Review Drama Korea Hospital Playlist (2020)

Cover_Review Drama Korea Hospital Playlist_kukuhgiaji

Drama Korea Hospital Playlist (2020) mengisahkan tentang persahabatan lima orang dokter yang berteman dekat sejak kuliah hingga menjadi dokter spesialis handal dan bekerja di rumah sakit yang sama. Alkisah, kelima dokter tersebut memiliki sifat dan karisma yang berbeda-beda.

Pertama, dokter Lee Ik-Joon (Cho Jung-Suk) merupakan dokter ahli hepato biliet pankreas ‘saluran pencernaan’ yang dikenal mahir dalam bidang akademis dan sosial. Ik-Joon adalah seorang ayah tunggal dengan anak laki-laki menggemaskan bernama Lee Woo-Joo ‘U-Ju’ (Kim Jun).

Sementara, dokter Ahn Jeong-Won (Yoo Yeon-Seok) merupakan ahli bedah pediatrik ‘spesialis anak’ yang sangat teliti, sabar, lembut, dan dermawan. Bahkan, Jeong-Won pun sangat agamis dan bercita-cita menjadi pastur.

Selanjutnya, dokter Kim Jun-Wan (Jung Kyung-Ho) merupakan dokter ahli kardiotoraks ‘spesialis bedah’ yang terkenal kritis dan galak, tetapi diam-diam memiliki sifat lemah lembut dan sangat peduli dengan orang-orang di sekitarnya.

Poster Drama Korea Hospital Playlist_kukuhgiaji
Dari kiri: Ahn Jeong-Won (Yoo Yeon-Seok), Kim Jun-Wan (Jung Kyung-Ho), Lee Ik-Joon (Cho Jung-Suk), Yang Seok-Hyeong (Kim Dae-Myung), dan Chae Song-Hwa (Jeong Mi-Do).

Lalu, Yang Seok-Hyeong (Kim Dae-Myung) merupakan dokter ahli kebidanan dan ginekologi yang dekat dengan ibunya. Seok-Hyeong terkenal sebagai sosok pendiam yang tidak suka melakukan kegiatan sosial atau beramah tamah dengan orang lain.

Terakhir, Chae Song-Hwa (Jeong Mi-Do) merupakan ahli bedah saraf yang sering kali menjadi tempat curhat bagi para sahabatnya. Song-Hwa dikenal ramah dan jenius karena mampu menyelesaikan apapun tepat waktu, bahkan sembari menjalankan hobi berkemahnya.

Tak seperti drama-drama medis lainnya yang dipenuhi konspirasi dan konflik antar para dokter dan pemilik rumah sakit, drama Korea Hospital Playlist menceritakan segenap perjuangan para dokter yang saling bahu membahu untuk menyelamatkan pasiennya dan juga kisah tentang dunia di luar pekerjaan mereka.

Hospital Playlist dan Kumpulan Kisah Mengenai Profesi Dokter

Hospital Playlist merupakan drama medis yang berusaha untuk menyuguhkan sebuah dunia utopis dimana semua dokter di rumah sakit Yulje tidak memiliki masalah apapun, baik dengan pekerjaannya, rekan sejawatnya, dan keadaan ekonominya.

Oleh karena itu, tak pernah ada misalnya adegan-adegan seperti perbuatan sewenang-wenang yang ekstrim dilakukan oleh dokter senior terhadap para dokter magang.

Hal ini terlihat jelas dari sosok dokter Jeong-Won yang ternyata diketahui adalah anak bungsu dari pemilik rumah sakit Yuljae dan satu-satunya yang menekuni pekerjaan di bidang kedokteran.

Review Drama Korea Hospital Playlist_Yoo Yeon-Seok sebagai Ahn jeong-Won_kukuhgiaji
Yoo Yeon-Seok sebagai Ahn jeong-Won dalam drama Korea Hospital Playlist (2020)

Karena itu, ibunya, Jeong Ro-Sa (Kim Hae-Sook) berharap banyak kepada putranya tersebut. Akan tetapi, Jeong-Won malah ingin menjadi pemuka agama alias pastur untuk mengikuti jejak keempat kakaknya. Selain itu, Yeon-Seok pun diketahui juga diam-diam gemar menyumbangkan seluruh penghasilannya guna membantu para pasien yang membutuhkan.

Bahkan, Yeon-Seok sampai mengajak keempat sahabatnya untuk bekerja di rumah sakit Yulje agar mereka bisa mengelola fasilitas VIP bersama dan nantinya keuntungan dari fasilitas tersebut diputar kembali untuk keperluan darurat rumah sakit.

Meskipun demikian, bukan berarti Hospital Playlist sama sekali tidak memiliki konflik. Melalui kelima tokohnya, kita (baca: penonton) dapat turut merasakan betapa kompleksnya kehidupan seorang dokter untuk mencoba menyeimbangkan hidupnya.

Sesederhana dari sosok Song-Hwa yang ada kalanya harus meredam keinginannya untuk berkemah karena acap kali mendapatkan panggilan darurat. Atau seperti ketika kelima sahabat ini hendak makan bersama, tetapi ada kalanya satu atau dua di antara mereka terpaksa membatalkan rencana tersebut karena kondisi pasiennya mendadak kritis.

Review Drama Korea Hospital Playlist_Jeong Mi-Do sebagai Chae Song-Hwa_kukuhgiaji
Jeong Mi-Do sebagai Chae Song-Hwa dalam Hospital Playlist (2020)

Adegan-adegan yang terkesan remeh temeh itu bisa memberikan gambaran bagi kita tentang betapa ruwetnya dan tak terprediksinya kehidupan seorang dokter. Dan tak kalah menariknya, setiap adegan-adegan kecil itu pun lazimnya disajikan secara sederhana tanpa perlu seolah-olah sang dokter sampai tergesa-gesa dikejar waktu dan kematian untuk menuju rumah sakit.

Tidak hanya itu saja, isu-isu sosial juga tak luput dibahas dalam drama Korea Hospital Playlist. Misalnya, lewat sosok Seok-Hyeong yang meski ditampilkan dingin dan tanpa ekpresi, ia adalah seorang dokter yang logis dan rasional. Apalagi, bidangnya pun berurusan dengan tubuh dan hidup perempuan yang sering mendapat banyak prasangka negatif.

Review Drama Korea Hospital Playlist_Kim Dae-Myung sebagai Yang Seok-Hyeong_kukuhgiaji
Kim Dae-Myung sebagai Yang Seok-Hyeong dalam drama Korea Hospital Playlist (2020)

Dalam sebuah adegan mengharukan, salah satu pasien Seok-Hyeong yang sedang hamil muda merasa ketakutan karena pernah mengalami keguguran dan merasa itu semua adalah kesalahannya. Seok-Hyeong kemudian dengan nada tenang menyampaikan bahwa keguguran dapat terjadi pada semua perempuan dan itu bukan salah siapapun.

Tentu saja, Hospital Playlist tak selalu berfokus pada kelima tokoh utama tadi, melainkan juga kehidupan para dokter-dokter muda lainnya. Seperti Do Jae-Hak yang merupakan asisten dokter Jun-Wan tersebut sering bergulat dengan pekerjaan dan keluarganya.

Atau, Ahn Chi-Yong (Kim Joon-Han) yang merupakan salah satu dokter junior Song-Hwa ternyata memiliki masa lalu yang pahit. Dan kelima tokoh utama Hospital Playlist yang nantinya mengambil peran penting untuk membantu mereka.

Tidak ketinggalan, drama Korea Hospital Playlist juga mempunyai plot cerita cinta antara Jeong-Won dengan Jang Gyeo-Wool (Shin Hyun-Bin) yang sampai-sampai dikenal sebagai pasangan ‘Winter Garden’ di kalangan penggemarnya. Termasuk di antaranya ada juga kisah Song-Hwa dengan Chi-Young, Seok-Hyeok dengan Chu Min-Ha (Ahn Eun-Jin) hingga jalinan cinta rahasia Jun-Wan dengan Lee Ik-Soon (Kwak Sun-Young) yang notabane adalah adik Ik-Joon.

Review Drama Korea Hospital Playlist_Couple Winter Garden_kukuhgiaji
Kiri ke Kanan: Ahn Jeong-Won (Yoo Yeon-Seok) dan Jang Gyeo-Wool (Shin Hyun-Bin) sebagai Winter Garden dalam Hospital Playlist (2020)

Ada pula selingan cerita yang mengisahkan kocaknya persahabatan antara Ro-Sa dengan Ju Jong-Su (Kim Kap-Soo). Terlepas dari itu, ada beberapa faktor utama yang sebenarnya membuat Hospital Playlist dapat begitu dicintai dan dinantikan oleh banyak penontonnya.

Pertama, hubungan ayah-anak antara Ik-Joon dan U-Ju. Ini karena U-Ju adalah sosok anak kecil yang hanya hidup dengan ayahnya, sedangkan ibunya lebih memilih hidup berpetualang dan amat jarang menemuinya. Walau begitu, kehidupan U-Ju tak pernah sekali pun diceritakan sedih atau suram malah dipenuhi dengan kehangatan dari ayahnya.

Review Drama Korea Hospital Playlist_Lee Ik-Joon (Cho Jung-Suk) dan U-Ju (Kim Jun)_kukuhgiaji
Aktor anak pendatang baru Kim Jun sebagai U-Ju

Kedua, hampir di setiap akhir episode Hospital Playlist, para kelima tokoh utamanya akan selalu bermain musik bersama-sama sebagai grup band. inilah yang makin membuat drama Korea Hospital Playlist menjadi unik, istimewa, dan sangat dinantikan setiap episode terbarunya.

Review Dram Korea Hospital Playlist_Band_kukuhgiaji
Poster Drama Korea Hospital Playlist (2020)

Drama ini digarap oleh sutradara Shin Won-Ho dan penulis Lee Wong-Jung yang sudah terkenal lewat seri drama Reply 1997 (2012), Reply 1994 (2013), Reply 1988 (2015-2016), dan Prison Playbook (2017-2018).

Lewat tangan dingin mereka berdua, Hospital Playlist menjadi salah satu drama terbaik tvN dengan meraih rating tertinggi mencapai 14% pada episode terakhirnya.

Drama Korea Hospital Playlist merupakan drama besutan stasiun televisi kabel tvN yang juga disiarkan secara resmi melalui platform Netflix pada setiap hari Kamis pukul 21:00 WIB. Drama ini telah mengakhiri masa tayangnya dengan total sebanyak 12 episode sepanjang bulan Maret sampai Mei 2020.

Hospital Playlist dikabarkan memiliki total tiga musim dengan musim keduanya dijadwalkan rilis pada tahun 2021. Sedangkan aktor Ahn Chi-Young yang berperan sebagai dokter Kim Joon-Han dikonfirmasi tidak ikut bergabung dalam musim kedua drama ini.

Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

Leave a Reply

%d bloggers like this: