Review Drama Korea Oh My Baby (2020)

Review Drama Korea Oh My Baby (2020)_kukuhgiaji

Drama korea Oh My Baby (2020) mengisahkan kehidupan wanita jomblo bernama Jang Ha-Ri (diperankan Jang Na-Ra) yang ingin memiliki buah hati. Namun keinginannya itu terkendala karena ia tidak mempunyai suami apalagi kekasih.

Ha-Ri kemudian memutuskan untuk hamil dengan cara apapun bahkan kalau perlu tanpa menikah. Ia lalu bertemu dengan tiga orang pria yang mungkin saja bisa menjadi calon donor agar ia bisa mengandung. Namun, apakah mimpi Ha-Ri menjadi seorang ibu akan terwujud?

Menggantikan Memorist (2020), drama terbaru tvN ini baru saja tayang mulai 13 Mei 2020.

Storyline dan Karakter

Jang Ha-Ri (Jang Na-Ra) dalam Oh My Baby (2020)
Jang Ha-Ri (Jang Na-Ra) dalam Oh My Baby (2020)

Drama korea Oh My Baby (2020) memusatkan perhatian pada tokoh Ha-Ri, seorang wanita berumur 39 tahun, jomblo, dan workaholic. Ia bekerja sebagai wakil manajer untuk majalah khusus parenting, dan walau terlihat hidupnya serba mudah dan nyaman, Ha-Ri ternyata memiliki mimpi untuk menjadi seorang ibu.

Sayangnya, kehidupan percintaan Ha-Ri selalu gagal karena ia adalah sosok yang tidak peka tapi juga mudah jatuh cinta. Ruwetnya hati Ha-Ri membuat banyak pria enggan untuk dekat dengannya.

Pada akhirnya, Ha-Ri pun menyerah untuk menikah tapi ia semakin berharap untuk memiliki buah hati. Sampai suatu hari, kabar tak menyenangkan malah datang.

Ha-Ri menderita endometriosis yang membuatnya sulit untuk mengandung dan jika dilakukan operasi, probabilitasnya untuk memiliki anak akan semakin mengecil setiap tahunnya. Tidak terima, Ha-Ri kemudian memutukan untuk memiliki anak bahkan tanpa pasangan ataupun menikah.

Namun perjalanan Ha-Ri mendapatkan calon donor tidak semudah yang dibayangka hingga perlahan ia mulai memperhatikan pria-pria di sekelilingnya, termasuk Han Yi-Sang (diperankan Go Joon), Yoon Jae-Young (diperankan Park Byung Eun), dan Choi Kang Eu Ddeum (diperankan Jung Gun-Joo).

Dari ketiga pria tersebut, siapakah yang akan menjadi calon donor untuk Ha-Ri kelak?

Yang Menarik dalam Oh My Baby (2020)

Ha-Ri dan Han Yi-Sang (Go Joon) dalam Oh My Baby (2020)
Ha-Ri dan Han Yi-Sang (Go Joon) dalam Oh My Baby (2020)

Sejujurnya, tak sulit untuk menebak ke arah mana drama korea Oh My Baby (2020) ini akan berakhir, yaitu Ha-Ri bakal menemukan pasangan hidupnya dan berhasil meraih impiannya untuk menjadi ibu. Bahkan, tak sulit juga menebak sosok pria tersebut. Dari empat episode penonton sudah pasti bisa menebak pria itu tak lain tak bukan adalah Han Yi-Sang.

Lalu apa yang menarik dari drakor ini?

Perjalanan cintanya! Ya, sebagaimana drakor romantis komedi umumnya tentu perjalanan cinta antara Ha-Ri dan Han Yi-Sang lah yang paling ditunggu. Apalagi kedua tokoh ini bertolak belakang satu sama lain. 

Ha-Ri ingin memiliki keluarga sementara Han Yi-Sang menolak mentah-mentah ide itu. Rintangan cinta mereka juga mungkin akan terjadi lewat kehadiran cinta segi empat antara Ha-Ri dengan Yoon Jae-Young dan Choi Kang Eu.

Mungkin memang terdengar klise, tetapi kemasan drakor ini sangat renyah, penuh unsur komedi, dan tak jarang juga mengharu biru. Ini yang membuat penonton bisa betah nonton drama korea Oh My Baby (2020).

Selain itu, para tokoh utamanya (kecuali tokoh Choi Kang Eu Ddeum) pun adalah orang-orang dewasa berumur 40 tahun yang sedang menghadapi krisis hidup terutama percintaan. Kapan lagi bisa menikmati drama korea dengan tokoh utamanya adalah orang dewasa dan ceritanya pun bak macam kisah cinta remaja saja.

Isu: Perempuan, Tubuh, dan Negara

Drakor Oh My Baby (2020)
Cuplikan drama korea Oh My Baby (2020)

Sepanjang menonton drama korea Oh My Baby (2020), saya cukup menyukai karakter Ha-Ri yang kerap mempertanyakan mengapa ia sebagai seorang perempuan tidak dapat mengandung anak tanpa menikah. Tokoh Ha-Ri memproblematiskan soal tubuhnya yang diatur dan dikontrol oleh negara serta masyarakat dalam pandangan etis dan tidak etis.

Ha-Ri merasa berhak memiliki anak tanpa menikah sekalipun karena itu adalah haknya. Ini pun juga diamini oleh tokoh Han Yi-Sang dan Shum Jung-Hwa (diperankan Kim Jae-Hwa) yang sama-sama tidak mempermasalahkan keputusan Ha-Ri.

Namun alih-alih berusaha menggoyahkan pandangan bermasalah itu, sejauh ini Oh My Baby (2020) terasa tidak memberikan solusi atau tafsir lain berupa perlawanan Ha-Ri atas hukum yang kental budaya patriarki dan male gaze tersebut.

Ini pun semakin diperkuat ketika Ha-Ri dihukum oleh atasannya yang notabanenya adalah laki-laki semua. Tokoh Ha-Ri digugat oleh sekelompok laki-laki yang menilai perbuatannya tidak bermoral serta mengancam perusahaan.

Kita melihat betapa besar kekuasaan laki-laki dalam kehidupan sosial ekonomi mampu untuk menindas perempuan.

Tentu saja, saya berharap banyak pada drama korea Oh My Baby (2020) yang setidak-tidaknya bisa merepresentasikan perjuangan perempuan dalam mendapatkan kembali hak atas tubuhnya.

Mungkinkah?

Yoon Jae-Young (Park Byung Eun) dalam Oh My Baby (2020)
Yoon Jae-Young (Park Byung Eun) dalam Oh My Baby (2020)

Selain persoalan perempuan, Oh My Baby (2020) juga turut menghadirkan tokoh Yoon Jae-Young, seorang bapak tunggal yang merawat bayi perempuan. Isu yang hadir lewat tokoh ini adalah persoalan akses publik khususnya nursery room dimana sulit sekali menemukan ruangan tersebut di tempat publik seperti mall.

Pada banyak kasus, ruangan nursery room dalam mall berjumlah sangat sedikit tidak sampai lima ruangan dan hanya bisa ditemukan di dalam atau dekat kamar mandi perempuan. Tentu saja, arsitektur bangunan semacam ini didasarkan pada sudut pandang laki-laki yang menganggap ruangan itu berfungsi untuk perempuan.

Padahal, ayah juga berhak menggunakan ruangan tersebut. Sebagaimana yang terjadi pada Jae-Young yang kesulitan mendapatkan akses nursery room ketika ingin mengganti popok anaknya. Ini menunjukkan bahwa dalam budaya patriarki yang menjadi korban tidak hanya perempuan saja melainkan juga laki-laki.

Namun sayangnya, drama korea Oh My Baby (2020) lagi-lagi tidak berusaha untuk memberikan alternatif lain. Misalnya, menggugat akses publik yang lebih inklusif. Alih-alih tokoh Jae-Young malah sadar dirinya mirip pemulung karena mengganti popok bayinya di jalanan secara serampangan. Jelas, ini adalah sebuah ironi.

Choi Kang Eu Ddeum (Jung Gun-Joo) dalam Oh My Baby (2020)
Choi Kang Eu Ddeum (Jung Gun-Joo) dalam Oh My Baby (2020)

Tentu bisa saja ada perubahan cukup signifikan mengingat drakor ini baru berjalan sebanyak enam episode dari total enam belas episode. Perkembangan hubungan antara Ha-Ri dan Han Yi-Sang pun terbilang cepat. Yang masih menjadi misteri sendiri adalah tokoh Choi Kang Eu Ddeum yang masih sebatas diperkenalkan sebagai staff muda saja.

Saat ini, drama korea Oh My Baby (2020) tengah tayang di stasiun televisi tvN setiap hari Rabu dan Kamis. Di Indonesia, drakor ini juga ditayangkan melalui platform streaming VIU.

Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

Leave a Reply

%d bloggers like this: