Review Drama Korea My Unfamiliar Family (2020)

Review Drama Korea My Unfamiliar Family (2020)_kukuhgiaji

Sesuai judulnya, drama Korea My Unfamiliar Family (2020) mengisahkan tentang sebuah keluarga yang dipenuhi konflik dan prasangka antar satu sama lain. Tokoh utamanya, Kim Sang-Sik (Jung Jin-Young) merupakan sosok suami dan ayah yang berwatak keras kepala. Sementara sang istri, Lee Jin-Sook (Won Mi-Kyung) cenderung sebagai sosok yang hanya menyimpan segala sesuatu di hatinya.

Pada suatu hari, Jin-Sook memutuskan untuk ‘lulus pernikahan’ dengan Sang-Sik. Dijelaskan bahwa ‘lulus pernikahan’ adalah istilah bagi sepasang suami-istri yang telah menikah lama, tetapi kemudian berpisah tanpa perlu adanya proses perceraian. Namun, dalam sebuah peristiwa mengejutkan, Sang-Sik malah menghilang secara misterius dan ditemukan di rumah sakit dalam keadaan gegar otak.

Tak disangka, Sang-Sik ternyata mengalami hilang ingatan, sedangkan memori terakhirnya terjebak saat ia masih berumur 22 tahun atau lebih tepatnya di tahun 1982 ketika Sang-Sik pertama kali mulai jatuh cinta hingga menikah dengan Jin-Sook. Hal ini membuat perubahan ekstrem dari sikap dan perilaku sehari-hari Sang-Sik yang semula kasar menjadi dipenuhi kehangatan dan cinta.

Review drama Korea My Unfamiliar Family _Jung Jin-Young sebagai Kim Sang-Sik dan Won Mi-Kyung sebagai Lee Jin-Sook_kukuhgiaji.jpg
Dari Kiri: Jung Jin-Young sebagai Kim Sang-Sik, dan Won Mi-Kyung sebagai Lee Jin-Sook dalam My Unfamiliar Family (2020)

Di sisi lain, Jin-Sook merasa kesulitan karena harus mengurus serta hidup bersama lagi dengan Sang-Sik yang dibencinya setengah mati. Rencana ‘lulus pernikahan’-nya pun mendadak ambyar dan Jin-Sook perlahan curiga bahwa hilangnya ingatan Sang-Sik tak lebih dari kebohongan semata.

Dalam dimensi yang berbeda, Kim Eun-Hee (Han Ya-Ri), anak perempuan kedua dari Sang-Sik dan Jin-Sook berusaha untuk merajut kembali hubungan yang telah lama pudar dengan kakak perempuannya, Kim Eun-Joo (Choo Ha-Hyun). Sementara itu, si bungsu, Kim Ji-Woo (Shin Jae-Ha) tanpa sengaja mendapati sebuah rahasia besar yang telah disimpan lama oleh kedua orang tuanya.

Drama Korea My Unfamiliar Family berkutat pada pertarungan antara kebohongan dan kejujuran, yang dimana memberikan dampak terhadap keharmonisan hubungan di dalam keluarga.

My Unfamiliar Family: Mempertanyakan Arti Keluarga

“Apa itu keluarga?”, pertanyaan ini sekiranya adalah premis (inti cerita) dari drama korea My Unfamiliar Family karena masing-masing tokoh utamanya sama sekali tidak mengenal satu sama lain, padahal mereka sudah hidup di dalam satu rumah yang sama selama bertahun-tahun dan bahkan memiliki ikatan darah. Dalam drama ini, keluarga yang biasanya menjadi tempat paling aman dan terdekat malah berubah menjadi tempat paling asing bagi para penghuninya.

Hal ini paling kentara terlihat dari tokoh si sulung, Eun-Joo yang bisa dikatakan adalah sosok yang harus mengalami penderitaan berlapis dalam My Unfamilar Family.

Review Drama Korea My Unfamiliar Family_Choo Ha-Hyun sebagai Kim Eun-Joo_kukuhgiaji.jpg
Choo Ha-Hyun sebagai Kim Eun-Joo dalam drama Korea My Unfamiliar Family (2020)

Pertama, rumah tangganya dengan Yoon Tae-Hyeong (Kim Tae-Hoon) tidak pernah berlandaskan cinta, melainkan upaya keduanya untuk melarikan diri dari keluarga masing-masing. Naasnya, Eun-Joo malah jatuh cinta dengan Tae-Hyong. Bertolak belakang, Tae-Hyong ternyata memiliki rahasia yang begitu pelik dan kelak akan membuat Eun-Joo begitu terpukul sampai merasa hidupnya hancur tak tersisa.

Kedua, Eun-Joo ternyata bukanlah anak kandung dari Sang-Sik karena Jin-Sook hamil di luar nikah dan ayah biologisnya menolak untuk bertanggung jawab. Ini pun belum termasuk dari serangkaian penderitaan Eun-Joo yang ingin memiliki bayi, tetapi mengalami keguguran.

Review Drama Korea My Unfamiliar Family_Han Ya-Ri sebagai Kim Eun-Hee_kukuhgiaji
Han Ya-Ri sebagai Kim Eun-Hee dalam My Unfamiliar Family (2020)

Selanjutnya, Eun-Joo merupakan sosok yang keras hati dan percaya diri, tetapi diam-diam ia sebenarnya merasa tidak pernah percaya diri dalam hal apapun, baik untuk meraih cita-citanya sebagai penulis hingga untuk mencintai sahabatnya sendiri, Park Chan-Hyeok (Kim Ji-Suk). Akan tetapi, Eun-Hee ke depannya menjadi sosok paling sentral dalam drama Korea My Unfamiliar Family karena ia adalah tokoh utama yang berusaha untuk memperbaiki keluarganya.

Terahir, si bungsu, Ji-Woo merupakan sosok paling misterius dalam drama ini dan sering kali digambarkan sebagai anak yang humble dan tidak pernah terlibat masalah apapun. Sayangnya, Ji-Woo serupa ibunya, hanya berani untuk menyimpan segala unek-unek di dalam hati saja tanpa pernah mengeluarkannya.

Review Drama Korea My Unfamiliar Family_Shin Jae-Ha sebagai Kim Ji-Woo _kukuhgiaji
Shin Jae-Ha sebagai Kim Ji-Woo dalam drama Korea My Unfamiliar Family (2020)

Melalui Ji-Woo, barangkali kita bisa memahami bagaimana rasa kesepian yang begitu mendalam dapat mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Drama Korea My Unfamiliar Family kemudian mengajarkan dan sekaligus mengingatkan kita bahwa tak ada satupun kebohongan yang dapat tersimpan selamanya karena pada akhirnya suatu saat bakal terungkap juga dan hasilnya bisa lebih menyakitkan hati orang yang paling kita cintai.

Adapun yang menjadikan drama ini sangat unik adalah penggambaran ketika para tokoh utama mulai mengetahui rahasia-rahasia yang selama ini disimpan oleh anggota keluarganya. Alih-alih disajikan secara dramatis dan mengharu biru, My Unfamiliar Family malah bergulat dengan dialog-dialog cerdas dan rasional yang mungkin saja bisa sangat relate dengan kita yang pernah mengalaminya. Dan tentu saja, ada kalanya adegan turut dipenuhi dengan kesedihan luar bisa disertai derai air mata, namun sekali lagi porsinya pun terbilang sangat masuk akal dan terasa tak berlebihan.

Misalnya, dalam adegan saat Jin-Sook mengajak Eun-Joo untuk menelusuri masa lalunya sebagai seorang perempuan muda di tahun 1980-an yang hamil di luar nikah. Eun-Joo yang tadinya sangat membenci ibunya lambat laun turut memahami bagaimana sulitnya dan menakutkannya menjadi perempuan pada zaman dimana budaya partriarki masih sangat kental dengan menganggap bahwa perempuan harus selalu dalam keadaan “suci” dan “tak berdosa” sebelum menikah.

Review Drama Korea My Unfamiliar Family_Choo Ha-Hyun dan Won Mi-Kyung_kukuhgiaji
Kim Eun-Joo (Choo Ha-Hyun) dan Lee Jin-Sook (Won Mi-Kyung)

Berlawanan dengan itu, Jin-Sook malah memutuskan untuk tetap mempertahankan bayinya sehingga membuatnya diusir dari rumah dan tak lagi dianggap sebagai anak oleh kedua orang tuanya. Tentu saja, Eun-Joo pun tidak serta merta langsung memafkan ibunya.

Proses penerimaan dan memaafkan dalam drama Korea My Unfamiliar Family kemudian selalu hadir lewat dialog-dialog dan adegan-adegan yang sederhana, lugas, serta logis.

Hal tersebut yang membuat drama ini tidak hanya sekadar unik, tetapi juga sangat sensitif dalam menyajikan serangkaian cerita dengan topik yang sering kali salah kaprah dipahami dalam banyak drama Korea. Termasuk di dalamnya ada persoalan tentang kesehatan mental (depresi), gender, pemerkosaan, perisakan daring, hingga homoseksualitas.

Drama Korea My Unfamilar Family merupakan salah satu drama yang saya temukan tidak terlalu populer dan jarang dibicarakan oleh banyak orang, padahal memuat aneka ragam isu sosial dengan kompleksitas yang berbeda-beda. Bagi saya, Unfamiliar Family merupakan tontonan wajib dan salah satu drama terbaik di tahun 2020.

Drama Korea My Unfamilar Family merupakan drama besutan stasiun televisi kabel tvN yang juga disiarkan secara resmi melalui platform VIU pada setiap hari Senin dan Selasa pukul 21:00 WIB. Drama ini telah mengakhiri masa tayangnya dengan total sebanyak 16 episode sepanjang bulan Juni sampai Juli 2020.

Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

Leave a Reply

%d bloggers like this: