Review Drama Korea The Fiery Priest (2019)

Drama Korea The Fiery Priest berhasil membawa lawakan yang segar dan renyah, terutama berkat paket kombo Kim Nam-Gil, yang memerankan Pastor Kim Hae-II yang barbar dan Kim Sung-Kyun, yang memerankan Detektif Koo Dae-Young yang gemblung. Cerita di dalam drama ini semakin absurd dengan kehadiran Lee Ha-Nee, yang memerankan Jaksa Park Kyung-Sun yang tengah berada diambang moralitas dan ketamakan, juga karakter-karakter pendamping lainnya yang tidak bisa kita pandang sebelah mata.

Konflik drama korea ini terletak ketika Pastor Lee Young-Joon dibunuh secara misterius dan kasus ditutup oleh Jaksa Kyung-Sun sebagai tindakan bunuh diri atas rasa malu yang didera Pastor Young-Joon karena telah melakukan pelecehan seksual dan korupsi uang jemaat. Tak terima, Pastor Kim Hae-II berusaha mengungkapkan kasus itu namun karena tidak bisa mengontrol amarah dan kebrutalannya ia mengalami masa-masa sulit sampai akhirnya detektif Koo Dae-Young dan detektif muda Seo Seung-A (diperankan Keum Sae-Rok) membantunya.

Alur cerita drama korea The Fiery Priest sedari awal sudah jelas: siapa pelakunya, siapa pahlawannya, dan akan berakhir seperti apa ceritanya. Namun yang dipertanyakan kemudian dengan jumlah total 40 episode apakah drama ini mampu merajut cerita, mempertahankan kekocakannya, dan juga menyelesaikan keseluruhan ceritanya.

Ternyata saya salah. Naskah drakor ini begitu matang, setiap karakter memiliki arc story nya sendiri dan tidak hanya sekedar menjadi pelengkap saja. Masing-masing karakter kuat berdiri sendiri, mengingat begitu banyak karakter yang penting ini bukan pekerjaan mudah bagi penulis namun berhasil dilakukan dengan totalitas luar biasa.

Setidaknya ini 3 hal yang membuat drama korea The Fiery Priest berhasil menurut pandangan pribadi saya:

Kim Nam-Gil dan Kim Sung-Kyun

Detektif Koo Dae-Young danPastor Kim Hae-II

Pastor Kim Hae-II dan Detektif Koo Dae-Young adalah nyawa dalam drama korea ini. Kedua karakter mereka bisa diibaratkan antara api dan air. Si pastor gemar berkelahi dan kasar sementara sang detektif memilih kabur dari perselisihan dan bahkan menjadi mata-mata bagi villain utama. Di sini lah yang membuat drama ini semakin menarik.

BACA JUGA  Review Drama Korea Possessed (2019)

Meskipun kita tahu pada akhirnya si detektif akan beralih membela pastor tetapi proses peralihan inilah yang menjadi tidak mudah. Kita akan dihadapkan pertama dengan latar belakang Dae-Young yang kehilangan rekannya karena dilukai para geng yang kini menjadi musuh si pastor. Kedua, ia memegang tanggung jawab untuk melindungi keluarga mendiang rekannya. Tapi di awal sungguh sulit untuk tidak membenci si detektif karena perangainya yang menyebalkan.

I know what you think: “it’s boring!” tetapi Park Jae-Bum selaku penulis naskah membuat ini menjadi sangat istimewa karena alih-alih sang pastor berusaha mengingatkan Dae-Young malah si detektif sendiri yang memutuskan demikian perkaranya ia takut disiksa di neraka. Lol.

Selain itu, uneasy relationship di antara mereka berdua juga sangat menghibur karena baik Pastor Kim Hae-II dan Detektif Koo Dae-Young sama-sama sulit untuk mendekati satu sama lain. Kita akan mendapatkan banyak momen-momen aneh dan bin ajaib di antara mereka yang sekaligus menjadi awal kedekatan untuk jalinan persahabatan mereka.

Poin ekstra bagi mereka adalah wajah kedua karakter yang sangat ekspresif dan tidak membosankan, selalu ada yang baru di setiap episode!

Jaksa Park Kyung-Sun: “Ahhhh.. Stress”

Lee Ha-Nee memerankan Jaksa Park Kyung-Sun

Lee Ha-Nee is another heart in this drama! Karakter jaksa ini bisa dikatakan yang paling ikonik karena ungkapan ekspresi “ahhhh stres” setiap kali berjumpa dengan si pastor maupun detektif.  Sama dengan Detektif Koo Dae-Young, Jaksa Kyung-Sun awalnya memihak tokoh villain tetapi niat itu akhirnya urung dilakukannya karena alih-alih takut dosa atau melakukan hal yang benar, ia emosi lantaran mau dibunuh.

Jaksa Kyung-Sun yang diselamatkan oleh si pastor itu akhirnya membentuk tim untuk mengungkapkan kejahatan pemimpinnya, yaitu Jaksa Kang-Seok Tae (diperankan Kim Hyung-Mook) sekaligus aksi kejahatan rekan bisnis Seok Tae.

Yang paling memorable dari karakter ini adalah temperamennya yang berubah-ubah serta siasat liciknya yang di luar nalar logika manusia umumnya. Bisa dipastikan setiap  scene yang melibatkan si jaksa ini akan disambut dengan gelak tawa yang luar biasa hebatnya.

BACA JUGA  Review Drama Korea Stranger (2017)

Pemeran Pendukung yang Sensasional

Pemeran Pendukung

Drama korea The Fiery Priest melibatkan banyak karakter pendukung yang memiliki latar belakang aneh dan membingungkan dan di setiap scene-nya sulit untuk tidak membuat kita tertawa terbahak-bahak. Antara lain:

  • Detektif Muda Seung-A, memiliki sifat energik dan naif. Ia selalu membantu si pastor lantara naksir karena wajah tampannya. Setidaknya ia yang paling waras di antara semua karakter.
  • Pastor Muda Han Sung-Kyu, rekan Pastor Kim Hae-II ini awalnya tampak seperti ‘pemeran pendamping’ yang tidak penting tapi ternyata menuju akhir episode kita mendapati fakta besar: ia adalah mantan artis cilik.
  • Suster Kim In-Kyung, bernasib sama dengan si pastor muda awalnya karakter suster ini sedikit annoying namun lama-lama menjadi bumbu yang tak bisa dilewatkan begitu saja karena tertular sifat marah-marah si Pastor Kim Hae-II. Selain itu ternyata diam-diam dia adalah penjudi ulung.
  • Jang-Ryong, si tukang bully ini bukan hanya menjengkelkan tapi juga memuakkan terutama di episode 34 (No spoiler karena ini episode terbaik drama korea The Fiery Priest).
  • Ssongsak Tekaratenapeuraseoteu dan Oh Yo-Han. No words can describe their weird dan peculiar characters.

Masih banyak karakter-karakter pendukung lainnya tapi menurut saya ke enam tokoh di atas lah yang membuat beberapa episode menjadi sangat gold terutama ketika berhubungan dengan Pastor Kim Hae-II.

So far, ini adalah salah satu drakor terbaik tahun ini untuk saya. Di tengah banyaknya cerita serupa yang menggunakan karakter pastor/pendeta, drama korea The Fiery Priest berhasil menonjol tanpa perlu embel-embel kekuatan supernatural atau karakter pastor yang dingin.

Tak mengejutkan jika kini telah beredar rumor akan ada musim keduanya.

SEE YOU NEXT TIME THE FIERY PRIEST!
Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: