Review Drama Korea Tell Me What You Saw (2020)

Cover Review Drama Korea Tell Me What You Saw

Drama korea Tell Me What You Saw (2020) mengisahkan kebangkitan ‘Papermint Candy’, pembunuh berantai di Korea Selatan yang diklaim kepolisian telah meninggal. Akibat kasus pembunuhan misterius, Papermint Candy diduga masih hidup dan menjadi dalang di balik kejadian mengerikan itu.

Mengambil alih slot jadwal tayang The Lies Within (2019), drakor ini memiliki tiga tokoh utama: profiler jenius Oh Hyun-Jae (diperankan Jang Hyuk); Ketua SATGAS UPR Hwang Hwa-Young (diperankan Jin Seo-Yeon); dan polisi muda Cha Soo-Young (diperankan Sooyoung). Mereka bertiga lalu bekerjasama untuk menangkap si pembunuh berantai.

Berikut ini adalah sejumlah hal mengenai drama terbaru OCN ini!

Memiliki Atmosfer Serupa Voice

Cha Soo-Young (Sooyoung) dalam Telll Me What You Saw
Cha Soo-Young (Sooyoung)

Salah satu daya tarik yang bisa ditemukan dalam drama korea Tell Me What You Saw adalah nuansa cerita yang sangat kental dari Voice (2017-2019), drakor besutan OCN juga. 

Alkisah, Cha Soo-Young adalah seorang perempuan yang memiliki kemampuan daya ingat luar biasa. Ia bisa merekam ingatan sedetail mungkin selama berada di kondisi yang tidak familiar bagi dirinya. Karakter Cha Soo-Young ini sangat mirip dengan tokoh utama Voice, Kang Kwon-Joo yang memiliki kemampuan mendengar luar biasa.

Kemiripan lain bisa dilihat juga dari tokoh Hyun Jae yang bakal menjadi patner dan mentor  Soo-Young. Di Voice musim pertama, Kwon-Joo memiliki patner bernama Jin-Hyuk yang lucunya juga diperankan oleh Jang Hyuk.

Seakan-akan dua drakor ini berada di universe yang sama. Mungkinkah?

Kembali Ke Thriller Gore

Hwa-Young (Jin Seo-Yeon) dalam Tell Me What You Saw
Hwa-Young (Jin Seo-Yeon)

Dua drakor sebelumnya dari OCN, yaitu The Lies Within dan Watcher(2018) sama-sama dinilai kurang memuaskan bagi para penonton. Perkaranya, dua drakor tersebut tidak banyak memiliki adegan pembunuhan yang mengerikan. Berbeda dengan Voice atau Strangers From Hell (2019).

Cukup mengejutkan kemudian melihat episode awal drama korea Tell Me What You Saw yang berfokus pada penemuan mayat yang dimutilasi. Adegan mengerikan langsung ditampilkan dan pada episode-episode selanjutnya tingkat kengeriaan pun semakin tinggi. Misalnya, pada episode empat korban ‘Papermint Candy’ dibunuh ketika sedang siaran langsung di televisi.

Ini sangatlah menegangkan dan mengasyikkan karena baru empat episode saja kita sudah disuguhi berbagai adegan pembunuhan sadis. Maka kemungkinan besar akan ada adegan paling gila yang bakal diberikan oleh OCN dalam drakor ini. Lagi-lagi intensitas cerita dan twist-nya mengingatkan pada Voice.

Jalan Cerita Solid

Drakor Tell Me What You Saw
Tim Investigasi dalam Tell Me What You Saw (2020)

Bukan OCN namanya kalau tidak mampu memberikan kualitas naskah yang tersusun rapih dan cerdik. Drakor Tell Me What You Saw memiliki jalan cerita yang terbilang sangat solid, dan menariknya bisa dikatakan alur cerita sedikit lambat tapi masih bisa dinikmati. Bertolak-belakang dengan Watcher misalnya yang sangat membutuhkan kesabaran untuk mengetahui siapa dan apa motif pelaku.

Namun drama ini masih menggunakan cara serupa: menyembunyikan pelaku sebenarnya dan mengelabui penonton untuk menerka-nerka siapa sosok ‘Papermint Candy’. Setidaknya rasa penasaran ini berhasil dijaga dengan baik oleh OCN.

Final Thoughts

Oh Hyun-Jae (Jang Hyuk) dalam Tell Me What You Saw
Oh Hyun-Jae (Jang Hyuk)

For me, Tell Me What You Saw is a drama I don’t want to miss.

Anggapan di atas karena dalam drakor ini ada tokoh-tokoh disabilitas yang dihadirkan visibel dan memiliki peran penting bagi jalan cerita. Nah, tokoh disabel ini masih cenderung jarang ada di drakor. Siapa tokoh disabel tersebut?

Pertama, Cha Man-Seok, ayah Soo-Young yang memiliki disabilitas tuli. Beberapa kali adegan dalam drakor memperlihatkan interaksi antara Soo-Young dan ayahnya menggunakan bahasa isyarat sebagai alat komunikasi.

Kedua, Oh Hyun-Jae adalah seseorang dengan disabilitas buta dan tidak bisa berjalan (lumpuh total akibat kecelakaan). Alih-alih diperlihatkan lemah atau tak berdaya malah tokoh inilah yang menjadi musuh bebuyutan ‘Papermint Candy’ dan kunci untuk mengangkap si pembunuh berantai tersebut.

Adanya diversitas pada tokoh fiksi ini yang kemudian membuat Tell Me What You Saw menjadi segar untuk ditonton.

Drakor ini mulai tayang tanggal 1 Februari 2020 dan direncanakan berakhir pada 22 Maret 2020 sebanyak 16 episode. Saat ini mengudara di channel OCN dan platform VIU setiap hari sabtu dan minggu.

Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: