Review Drama Korea Psychopath Diary (2019)

Cover_Review Drama Korea Psychopath Diary_kukuhgiaji

Drama korea Psychopath Diary (2019) memiliki sebuah premis cerita yang menarik, yaitu bagaimana jika kamu amnesia dan menemukan bahwa dirimu adalah seorang pembunuh berantai?

Itulah inti cerita dari drakor terbaru tvN ini.

Alkisah, Yook Dong-Sik (diperankan Yoon Si-Yoon) berencana untuk bunuh diri karena hidupnya selalu dirundung, baik di tempat kerja maupun keluarganya sendiri. Di malam ia hendak bunuh diri tersebut, Dong-Sik menjadi saksi mata pembunuhan berantai. Apesnya, ketika Dong-Sik melarikan diri dari lokasi kejadian perkara, ia malah ditabrak mobil polisi hingga mengalami amnesia.

Kesialan Dong-Sik ternyata tak berhenti sampai di situ. Ia membaca sebuah buku harian yang kemudian dipercayai sebagai miliknya padahal buku itu milik si pembunuh berantai. Dong-Sik pun kini meyakini bahwa dirinya adalah seorang pembunuh berantai!

Apa yang menarik dari drama ini adalah alih-alih bergenre thriller yang menyeramkan dan menegangkan, Psychopath Diary mengambil rute berbeda dengan menawarkan jalan cerita campuran antara thriller dan komedi.

Berikut ini adalah alasan kenapa kamu harus menonton drakor ini!

Tiga Karakter Utama yang Menggelikan

Ada tiga karakter utama dalam drama korea Psychopath Diary dan masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda-beda dan memiliki tingkah kekonyolannya sendiri.

Pertama tentu saja adalah Yook Dong-Sik. Kalau di episode pertama kita melihatnya sebagai orang yang lemah dan tak berdaya, tetapi setelah menemukan buku diari psikopat, Dong-Sik mengalami transformasi besar-besaran.

tokoh Yook Dong-Sik dalam Psychopath Diary
Tokoh Yook Dong-Sik dalam Psychopath Diary (2019)

Dong-Sik berusaha keras agar bisa menjadi sosok villain yang kejam, tak kenal ampun dan berhati dingin. Dong-Sik juga berkeinginan untuk mengintimidasi orang-orang yang menindasnya. Dalam mencapai itu, Dong-Sik banyak meminjam dialog-dialog dalam film thriller yang telah ditontonnya ketika mengancam orang lain. Bukannya seram malah jadi konyol.

Kedua, Sim Bo-Kyung (diperankan Jung In-Sun) adalah polisi wanita yang menabrak Dong-Sik. Ia adalah orang pertama yang menyadari adanya pembunuh berantai. Bo-Kyung adalah sosok yang tegas, tetapi terkadang bisa menjadi sangat naif.

Tokoh Sim Bo-Kyung dalam Psychopath Diary
Tokoh Sim Bo-Kyung dalam Psychopath Diary (2019)

Di episode pertama kita bisa melihat kekonyolannya ketika ia sering kali meniru gaya bicara dan perilaku ayahnya saat mengendus ada yang tidak wajar. Bahkan ia berusaha membohongi Dong-Sik agar tidak terkena hukuman karena menabrak orang.

Ketiga adalah si pembunuh berantai itu sendiri, yakni Seo In-Woo (diperankan Park Sung-Hoon). Sebagaimana sosok pembunuh yang sering digambarkan dalam film, In-Woo memiliki masa lalu yang suram: tak memiliki sosok ayah dan selalu dianggap tak berdaya. Hal itulah yang membuatnya membunuh orang-orang miskin.

Pembunuh Berantai Seo In-Woo dalam Psychopath Diary
Pembunuh Berantai Seo In-Woo dalam Psychopath Diary (2019)

Terlepas dari mengerikannya sosok In-Woo, tetapi ia toh malah sempat mempercayai bahwa Dong-Sik adalah seorang psikopat dan berencana untuk menjadi teman Dong-Sik dengan melakukan segala cara agar bisa dekat dengannya alias P.D.K.T.

Jalan Cerita yang Kocak

drama korea Psychopath Diary

Menonton drama korea Psychopath Diary sama sekali tidak membutuhkan konsentrasi. Jalan ceritanya terbilang “lurus lurus” saja, namun yang paling menggemaskan adalah alur cerita yang ruwet khususnya hubungan di antara si ketiga tokoh utama ini.

Awal mulanya, Bo-Kyung meminta bantuan kepada Dong-Sik mengenai kasus pembunuhan berantai yang diselidikinya. Dong-Sik tanpa ragu membantu Bo-Kyung hingga menyadari bahwa pembunuh yang dicarinya adalah dirinya sendiri atau yang dijuluki sebagai ‘predator’.

Di sisi lain, In-Woo berpikir kalau Dong-Sik dan Bo-Kyung bekerja sama untuk menangkapnya. In-Woo pun berencana menyingkirkan Bo-Kyung dan Dong-Sik. Padahal Dong-Sik tengah berupaya menghalau investigasi.

Jadinya malah muter-muter deh mereka bertiga.

Banyak Referensi Film Thriller

The most interesting part adalah banyaknya referensi dialog dan adegan-adegan dalam film horor thriller korea.

Dong-Sik adalah penggemar film-film genre semacam itu, sehingga adegan ketika dia meniru tokoh dalam film lain sungguh memorable terutama bagi yang pernah menontonnya.

Misalnya, adegan ketika Dong-Sik menyerang peniru predator dengan berpura-pura menjadi tokoh Oh Dae-Su dalam Oldboi. Atau adegan-adegan intimidasi dia yang banyak meminjam referensi film thriller.

Jadi, drama korea ini sangat menyegarkan dalam hal gaya bercerita.

What’s Next?

Hal yang paling bikin saya penasaran di drama korea Psychopath Diary adalah nasib Dong-Sik karena dari episode pertama kita sudah tahu dia akan ditangkap oleh polisi dan bahkan mengaku sebagai si sosok predator.

Menurut prediksi saya ada dua kemungkinan di sini.

Pertama, Dong-Sik tidak lagi amnesia dan memutuskan bekerja sama dengan Bo-Kyung untuk menangkap si predator. Kedua, Dong-Sik masih amnesia dan ia ditangkap karena akal bulus In-Woo yang menjebak dirinya.

Itulah sejumlah alasan dan informasi penting mengenai Psychopath Diary.

Poster Drama Korea Psyhopath Diary
Poster Drama Korea Psyhopath Diary (2019)
Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: