Press "Enter" to skip to content

Review Drama Korea Mouse (2021)

Dipenuhi nuansa tegang dan mencekam, drama Korea Mouse (2021) mengisahkan perjuangan Jung Ba Reum (Lee Seung Gi) dan Ko Moo Chi (Lee Hee Jun) dalam menemukan pembunuh berantai sadis yang menggegerkan masyarakat Korea.

Tokoh utamanya, Ba Reum, merupakan polisi junior muda yang baik hati, ramah, lemah lembut, dan pernah dikenal sebagai pahlawan masyarakat. Kendati demikian, Ba Reum di satu sisi juga orang yang sangat ringkih karena tidak mampu untuk menghadapi situasi menyeramkan di hadapannya. Bertolak belakang, Ko Moo Chi, merupakan detektif senior yang sangat angkuh, egois, dan sering kali bertindak kelewat batas demi menangkap penjahat incarannya. Tanpa sengaja, nasib tragis mempertemukan mereka berdua untuk meringkus pembunuh berantai.

Review-drama-Korea-Mouse_Jung-Ba-Reum-Lee-Seung-Gi-dan-Ko-Moo-Chi-Lee-Hee-Jun
Dari Kiri ke Kanan: Jung Ba Reum (Lee Seung Gi) dan Ko Moo Chi (Lee Hee Jun)

Sayangnya, usaha Ba Reum dan Ko Moo Chi tidak selalu berjalan mulus karena mereka menemui banyak hambatan, khususnya saat menginvestigasi dan menganalisis motif pembunuhan dan kesamaan para korbannya. Jalan cerita pun semakin berkembang dan menarik tatkala sesosok dokter genius bernama Sung Yo Han (Kwon Hwa Woon) ternyata adalah anak dari pembunuh berantai keji berinisial Head Hunter.

Di tangan writer nim Choi Ran, yang juga sebelumnya menggarap naskah Black (OCN/2017) dan God’s Gift: 14 Days (SBS/2014), drama Korea Mouse menyajikan alur cerita yang tidak mudah ditebak, penuh misteri dan konspirasi, serta dipenuhi adegan brutal mengerikan.

Awal Mula: Penemuan Gen Psikopat dan Sosok Anak Kecil Misterius

Ide besar dalam Mouse terletak pada penemuan profesor Daniel Lee (Jo Jae Yun) yang dapat mengidentifikasikan gen psikopat pada manusia dengan tingkat akurasi 99%. Sayangnya, penemuan tersebut memiliki kelemahan besar di mana gen psikopat dan gen genius punya kemiripan identik satu sama lain.

Oleh karena itu, ketika sebuah jabang bayi ditemukan memiliki gen psikopat, belum tentu ia akan terlahir menjadi seorang pembunuh, karena kemungkinan 1% gen itu bisa jadi adalah gen genius.

Persoalan temuan gen psikopat oleh profesor Daniel menjadi penting lantaran berkaitan erat dengan bocah laki-laki misterius yang seolah-olah adalah sosok kecil si dalang pembunuhan berantai yang sedang berlangsung di Korea pada masa kini.

Kim Kang Hoon sebagai Bocah Misterius

Tentu saja, identitas bocah itu dirahasiakan dalam drama sehingga penonton dipaksa untuk menebak-nebak: “siapakah bocah itu sebenarnya?” Yang kini sudah tumbuh menjadi pria dewasa. Inilah letak keseruan drama Korea Mouse. Sepanjang cerita berjalan, ada dua tokoh yang kemudian diduga sebagai bocah misterius itu, yakni Ba Reum dan Yo Han. Hal ini bukan tanpa alasan.

Misalnya, sebagaimana kita ketahui bersama, psikopat dalam drama Korea acapkali direpresentasikan sebagai sosok yang  santun, dermawan, dan murah hatinya.  Sama halnya dengan sifat dari tokoh Ba Reum yang supel dan mudah bersahabat. Bisa jadi, Ba Reum adalah pembunuh berdarah dingin yang lihai mengelabui orang-orang di sekitarnya.

Review drama Korea Mouse_Sung Yo Han (Kwon Hwa-Woon)
Sung Yo Han (Kwon Hwa-Woon)

Akan tetapi, tokoh Yo Han di sisi lain turut mencurigakan sebab ia condong ditampilkan sebagai sosok yang dingin, acuh, dan anti sosial. Apalagi, Yo Han mempunyai ruang rahasia yang menyimpan foto-foto para korban si pembunuh berantai. Ditambah, Yo Han juga ditenggarai adalah anak kandung Head Hunter. Tidak hanya itu, Yo Han pun menjadi orang terakhir yang bersama nenek Bong-Yi yang notabanenya merupakan salah satu korban si pembunuh berantai misterius. Dengan demikian, terasa lebih masuk akal kalau Yo Han adalah tersangka yang diburu kepolisian dan Ko Moo Chi.

Namun, kesimpulan tadi tampak kelewat sederhana. Pasalnya, profesor Daniel sendiri pada episode pertama drama Korea Mouse diceritakan menganalisis janin pada dua orang perempuan. Pertama, istri Head Hunter, Sung Ji Eun (Kim Jung Nan) dan kedua, adalah istri dari teman Daniel. Menariknya, kedua janin ternyata positif memiliki gen psikopat dan/atau gen genius. Kedua janin tersebut pun berakhir dipertahankan oleh sang ibu.

Tidak cukup sampai di situ, seiring jalan cerita semakin berkembang, kita pun mengetahui bahwa profesor Daniel turut menganalisis gen dari dua janin misterius lain. Dengan begitu, sekarang kita memiliki total empat calon tersangka pembunuhan berantai.

Melihat keruwetan alur cerita tersebut dan banyaknya rahasia yang belum terbongkar, Mouse dengan cepat menjadi salah satu drama paling dinantikan setiap minggunya karena sulit sekali untuk menebak plotnya.

Dipenuhi Kasus Pendukung yang Menegangkan

Review drama Korea Mouse_ Ba Reum dan Oh Bong Yi (Park Ju Hyun)
Dari kiri ke kanan: Ba Reum dan Oh Bong Yi (Park Ju Hyun)

Terlepas dari cerita pembunuhan berantai tadi, drama Korea Mouse juga menyajikan kasus pendukung yang tidak kalah seru dan beberapa di antaranya terlibat langsung dengan sosok Head Hunter.

Namun terlebih dahulu siapakah head hunter?

Alkisah, Head Hunter merupakan pembunuh berantai terjahat yang pernah terekam dalam sejarah kejahatan di Korea. Sesuai namanya, Head Hunter memburu kepala para korbannya dengan menjadikannya sebagai trofi. Nantinya, setiap korban selalu ditemukan dalam keadaan kepala terpenggal dan ditato nomor misterius di bagian tubuh mereka.

Cerita tentang Head Hunter disajikan secara detail dan mendalam pada episode pertama Mouse sampai-sampai diberi rating penonton 19+ guna menampilkan karakter psikopat terkeji dan paling buruk yang pernah ada.

Tidak hanya berkaitan dengan sosok pembunuh misterius yang melibatkan Ba Reum dan Yo Han. Head Hunter secara tidak langsung turut terlibat dengan kasus baru yaitu pembunuh berantai tali simpul yang juga sedang diselidiki oleh Koo Mochi dkk.

Mengejutkannya, salah satu korban Head Hunter yang tak lain tak bukan adalah anak perempuan detektif Park Du Seok (Ahn Nae Sang), pada kenyataannya tidak dibunuh oleh Head Hunter. Sebelumnya, Park Du Seok adalah detektif yang menangani serta membongkar kasus Head Hunter.

Hal ini lantas mengarah pada misteri lainnya di mana tidak hanya berkutat pada siapa pembunuh sebenarnya anak detektif Park Du Seok, tetapi juga kebenaran kasus Head Hunter itu sendiri. Kelokan plot ini begitu luar biasa hebatnya memengaruhi keseluruhan cerita Mouse karena Head Hunter diduga mempunyai partner.

Selain itu, ada juga kasus lain yang melibatkan love interest Ba Reum, yakni Oh Bong Yi (Park Ju Hyun). Masa lalu Bong Yi yang kompleks dan penuh tragedi semakin menambah suasana tegang saat menikmati drama Korea Mouse.

Akan tetapi, hubungan Ba Reum dan Bong Yi tidak selalu ditampilkan mencekam malah sering kali dipenuhi adegan humoris yang mengundang gelak tawa. Inilah yang kemudian membuat Mouse menjadi salah satu drama terunik dan menonjol dibandingkan drama bergenre serupa yang tayang di tahun 2021.

Drama Korea Mouse merupakan drama besutan stasiun televisi tvN yang juga disiarkan secara resmi melalui platform VIU pada setiap hari Kamis dan Jumat, dengan total sebanyak 20 episode. Mouse dijadwalkan tayang sepanjang tanggal 3 Maret hingga 12 Mei 2021.

sumber foto: hancinema.net

3 Comments

  1. pendukung film bagus pendukung film bagus April 30, 2021

    plot twist nya ngeselin sumpa

  2. Sica Harum Sica Harum June 12, 2021

    memutuskan nonton Mouse secara marathon, tapi agak gamang setelah transpalansi otak. .. coba ngikutin karepe penulis dulu lah. 😀

    • Giaji Giaji Post author | June 12, 2021

      aku gak lanjut nonton setelah episode 15. Berasa bertele2, dan transplantasi otak itu juga menganggu banget.

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.
%d bloggers like this: