Press "Enter" to skip to content

Review Drama Korea Move To Heaven (2021)

Terinspirasi dari esai non fiksi berjudul “Ddeonan Hooe Namgyeojin Geotdeul” karya Kim Shae Byeol, drama Korea Move To Heaven (2021) mengisahkan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan layanan pembersihan rumah orang meninggal.

Perusahaan tersebut bernama Move To Heaven dan dikelola oleh ayah-anak, Han Jeong U (Ji Jin Hee) dan Han Geu Ru (Tang Joon Sang). Mereka tidak hanya sekadar membersihkan rumah, tetapi juga mengumpulkan barang dan harta benda yang ditinggalkan Almarhum untuk diberikan kembali kepada keluarga yang berduka.

Drama Korea Move to Heaven_Jeong U (Ji Jin Hee) dan Han Geu Ru (Tang Joon Sang)
Kiri ke Kanan: Han Geu Ru (Tang Joon Sang) dan Jeong U (Ji Jin Hee)

Uniknya, lewat barang-barang itu, Jeong U dan Geu Ru dapat membayangkan saat-saat terakhir Almarhum dan seperti apa kehidupan yang mendiang jalani sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, mereka turut menceritakan ulang kenangan Almarhum kepada orang terkasih yang ditinggalkan agar kenangannya dapat terus hidup.

Move To Heaven merupakan drama yang banyak menceritakan tentang manis, pahit, dan getir kehidupan manusia, serta sekaligus bentuk penghormatan kepada mereka yang akhirnya meninggalkan dunia untuk selama-lamanya.

Diselimuti Isu Sosial : Dari Disabilitas Hingga Orientasi Seksual

Tokoh utama dalam drama Korea Move To Heaven adalah Geu Ru, laki-laki berumur 20 tahun dan menyandang sindrom asperger, yaitu disabilitas seumur hidup yang membuatnya mengalami kekurangan dalam interaksi sosial dan komunikasi, seperti pola intonasi terbatas, terlalu cepat berbicara, dan volume suara kurang modulasi.

Kendati demikian, Geu Ru tidak mengalami keterhambatan dalam berbahasa dan berbicara, termasuk juga dari segi perkembangan kognitif dan inteligensi. Dalam drama, Geu Ru ditampilkan sebagai sosok anak muda yang selalu punya rasa ingin tahu begitu besar, memiliki kecerdasan di atas rata-rata, berkomitmen tinggi dan bertanggung jawab atas pekerjaannya, serta terobsesi pada berbagai jenis hewan air khususnya ikan pari.

Sehari-hari, Geu Ru bersama sang ayah menjalankan bisnis Move To Heaven. Membantu mereka yang tiada agar dapat pergi dengan layak. Jeong U dan Geu Ru menyebut profesi mereka sebagai ‘Pembersih Trauma’. Namun  naas, Geu Ru kehilangan sang ayah akibat serangan jantung.

Kehidupan Geu Ru pun kian berubah tatkala Cho Sang Gu (Lee Je Hoon), residivis yang sekaligus adik tiri ayahnya itu diminta untuk menjadi wakil bagi dirinya selama tiga bulan. Bertolak belakang dengan Geu Ru, Sang Gu adalah sosok yang kasar, jorok, dan pemalas. Bahkan, Sang Gu berencana untuk merebut rumah dan bisnis milik mendiang kakaknya.

Drama Korea Move To Heaven_Geu Ru (Tang Joon Sang) dan Sang Gu (Lee Je Hoon)
Kiri ke Kanan: Sang Gu (Lee Je Hoon) dan Geu Ru

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, Sang Gu perlahan mulai memahami dunia Geu Ru dan juga makna dibalik profesi Pembersih Trauma. Dalam hal ini, baik Sang Gu dan Geu Ru sama-sama belajar dari berbagai cerita kehidupan yang mereka dapatkan ketika membersihkan kamar orang meninggal. Alkisah, para Almarhum dalam drama Korea Move To Heaven memiliki trajektori hidup masing-masing dan terselip di dalamnya ragam isu sosial.

Misalnya, pada episode pertama, Geu Ru membersihkan kamar indekos yang dihuni oleh Kim Seon U, seorang laki-laki muda yang meninggal akibat kecelakaan kerja. Alih-alih mendapat santunan dan jaminan kecelakaan kerja, Kim Seon U dipaksa untuk terus bekerja dan dilarang untuk mengaku terluka saat bekerja bahkan sampai mendapat ancaman pemecatan. Kasus kecelakaan kerja semacam ini sangat lazim dijumpai di sudut-sudut perkotaan, yang mana para buruh terutama pekerja kontrak sering kali dibayar murah dan tidak mendapatkan manfaat jaminan kecelakaan dari perusahaan.

Begitu pula pada episode lima di mana isu homoseksual menjadi topik utamanya. Melalui sudut pandang Geu Ru, hubungan antara dua orang laki-laki ternyata sama sekali tidaklah masalah bahkan Geu Ru sampai tidak memahami alasan orang tua Almarhum menentang hubungan percintaan putranya tersebut. Terkait hal ini, Sang Gu menjawab bahwa orang tua Almarhum merasa malu karena kisah percintaan anaknya berbeda dibandingkan kebanyakan orang.

Berbeda pandangan, Geu Ru menyampaikan, “seharunya malu tak bisa mencintai. Mencintai seseorang tak memalukan”. Sikap defensif Geu Ru ini didorong oleh pengalaman yang sama antara dirinya sebagai penyandang asperger dengan tokoh Jong Song Hyun dan Ian Park sebagai homoseksual. Karena pada hakikatnya, berbeda bukanlah berarti sebuah kesalahan.

Selain dua isu di atas, drama Korea Move To Heaven juga mengadirkan isu sosial lain seperti kekerasan dan perisakan, kasus ancaman dan penguntitan, bunuh diri, hingga polemik adopsi bayi yang dikirim ke luar negeri. Memang drama Korea Move To Heaven dipenuhi berbagai macam kisah menyedihkan seperti itu dan tak jarang membikin penonton menangis tak karuan karena menyaksikan betapa pilunya hidup sang Almarhum.

Drama Korea Move To Heaven Yoon Na Mu (Hong Seung Hee)
Tokoh Pendukung: Yoon Na Mu (Hong Seung Hee)

Di sisi lain, drama ini nantinya juga mempunyai kelokan plot mengejutkan mengenai latar belakang hidup kedua tokoh utamanya yakni Geu Ru dan Sang Gu. Mereka sama-sama memiliki trauma dan menyimpan rahasia pelik. Meskipun begitu, Move To Heaven tidak selalu menyajikan kisah pilu tapi banyak juga diselingi adegan canda dan tawa, khususnya berkat tokoh Yoon Na Mu (Hong Seung Hee), sahabat Geu Ru dan sekaligus musuh bebuyutan Sang Gu. Trio ini akan mengajak penonton untuk tertawa dan kemudian menangis segugukan.

Move To Heaven ditulis oleh Yoon Ji Ryeon yang sebelumnya menggarap drama populer seperti Boys Over Flowers (KBS2/2009) dan Angels Eyes (SBS/2014). Drama Korea Move To Heaven merupakan drama orisinil besutan Netflix dengan total sebanyak 10 episode dan sudah disiarkan sejak 14 Mei 2020. Sejauh ini belum ada informasi resmi mengenai musim kedua Move To Heaven.

One Comment

  1. peralatanbakery peralatanbakery May 24, 2021

    setiap episode, aku nangis terussss 🙁 tapi bagus banget ini drama banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik :’)

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.
%d bloggers like this: