Review Drama Korea Romantic Doctor Teacher Kim 2 (2020)

Cover_Review Drama Korea Romantic Doctor Teacher Kim 2_KukuhGiaji

Setelah diumumkan stasiun televisi SBS pada Mei 2019 akhirnya Romantic Doctor Teacher Kim 2 resmi mengudara mulai per 6 Januari 2020. Drama ini sendiri masih mengisahkan tokoh Master Kim (diperankan Han Suk-Kyu) yang merupakan dokter di Rumah Sakit Doldam.

Namun sayangnya, kedua tokoh utama di musim pertama yang diperankan oleh aktor Yoo Yeon-Seok (sebagai Dokter Kang Dong-Joo) dan aktris Seo Hyun-Jin (sebagai Dokter Yoon Seo-Jung) dikabarkan tidak bergabung. Lantas bagaimana cerita dan konflik di musim keduanya?

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Plot Cerita Romantic Doctor Teacher Kim 2

Master Kim_Romantic Doctor Teacher Kim 2
Master Kim (diperankan Han Suk-Kyu)

Drama korea Romantic Doctor Teacher Kim 2 mengisahkan Master Kim yang sedang mencari dokter bedah baru untuk Rumah Sakit Doldam. Hal ini disebabkan Kang Dong-Joo dan Yoon Seo-Jung memutuskan untuk melanjutkan hidup mereka masing-masing sehingga rumah sakit kekurangan tenaga kerja.

Dalam melakukan pencariannya, Master Kim menemukan dua dokter bertalenta, yaitu Seo Woo-Jin (diperankan Ahn Hyo-Seop) dan Cha Eun-Jae (diperankan Lee Sung-Kyung) yang bertugas di Rumah Sakit Geodae. Nasib kemudian menghantarkan mereka berdua ke Rumah Sakit Doldam.

Sementara itu, Manajer Jang Gi-Tae (diperankan Lim Won-Hee) dan Ahli Anastesi Nam Do-Il (diperankan Byeon Woo-Min) mendapati bahwa musuh Master Kim di musim pertama, yaitu Do Yoon-Wan (diperankan Choi Jin-Ho) telah kembali dan memangku jabatan sebagai Ketua Yayasan.

Sekali lagi nilai-nilai kemanusiaan Master Kim akan kembali dipertaruhkan dalam musim kedua ini.

Trivia:
Dokter Kang Dong Joo dipanggil untuk melayani negara di sebuah klinik di pulau;
Dokter Yoon Seo Jung ke San Diego untuk program pertukaran dua tahun; dan
Dokter In Beom kembali ke Rumah Sakit Geodae.

Para Tokoh Utama dan Pendukung Baru

romantic doctor teacher kim 2_Seo Woo-Jin (diperankan Ahn Hyo-Seop) dan Cha Eun-Jae (diperankan Lee Sung-Kyung)
Seo Woo-Jin (diperankan Ahn Hyo-Seop) dan Cha Eun-Jae (diperankan Lee Sung-Kyung)

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, di musim kedua Romantic Doctor Teacher Kim ini akan terdapat sejumlah wajah baru yang tidak ada di musim pertama.

Pertama, Seo Woo-Jin adalah dokter ahli bedah umum yang memiliki sikap sinis dan dingin. Woo-Jin tidak disukai oleh para senior dan teman-temannya, bahkan sampai diusir dari Rumah Sakit Geodae. Semua itu lantaran Woo-Jin membongkar rahasia penggelapan uang yang dilakukan oleh rekan dokternya.

Selanjutnya ada Eun-Jae, dokter bedah jantung tahun kedua yang cerdas dan berani, namun ia memiliki kelemahan, yakni mengalami hiperventilasi akut ketika di ruang operasi. Karena berkali-kali pingsan ketika sedang mengoperasi, Eun-Jae dihukum dengan dikirim ke Rumah Sakit Doldam.

Menariknya, dua tokoh di atas memiliki sejarah panjang dimulai dari momen ketika mereka masih berstatus mahasiswa kedokteran. Sejarah Eun-Jae dan Woo-Jin bahkan berujung pada hubungan percintaan yang tampaknya kandas di tengah jalan. Dengan bertemunya mereka di Rumah Sakit Doldam apakah kisah cinta mereka kembali bersemi?

Selain dua tokoh utama di atas, drakor terbaru SBS ini juga memiliki tiga pemain pendukung baru. Pertama, Park Min-Kook (diperankan Kim Joo-Hun) adalah dokter di Rumah Sakit Geodae yang berpotensi menjadi musuh Master Kim. Lalu ada Yoon A-Reum (diperankan So Ju-Yeon), dokter residen tahun keempat yang memutuskan mengikuti jejak Master Kim. Dan terakhir, Bae Moon-Jung (diperankan Shin Dong-Wook) adalah dokter bedah ortopedi yang sampai saat ini masih ‘dirahasiakan’ alasan mengapa ia bekerja di Rumah Sakit Doldam.

Jajaran Pemain Musim Pertama Romantic Doctor Teacher Kim
Jajaran Pemain Musim Pertama Drakor Dr. Romantic (2016)

Tak hanya pemain baru, wajah lama di musim pertama juga masih bergabung sebagai staff utama Doldam, yaitu perawat Park Eun-Tak (diperankan Kim Min-Jae), kepala perawat Oh Myung-Sim (diperankan Jin Kyung), dan tentu saja Gi-Tae dan Do-Il. Momen-momen nostalgia para staff di musim pertama tersebut diprediksi besar akan dihadirkan kembali dalam Romantic Doctor Teacher Kim 2.

Ulasan Singkat Episode Perdana 

Episode Pertama Romantic Doctor Teacher Kim 2
Episode Pertama Drakor Dr. Romantic 2 (2020)

Episode pertama Romantic Doctor Teacher Kim 2 dibuka dengan Woo-Jin yang mencurigai seorang ‘pemabuk’ di stasiun MRT tengah mengalami epilepsi dan penyakit kuning. Di saat bersamaan, Master Kim tengah mengunjungi Rumah Sakit Geodae untuk menyaksikan demonstrasi operasi laparoskopi yang dilakukan oleh dokter Park Min-Kook. Sayangnya, operasi tersebut tidak berjalan dengan baik dan Master Kim kemudian meminta pertolongan Dokter Eun-Jae untuk mengirimkan sebuah pesan ke ruang operasi.

Dari episode perdana ini, kita segera mengetahui siapa sosok Woo-Jin dan Eun-Jae sekaligus masalah apa yang tengah mereka hadapi (serta hubungan masa lalu mereka): Woo-Jin tengah berupaya melunaskan hutang piutang dan Eun-Jae mengalami hiperventilasi.

Kedua tokoh utama baru tersebut memiliki latar belakang yang bisa dikatakan nyaris serupa dengan tokoh Dokter Dong-Joo dan Dokter Seo-Jeung. Dari segi penokohan, drakor ini pun agak monoton. Dan episode pertamanya pun tidak semenegangkan dan se-powerfull musim pertamanya.

Episode dua Romantic Doctor Teacher Kim 2
Episode Dua Drakor Dr. Romantic 2 (2020)

Meskipun begitu, kekurangan tersebut terbantu berkat episode ke dua yang menampilkan adegan kecelakaan Menteri Pertahananan Nasional. Master Kim kemudian harus menyelamatkan hidup sang menteri. Tak hanya menghadirkan ketengangan di ruang operasi dan intrik di antara para dokter saja, di episode ke dua ini dengan cepat intrik politik kuasa dihadirkan lewat permintaan Yoon-Wan kepada Master Kim untuk menyerahkan perawatan Sang Menteri kepada Dokter Park Min-Kook.

Dari segi cerita Romantic Doctor Teacher Kim 2 terlihat tidak bertele-tele dalam memperlihatkan konflik di antara para tokohnya. Yang tentu saja menimbulkan pertanyaan besar, “kalau di episode pembuka aja udah gini, gimana selanjutnya?”

Kesimpulannnya, drakor satu ini masih tetap bisa mempertahankan gaya bercerita khas, yaitu alur yang cepat dan tak mudah ditebak.

Spesial Episode: Mungkinkah?

Dokter Kang Dong-Joo (Yoo Yeon-Seok) dan Dokter Yoon Seo-Jung (Seo Hyun-Jin) dalam Romantic Doctor Teacher Kim (2016)
Dokter Kang Dong-Joo (Yoo Yeon-Seok) dan Dokter Yoon Seo-Jung (Seo Hyun-Jin) dalam Romantic Doctor Teacher Kim (2016)

Bagi para penonton musim pertama Romantic Doctor Teacher Kim tentu masih ingat episode spesial yang menampilkan Dokter Relawan Lee Young-Jo (diperankan Kim Hye-Soo) ke Rumah Sakit Doldam. Alkisah, Young-Joo ternyata adalah mantan kekasih Master Kim.

Nah, apakah di musim kedua ini akan ada episode spesial nantinya? Kalau iya, kira-kira ceritanya apa?

Melihat rating saat ini yang melonjak begitu tinggi akan sangat mungkin Romantic Doctor Teacher Kim 2 memiliki episode spesial karena di musim pertama saja, episode spesial mampu meraih rating sampai 27%. Dan jika itu benar-benar terwujud sangat diharapkan ceritanya nanti akan berfokus kepada kemunculan dokter Dong-Joo dan dokter Seo-Jung di Rumah Sakit Doldam. Atau juga bisa menampilkan kembali dokter Do In-Bum (diperankan Yang Se-Jong).

Itulah semua hal mengenai Romantic Doctor Teacher Kim 2.

Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: