Review Drama Korea Graceful Family (2019)

Cover Graceful Family

Drama korea Graceful Family (2019) mengisahkan intrik Chaebol (keluarga konglomerat korea) yang memperebutkan harta warisan dan perusahaan MC Groups. Namun di balik itu, seluruh anggota keluarga dan gurita bisnis MC Groups diawasi dan dikelola oleh organisasi bernama TOP yang dipimpin Han Je-Kook (diperankan Bae Jong-Ok). Untuk mempertahankan posisi puncak, Han Je-Kook rela melakukan apapun, termasuk terlibat dalam korupsi, manipulasi informasi, penyalahgunaan kekuasaan dan bahkan pembunuhan.

Drakor terbaru MBN ini berfokus pada tokoh Mo Seok-Hee (diperankan Lim Soo-Hyang), cucu pendiri MC Groups yang dibuang ke Amerika oleh Han Je-Kook karena dikhawatirkan akan menjadi CEO menggantikan kakeknya. Ketika mengetahui kakeknya sakit keras, Seok-Hee mengelabui pengamanan TOP dan berhasil kembali ke Korea.

Di korea, ia kemudian berusaha mengambil alih perusahaan dan mencari tahu siapa pembunuh ibunya yang sebenarnya dibantu pengacara Heo Yoon-Do (diperankan Lee Jang-Woo), yang ternyata anak dari tersangka kasus pembunuhan ibu Seok-Hee.

Sepanjang menonton 8-episode Graceful Family satu yang pasti saya rasakan adalah drama korea ini memiliki atmosfir bak sinetron Indonesia dan telenovela amerika latin. Namun tidak seperti sinetron yang ‘lebay’, drama ini berhasil memikat dengan alur cerita yang mengejutkan dan lucunya terkadang tidak masuk akal.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa drama korea Graceful Family tidak boleh dilewatkan:

Tokoh-Tokoh yang Kompleks

Bae Jong-Ok dalam Graceful Family
Bae Jong-Ok dalam Graceful Family

Sebagaimana sinetron maka drakor ini pun memiliki jajaran tokoh dengan latar belakang yang rumit dan “janggal”. Menariknya masing-masing tokoh memiliki kekuatan dan khasnya sendiri yang kemudian jadi menarik untuk terus diikuti. Entah bagaimana selalu saja timbul rasa penasaran dan nagih untuk mencari tahu seluk beluk tokoh ini.

BACA JUGA  Rekomendasi Drama Korea 2018 Terbaik (Bagian 1)

Misalnya tokoh Han Je-Kook, seorang mantan hakim yang direkrut oleh kakek Seok-Hee, Mo Wang-Pyo (diperankan Jeon Kuk-Hwan) untuk mengawasi bisnisnya. Kejutannya adalah Je-Kook mengkhianati Wang-Pyo dan memilih berafiliasi dengan Jung Won-Joong, ayah Seok-Hee. Bahkan Je-Kook pun akhirnya memutuskan untuk membunuh Wang-Pyo di hadapan Seok-Hee. Alasan dan tujuan Je-Kook ini yang kemudian belum terjelaskan sejauh ini.

Atau juga tokoh Ha Young-Seo (diperankan Moon Hee-Kyung), ibu tiri Seok-Hee, yang tergila-gila dengan uang dan akan melakukan apapun demi menjadikan putranya, Mo Wan-Joon (diperankan Kim Jin-Woo) mewarisi seluruh kekayaan MC Groups. Yang lucu si tokoh Young-Seo ini agak psyco contohnya meminta pemain biola bermain di atas es tanpa alas kaki atau memelihara ikan dengan segudang perawatan eksklusif. Hal-hal nyeleneh dan unik ini yang juga membuat saya betah menonton.

Menonton Tanpa Berpikir

Lim Soo-Hyang dalam Graceful Family
Lim Soo-Hyang dalam Graceful Family

Paling penting adalah ketika menonton drama korea Graceful Family saya tidak perlu ambil pusing sama jalan ceritanya. Tetapi bukan berarti banyak plot hole loh melainkan naskah juga terajut dengan rapih. Barangkali hal yang nyeleneh misalnya ketika ikan milik Ha Young-Seo diracun Seok-Hee. Ikan yang bernama Picasso itu dimakamkan dalam prosesi penguburan besar-besaran di mana menteri pun di minta agar hadir.

Ditambah twist-twist mengejutkan yang seringkali membuat saya geleng-geleng kepala. Contoh ketika Seok-Hee mendadak diminta untuk menyerahkan seluruh harta warisannya oleh Je-Kook dan Cheol-Hee. Alih-alih melawan malah Seok-Hee memberikan semua hartanya tanpa perlawanan.

Atau juga tiba-tiba reporter Kim Boo-Ki (diperankan Park Chul-Min) merajut cinta dengan anggota TOP, Lee Kyung-A (diperankan Jung Hye-In). Bahkan mereka pun tidur bersama. Atau bagaimana tiba-tiba insting reporter Oh Gwang-Mi (diperankan Kim Yoon-Seo) yang merasa pengacara Heo Yoon-Do adalah teman masa kanak-kanaknya yang hilang tiba-tiba.

BACA JUGA  Impresi Awal Drama Korea Hotel del Luna (2019)

Intinya sih: terserah.

Siapa Pemenangnya?

Lee Jang-Woo dalam Graceful Family
Lee Jang-Woo dalam Graceful Family

Pertanyaan paling penting tentu saja siapa yang mendapatkan kekuasaan MC Groups? Tapi tampaknya sudah bisa dipastikan Mo Seok-Hee lah yang akan memperoleh semua kekayaan itu dan Heo Yoon-Do akan menjadi patner romantisnya.

Sementara organisasi TOP akan dihancurkan dengan cara mempublikasi semua kejahatan yang telah dilakukan Han Je-Kook.

Begitulah prediksi akhir dari drama korea Graceful Family yang memang sangat simpel penyelesaiannya. Drakor ini cocok bagi penonton yang sedang jengah dengan tontonan serius dan ingin mendapatkan hiburan yang menarik untuk melepas penat.

Poster Graceful Family
Poster Graceful Family (2019)

Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: