Review Drama Korea Possessed (2019)

Drama korea Possessed mengisahkan detektif Kang Pil-Sung (diperankan Song Sae-Byeok) dan cenayang Hong Seo-Jung (diperankan Koh Joon-Hee) yang bekerjasama untuk melawan kekuatan roh jahat Hwang Dae-Doo.

Drakor terbaru dari OCN ini bisa dikatakan underrated karena perolehan rating-nya juga tidak terlalu bagus meskipun tayang juga di Netflix. Possessed sebenarnya memiliki potensi untuk menjadi drama korea yang memiliki cerita menyeramkan, rumit, dan berbeda dari yang lain sayang di pertengahan jalan tampak goyah, tidak berstruktur dan bertele-tele. Ending-nya juga tidak logis dan sangat dipaksakan untuk berkesan “tampil beda”.

Bermodalkan kesabaran saya berhasil menonton drama korea Possessed sampai selesai dan bisa mengatakan bahwa ini adalah drakor terburuk di tahun 2019.

Apa alasannya?

What the Hell?

Hwang Dae Do_Review Drama Korea Possesssed

Barangkali itu adalah ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan muka masam saya sepanjang menonton drakor satu ini. Awalnya cerita terajut dengan baik. Kita diperkenalkan dengan tokoh Kang Pil-Sung, detektif keras kepala tapi diam-diam soft juga. Selanjutnya ada Hong Seo-Jung, cenayang perempuan yang gak jauh beda sifatnya dari Pil-Sung. Sudah pasti dong ke dua tokoh ini adalah main characters-nya. Sementara villain utama adalah Hwang Dae-Do, roh jahat yang dulunya adalah pembunuh berantai.

Sebagaimana cerita-cerita horor supernatural lainnya maka besar harapan drama korea Possessed bisa menghadirkan cerita yang mengerikan dan juga tidak tertebak. Sayangnya saking “tidak tertebaknya” sampai bikin yang nonton bisa sakit hati.

Digambarkan, Pil-Sung dan Seo-Jung yang tadinya berniat mengalahkan Hwang Dae-Do itu malah memutuskan untuk melarikan diri karena takut dengan kekuatan mengerikan roh iblis itu. Bangsatnya lagi, Pil-Sung jadi ciut nyalinya dan bahkan membiarkan rekan-rekan polisinya tewas begitu saja.

BACA JUGA  Rekomendasi Drama Korea 2018 Terbaik (Bagian 1)

Like WHAT?

Sempet-sempetnya pula mereka “bulan madu” di pulau tersembunyi. HADEEEEH

Bukan berarti saya mengharapkan sebuah tayangan horor dengan happy ending. Saya bisa dibilang veteran untuk genre thriller-mystery. Saya melihat Possessed memiliki potensi seperti Voice yang bisa menghasilkan ketegangan luar biasa dengan rajutan cerita sederhana. Tapi drakor ini malah memusatkan cerita di dua tokoh utamanya yang bloon minta ampun.

Sementara, karakter-karakter lainnya literally cuman sekedar pemanis saja, tidak ada signifikansinya sama sekali dalam jalan cerita selain jadi bumbu-bumbu menyedihkan.

Tidak ada kejelasan logis sama sekali dari keputusan-keputusan Pil-Sung dan Seo-Jung. Masa sih dari 16 episode itu mereka sama sekali gak menang barang satu kali pun?

Padahal ketika Hwang Dae-Do merasuki Oh Soo-Hyeok (diperankan Yeon Jeong-Hun) itu adalah arc cerita yang luar biasa. Hwang Dae-Do bahkan sampai menembaki ruang publik, dan membunuh warga sipil terang-terangan di siang hari. Ini potensi yang bisa membuat drakor jadi mencekam.

Seharusnya penulis memutar otak di tengah-tengah kegilaan villain ini bagaimana membuat Pil-Sung dan Seo-Jung setidak-tidaknya bisa menang satu kali saja. Dan juga membuat skala kekejian Hwang Dae-Do lebih luas lagi. Eh malah kedua tokoh ini nyantai woles aja. Udah gitu Hwang Dae-Do udah kayak orang kasmaran cinta buta ngejarnya cuman dua tokoh itu doang.

Hwang Dae-Do sendiri padahal digambarkan sebagai sosok musuh super kuat yang luar biasa dan tidak terkalahkan karena memakan jiwa hantu dan cenayang paling kuat yaitu Geum-Jo (diperankan Gil Hae-Yeon) yang notabenenya adalah ibu Seo-Jung.

Ini udah oke banget padahal, yah tapi terus matinya cuman dibunuh di tengah laut doang sama si Pil-Sung sempet dirasukin dan ia memutuskan untuk melemparkan dirinya ke laut. OH, OKAY.

Meskipun pada akhirnya drama korea Possessed memang musti berakhir tragis dengan Pil-Sung dan Seo-Jung merengang nyawa tapi setidaknya ending-nya yah kudu bittersweet dan saya yakin betul ini niat penulis dan sutrarada.

BACA JUGA  Impresi Awal Drama Korea Hotel del Luna (2019)

Sayangnya, bagi saya itu sama sekali tidak tercapai karena alur cerita yang memiliki banyak plot hole dan membingungkan.

Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: