Review Drama Korea Hi Bye, Mama! (2020)

Review Drama Korea Hi Bye, Mama! (2020)

Drama korea Hi Bye, Mama! (2020) mengisahkan perjuangan seorang ibu untuk bisa bersama anaknya lagi, meskipun ia telah tiada.

Alkisah, Cha Yu-Ri (diperankan Kim Tae-Hee) menghembuskan napas terakhirnya di ruang bersalin pasca mengalami kecelakaan hebat. Anak perempuannya, Ho Seo-Woo (diperankan Seo Woo-Jin) lahir dengan selamat. Namun sejak itu, Yu-Ri tidak pernah bisa reinkarnasi karena mengkhawatirkan masa depan sang anak dan suaminya, Jo Kang-Hwa (diperankan Lee Kyu-Hyung).

Arwah Yu-Ri pun selalu mengikuti keluarga kecilnya kemana saja meski lima tahun telah berlalu. Yang tidak dipikirkannya adalah Seo-Woo kini bisa melihat arwah dan hidupnya dalam bahaya karena tidak bisa membedakan antara manusia dan sosok arwah.

Tak terima, Yu-Ri menghina dan memaki dewa atas nasibnya yang dipenuhi derita.  Sialnya, Yu-Ri malah dikutuk!

Hi Bye, Mama! (2020) adalah drama korea terbaru tvN yang sangat hangat serta dipenuhi cerita-cerita emosional. Berikut ini alasan mengapa kamu harus tonton drakor satu ini!

Cerita Tak Biasa

Oh Min-Jung (Go Bo-Gyeol)
Oh Min-Jung (Go Bo-Gyeol) dalam Hi Bye, Mama! (2020)

Yang menjadi konflik utama dari drama ini kemudian adalah ketika Yu-Ri dikutuk menjadi manusia kembali oleh dewa. Yu-Ri diberikan waktu selama 49 hari untuk menemukan tempatnya, atau memilih bereinkarnasi.

Perjuangan Yu-Ri dimulai ketika ia harus bertemu dengan ibu sambung Seo-Woo, Oh Min-Jung (diperankan Go Bo-Gyeol). Yu-Ri menyadari ia tak mungkin lagi bisa di sisi Kang-Hwa. Oleh karena itu, ia pun hanya ingin menyelamatkan Seo-Woo dari arwah yang bersemayam di rumahnya.

Sementara itu, permasalahan lain Yu-Ri adalah kesedihan sang ibu, Jeon Eun-Sook (diperankan Kim Mi-Kyung) yang masih tidak bisa melepaskan anak perempuannya tersebut. Hal ini berimbas buruknya hubungan keluarga Yu-Ri dengan Kang-Hwa, bahkan sampai memutus hubungan dengan cucu mereka sendiri.

Bagaimana Yu-Ri menyelesaikan masalah ini? Apakah ia berhasil menemukan tempatnya? Atau memutuskan bereinkarnasi?

It’s About Life, Our Life

Jo Kang-Hwa (Lee Kyu-Hyung) dalam Hi Bye, Mama!
Jo Kang-Hwa (Lee Kyu-Hyung) dalam Hi Bye, Mama! (2020)

Drakor ini tidak hanya menceritakan dari perspektif dunia Yu-Ri saja, melainkan juga para arwah lainnya yang sulit untuk menerima kematiannya. Cerita-cerita kecil mereka hadir menemani perjalanan Yu-Ri.

Banyak kisah-kisah mengharu biru mengenai tragedi tak terduga. Misalnya, keluarga Pil-Seung (diperankan Lee Si-Woo) yang terus menghantuinya karena merasa bersalah telah meninggalkan dirinya sejak masih kecil. Atau kematian Jung Gwi-Soon (diperankan Ban Yo-Jung) yang meninggalkan bekas dan luka mendalam bagi sang anak yang terus dihantui rasa bersalah tak putus-putusnya.

Pesan dari drama korea Hi Bye, Mama! jelas: tak ada yang pernah tahu kapan kematian datang, dan kita harus hidup sebaik-baiknya agar tak ada penyesalan.

Sedih Tapi Kok Ngakak Juga!

Tokoh Keun-Sang dan Hyun-Jung dalam Hi Bye Mama
Tokoh Keun-Sang (Oh Eui-Sik) dan Hyun-Jung (Shin Dong-Mi) dalam Hi Bye, Mama! (2020)

Cerita Hye Bye, Mama! tidak selamanya berkutat pada sedih mengharu biru, tetapi tak jarang juga ada momen-momen komikal terutama berkat duet Kang-Hwa dan sahabatnya, Kye Keun-Sang (diperankan Oh Eui-Sik).

Kedua pria tersebut ibarat air dan minyak: sama-sama gak cocok, tetapi selalu bersama kemana saja dan ada pogah konyol. Personaliti Kang-Hwa condong pemalas dan sangat tidak peduliaan dibandingkan Keun-Sang yang hangat, receh, dan juga memiliki tingkat kepercayaan diri super tinggi.

Tokoh Keun-Sang bisa dikatakan “nyawa hiburan” dalam drama korea ini, tanpa tokoh ini bisa-bisa cerita akan menjenuhkan karena terlalu dipenuhi cerita sedih. Keun-Sang tidak sendirian, ada istrinya (yang sekaligus sahabat Yu-Ri), Ko Hyun-Jung (diperankan Shin Dong-Mi) yang juga menceriakan suasana karena selalu bertengkar dengan Keun-Sang.

Pada akhirnya, drama korea Hi Bye, Mama! adalah paket komplit, yang dimana setiap episodenya bakal ada cerita-cerita menyesakkan dada sembari di tengah-tengahnya kita bisa dibuat terpingkal-pingkal.

Trivia

Seo Woo-Jin memerankan tokoh Ho Seo-Woo dalam Hi Bye, Mama! (2020)

Ada hal mengejutkan muncul ketika drakor ini mengudara, yaitu fakta bahwa tokoh Seo-Woo, anak perempuan tokoh Yu-Ri ini diperankan oleh aktor anak laki-laki bernama Seo Woo-Jin.

Lantas kenapa Woo-Jin dipilih? Hal ini dikarenakan paras Woo-Jin sangat mirip dengan masa kanak-kanak Kim Tae-Hee, yang berperan sebagai ibu kandungnya!

Drakor ini mulai tayang tanggal 22 Februari 2020 dan direncanakan berakhir pada 12 April 2020 sebanyak 16 episode. Saat ini tengah mengudara di channel tvN dan platform Netflix setiap hari sabtu dan minggu.

Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

Leave a Reply

%d bloggers like this: