Review Drama Korea Stranger 2 (2020)

Cover Review drama Korea Stranger 2_kukuhgiaji

Drama Korea Stranger 2 (2020) mengisahkan kembali duet maut ala ‘Sherlock-Watson’ yaitu jaksa Hwang Si-Mok (Cho Seung-Woo) dan detektif Han Yeo-Jin (Bae Doo-Na) dalam mengungkap sebuah kasus besar yang melibatkan banyak pihak dari Kejaksaan, Kepolisian, serta pemilik perusahaan raksasa Hanjo, Lee Yeon-Jae (Yoon Se-Ah), istri mendiang jaksa Lee Chang-Jun (Yoo jae-Myung).

Dalam musim keduanya, Stranger 2 mengambil waktu tepat tiga tahun setelah terungkapnya rantai korupsi besar yang terjadi di Kejaksaan Korea dimana sekaligus membeberkan berbagai skandal lainnya, seperti prostitusi, transaksi ilegal, hingga pembunuhan berencana.

Hal ini pun mendorong rasa ketidakpercayaan publik terhadap lembaga pemerintah tersebut yang turut memberikan celah bagi Kepolisian untuk mencoba mereformasi peraturan tentang hak investigasi yang selama ini dimiliki para jaksa.

Alkisah, perselihan antara kedua lembaga negara tersebut sudah berlangsung lama sejak akhir tahun 90-an. Pihak kepolisian merasa bahwa hak investigasi yang dimiliki jaksa terlalu besar sehingga sering terjadi penyalahgunaan kekuasaan. Di sisi lain, polisi juga dituduh banyak melanggar hak warga serta menutupi praktik korupsi yang terjadi di dalam organisasinya.

Stranger 2 dan Konflik Pelik Antara Kepolisian – Kejaksaan

Review drama Korea Stranger 2_Hwang Si-Mok (Cho Seung-Woo) dan Han Yeo-Jin (Bae Doo-Na)_kukuhgiaji
Dari Kiri: Han Yeo-Jin (Bae Doo-Na) dan Hwang Si-Mok (Cho Seung-Woo) dalam drama Korea Stranger 2 (2020)

Tiga tahun setelah kematian mengenaskan Lee Chang-Jun, jaksa Si-Mok akhirnya bertemu kembali dengan sahabatnya, Yeo-Jin lewat kasus tenggelamnya dua pemuda secara misterius di pantai Tongyeong dekat kantor Kejaksaan tempatnya bekerja.

Kematian kedua pemuda tersebut membuat Si-Mok dirundung rasa bersalah karena sehari sebelum peristiwa naas tersebut, Si-Mok sempat mampir ke pantai, tetapi menghiraukan hilangnya tali pengaman di sepanjang pantai. Karena itu, Si-Mok mulai mencoba untuk menginvestigasi kasus tersebut.

Di sisi lain, Yeo-Jin yang kini adalah inspektur senior di Badan Kepolisian Nasional Korea tanpa sengaja membaca berita tentang kematian dua pemuda tersebut dan menyadari bahwa tempat kejadian perkaranya (TKP) merupakan lokasi selebgram, Lee Yong-Ho (Kang Shin-Hyo) beserta pacarnya mengambil swafoto.

Review drama Korea Stranger 2_Bae Doo-Na sebagai Han Yeo-Jin_kukuhgiaji
Bae Doo-Na sebagai Han Yeo-Jin

Namun anehnya, swafoto yang diunggah di Instagram itu lalu ditemukan sudah dihapus oleh Yong-Ho. Hal ini menuntun Yeo-Jin untuk mencari tahu tentang alasan Yong-Ho menghapus unggahannya tersebut.

Tak ayal, Si-Mok dan Yeo-Jin pun bertemu dan saling bertukar informasi satu sama lain. Yang tak disangka-sangka, kasus itu malah menggiring mereka berdua kepada peliknya perseteruan antara Kejaksaan dan Kepolisian.

Pasalnya, jaksa Kang Won-Cheol (Park Sung-Geun) yang mengurus kasus tersebut dalam waktu kurang dari 24 jam langsung menyimpulkan bahwa kejadian itu hanyalah kecelakaan belaka.

Sebaliknya, temuan Si-Mok dan Yeo-Jin menunjukkan bahwa Yong-Ho dan pacarnya secara sengaja memotong tali pembatas untuk mengambil swafoto dan inilah yang menyebabkan kedua pemuda yang memang sedang mabuk tersebut sampai tenggelam.

Temuan itu dimanfaatkan oleh Ketua Unit Reformasi di Badan Kepolisian Nasional Korea, Choi Bit (Jeon Hye-Jin) untuk menyerang sistem kerja Kejaksaan. Sejak saat itu, perseteruan antara lembaga Kejaksaan dan Kepolisan semakin menjadi-jadi.

Review drama Korea Stranger 2_Choi Bit (Jeon Hye-Jin) dan Woo Tae-Ha (Choi Moo-Sung)_kukuhgiaji
Dari Kiri: Choi Bit (Jeon Hye-Jin) dan Woo Tae-Ha (Choi Moo-Sung) dalam drama Korea Stranger 2 (2020)

Jalan cerita kian berkembang dan kompleks ketika Si-Mok ternyata dipindahkan ke divisi Hukum Kriminal di bawah kepala jaksa Woo Tae-Ha (Choi Moo-Sung).

Dalam divisi itu, Si-Mok diperintahkan untuk bergabung dalam unit gabungan jaksa dan polisi untuk membentuk Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Reformasi Investigasi.

Hubungan Si-Mok dan Yeo-Jin kemudian menjadi rumit lantaran keduanya mengambil posisi sebagai representatif dari lembaganya masing-masing. Dalam sebuah adegan rapat, Si-Mok dan Yeo-Jin sampai beradu pendapat untuk membela kinerja lembaganya.

Di bawah situasi menegangkan dan tak terduga itu, Si-Mok dan Yeo-Jin juga mesti berhadapan dengan rentatan kasus mengerikan, mulai dari dugaan pembunuhan berencana yang dilakukan oleh sesama anggota polisi di kantor Kepolisian Segok hingga misteri kematian pengacara Park Gwang-Su (Seo Jin-Won) yang bekerja diam-diam untuk perusahaan Hanjo.

Akan tetapi, yang paling mengejutkan adalah peristiwa penculikan jaksa Seo Dong-Jae (Lee Joon-Hyuk) karena secara tak langsung juga turut menyeret Woo Tae-Ha dan Choi-Bit.

Review drama Korea Stranger 2_Lee Joon-Hyuk sebagai Seo Dong Jae_kukuhgiaji
Lee Joon-Hyuk sebagai Seo Dong Jae

Berbagai spekulasi dan prasangka pun bermunculan. Salah satunya mengenai adanya keterkaitan antara kematian pengacara Park Gwang-Su dengan penculikan jaksa Seo Dong-Jae, yang dimana juga mengarah ke perusahaan Hanjo dan Lee Yeon Jae.

Berkat semua permasalahan tersebut, drama Korea Stranger 2 sekali lagi menyuguhkan jalan cerita yang menarik, kompleks, rumit, pelik, dan gelap bahkan daripada musim pertamanya.

Mungkin karena itulah, poster serta adegan pembuka drama ini diselimuti oleh kabut yang secara tidak langsung mencerminkan masalah utama dalam cerita Stranger 2 yang sulit dipecahkan.

Cover Headline_Review drama Korea Stranger 2_kukuhgiaji
Poster drama Korea Stranger 2 (2020)

Meskipun begitu, ada perbedaan terbesar antara musim pertama dengan musim kedua drama Korea Stranger yaitu berkurangnya unsur thriller ‘mencekam’ karena fokus cerita lebih kepada intrik politik antara Kepolisian dan Kejaksaan.

Sering kali, adegan-adegan dalam drama Korea Stranger 2 berkutat pada dialog-dialog yang kaya nan kompleks antar para tokohnya sehingga kita (baca: penonton) harus memperhatikan betul isi percakapan di dalam drama ini. Apalagi, cerita di dalam drama Korea Stranger 2 juga masih sangat berkaitan dengan musim pertamanya.

Jika di musim pertamanya Stranger membahas tentang latar belakang dari perbuatan keji jaksa Lee Chang-Jun yang ingin membongkar kejahatan ayah mertuanya, Lee Yun-Beom (Lee Kyoung-Young).

Kali ini, Stranger 2 berfokus terhadap konsekuensi dari perbuatan Lee Chang-Jun tersebut, baik terhadap lembaga Kejaksaaan dan perusahaan Hanjo milik keluarga istrinya.

Review drama Korea Stranger 2_Yoon Se-Ah sebagai Lee Chang-Jun_kukuhgiaji
Yoon Se-Ah sebagai Lee Chang-Jun ‘Pemilik Perusahaan Hanju’

Sementara itu, terlihat ada perkembangan hubungan antara Si-Mok dan Yeo-Jin dalam Stranger 2 yang jauh lebih dekat dan keduanya pun tampak sangat peduli satu sama lain. Tentu saja, jangan mengharapkan adanya plot romantis di antara mereka berdua.

Tak kalah menariknya, kita juga bisa mengamati bagaimana karakter Si-Mook mengalami perubahan signifikan, dari sama sekali tak memiliki emosi menjadi punya beberapa bentuk perasaan yang tak bisa dijelaskan Si-Mok, misalnya perasaan bersalah, khawatir, dan jengkel.

Review drama Korea Stranger 2_Cho Seung-Woo sebagai Hwang Si-Mok_kukuhgiaji
Cho Seung-Woo sebagai Hwang Si-Mok

Selain itu, adegan ikonik Si-Mok yang selalu gagal makan juga tak luput dihadirkan hampir di setiap episode sebagai bumbu komedi ringan dalam Stranger 2.

Naskah Stranger 2 masih ditulis oleh penulis Lee Soo-Youn, namun berganti sutradara menjadi Park Hyun-Suk. Pada penayangan episode perdananya, Stranger 2 berhasil meraih rating sebesar 7,6% yang turut mencetak rekor baru sebagai episode perdana drama Korea dengan rating tertinggi kedua dalam sejarah tvN.

Sebelumnya, musim pertama Stranger meraih penghargaan tertinggi Grand Prize untuk Televisi di Baeksang Arts Awards ke-54 di tahun 2018, termasuk juga memenangkan Aktor Terbaik dan Naskah Terbaik. Bahkan, The New York Post memasukkan drama ini sebagai acara televisi terbaik ke-10 tahun 2017.

Drama Korea Stranger 2 merupakan drama besutan stasiun televisi kabel tvN yang juga disiarkan secara resmi melalui platform Netflix pada setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 21:00 WIB. Drama ini memiliki total 16 episode dan disiarkan sepanjang bulan Agustus sampai Oktober 2020. 

Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

Leave a Reply

%d bloggers like this: