerita drama korea Extracurricular (2020) baru dimulai ketika Ji-Soo mendapati bahwa handphone-nya telah dicuri, dan pelakunya tak lain tak bukan adalah teman sekelasnya, yaitu Kyu-Ri (diperankan Park Joo-Hyun).

Hanya butuh waktu singkat bagi Kyu-Ri untuk mengetahui modus operandi Ji-Soo dalam melakukan transaksi seksual. Bahkan, ia mendapati keterlibatan Min-Hee (Jung Da-Bin) sebagai penjaja seks. Min-Hee sendiri adalah teman sekelasnya yang berpacaran dengan siswa populer, Ki-Tae (diperankankan Nam Yoon-Soo).

Kyu-Ri lalu berencana untuk mencuri uang yang sudah dikumpulkan Ji-Soo. Namun yang tidak disangka oleh Kyu-Ri adalah ia empati dan perlahan mulai kasmaran juga kepada Ji-Soo. Nasib sial lantas mempersatukan mereka berdua, yang bersama mulai membangun jaringan bisnis seks untuk anak di bawah umur.

Pertanyaannya, apakah ini semua semata-mata demi uang?

Extracurricular dan Persoalan Kelas Sosial

Menjawab pertanyaan di atas tentu sangatlah mudah: tentu saja bukan!

Uang hanyalah bagian paling kecil dari motif para remaja yang melakukan bisnis ilegal tersebut. Absennya orang tua, kekerasan, dan kelas sosial merupakan isu yang hadir sebagai penjelas kenekatan Ji-Soo, Kyu-Ri, dan Min-Hee.

Ji-Soo (Kim Dong-Hee)
Ji-Soo (Kim Dong-Hee) dalam drama korea Extracurricular

Ji-Soo punya cita-cita ingin meraih hidup “normal” dan ia butuh 90 juta won, tetapi orang tuanya tidak hadir untuk memenuhi mimpinya. “Normal” bagi Ji-Soo kemudian adalah hidup yang serba nyaman: meraih peringkat pertama, kuliah di SKY, dan punya keluarga. Itu semua harus diraihnya dan untuk mencapainya ia pun sampai ikut bimbingan les seharga 2 juta won padahal basis ekonominya tidak bisa memenuhi itu.

Di Korea Selatan sendiri, isu-isu mengenai ketimpangan pendidikan kerap dihadirkan dalam drama dan selalu bermuara kepada komesialisasi melalui jalur Les. Dan orang-orang yang bisa mendapatkan akses itu hanyalah mereka yang memiliki strata tinggi atau kelas menengah atas. Ji-Soo berupaya meraih kelas itu.

Min-Hee (Jung Da-Bin) dalam drama korea Extracurricular
Min-Hee (Jung Da-Bin) dalam Extracurricular

Persoalan serupa juga terlihat dalam karakter Min-Hee yang menjajakan dirinya untuk memenuhi kebutuhan hidup sang pacar, Ki-Tae. Meskipun memang  Min-Hee terlihat jatuh cinta kepada pria itu, nyatanya alasan mereka berpacaran pun bersifat transaksional. Yang dipertukarkan adalah ketenaran dan status. Berkat Ki-Tae, Min-Hee berada di lingkungan anak gaul, keren, dan berkelas.

Kyu-Ri (Park Joo-Hyun) dalam drama korea Extracurricular
Kyu-Ri (Park Joo-Hyun) dalam drama korea Extracurricular

Berlawanan, Kyu-Ri berangkat dari eksploitasi anak yang dilakukan oleh orang tua. Kyu-Ri adalah seorang anak perempuan yang berasal dari kelas atas dan harus memenuhi semua tuntutan kedua orang tuanya. Dunia Kyu-Ri dihadirkan sama-sama berat dan keras selayaknya Ji-Soo dan Min-Hee.

Drama korea Extracurricular kentara berusaha menampilkan bahwa anak selalu menjadi korban, tidak peduli ia berasal dari kelas mana. Pada saat yang bersamaan, drakor orisinil Netflix ini juga rilis bertepatan dengan momentum peristiwa Nth Room.

Akhir kata, Extracurricular adalah drama korea yang sangat menarik untuk ditonton apalagi di tengah mewabahnya drakor komedi-romantis dan perselingkuhan yang barangkali menjenuhkan. Drakor ini sudah tayang mulai dari tanggal 29 April 2020 di platform streaming Netflix dengan total sebanyak 10 episode.

Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

Leave a Reply

%d bloggers like this: