Review Drama Korea The Good Detective (2020)

Cover_Review Drama Korea The Good Detective_kukuhgiaji

Drama Korea The Good Detective (2020) mengisahkan investigasi ulang yang dilakukan oleh dua detektif dalam mengungkap kebenaran tentang kasus pembunuhan misterius yang terjadi lima tahun silam.

Kang Do-Chang (Son Hyun-Joo) merupakan detektif senior yang telah bekerja selama 18 tahun. Namun, dalam suatu peristiwa mengejutkan, Do-Chang merasa kasus yang pernah ditanganinya lima tahun lalu telah salah menangkap orang.

Persoalannya, bukti-bukti yang ada dicurigai Do-Chang sudah dimanipulasi oleh rekan-rekan sejawatnya di kepolisian Incheon agar bisa menangkap tersangka siapa pun itu hingga pada akhirnya malah menyeret warga sipil tak bersalah, Lee Dae-Chul (Jo Jae-Yun).

Review Drama Korea The Good Detective_Kang Do-Chang(Son Hyun-Joo) dan Oh Ji-Heok (Jang Seung-Jo)_kukuhgiaji
Dari Kiri: Kang Do-Chang(Son Hyun-Joo) dan Oh Ji-Heok (Jang Seung-Jo) dalam Drama Korea The Good Detective (2020)

Sementara itu, rekan baru Do-Chang, Oh Ji-Heok (Jang Seung-Jo) merupakan ‘detektif gila’ yang tidak pernah menyerah dalam menyelesaikan suatu kasus yang tengah diselidikinya. Hal ini pun turut mendorong Do-Chang untuk menyelamatkan Lee Dae-Chal dari hukuman mati.

Dalam dimensi yang berbeda, reporter handal, Jin Seo-Kyung (Lee Elijah) yang sedang membuat artikel eksklusif mengenai hukuman mati di Korea Selatan tanpa sengaja memperoleh informasi terpercaya mengenai proses investigasi Lee Dae-Chul yang dipenuhi kebohongan, fabrikasi, dan manipulasi oleh kepolisian serta jaksa.

Mereka bertiga kemudian memutuskan untuk bekerja sama agar bisa menemukan pelaku sebenarnya dan mencegah Lee Dae-Chul dihukum mati. Drama Korea The Good Detective merupakan drama bergenre misteri/crime yang selalu mendebarkan di setiap episodenya, serta dipenuhi intrik dan konspirasi yang melibatkan banyak pihak.

The Good Detective: Dipenuhi Konspirasi Dengan Bumbu Komedi

Drama Korea The Good Detective (2020)
Tokoh Utama dalam Drama Korea The Good Detective (2020)

Sesuai dengan judulnya, The Good Detective berkutat pada pertarungan antara kebajikan dan keburukan, yang dimana para detektif acap kali harus berhadapan dengan berbagai macam keputusan sulit, entah itu mengenai karirnya ataupun hidup orang lain.

Namun realitanya, tak ada satu pun keputusan dan pilihan yang paling benar karena semuanya datang dengan tanggung jawab besar. Sebagaimana terjadi pada Kang Do-Chang yang demi bisa menyelamatkan Lee Dae-Chul, ia harus mengakui kelalaiannya di masa lalu dan ini tidak hanya mengancam karirnya saja, tetapi juga orang-orang yang pernah terlibat dengannya.

Untungnya, keputusan sulit Kang Do-Chang tersebut didukung penuh oleh anggota timnya, antara lain Ji-Hyeok, Kwon Jae-Hong (Cha Rae-Hyeoung), Byun Ji-Woong (Kim Ji-Hoon), Ji Man-Goo (Jung Soon-Won), Sim Dong-Wook (Kim Myung-Joon) hingga sang ketua, Woo Bong-Sik (Jo Hee-Bong).

Dengan persona dan kemampuan yang berbeda-beda, anggota tim Kang Do-Chang berusaha untuk membantunya dengan sepenuh hati untuk menyelesaikan kasus tersebut.

Adapun kasus yang tengah diselidiki Kang Do-Chang dan Ji-Hyeok adalah pembunuhan gadis muda yang merupakan seorang pelukis terkenal untuk orang-orang termasyhur di Korea Selatan. Salah satunya adalah Jong-Tae (Oh Jung-Se) yang didapati memiliki hubungan dekat dengan korban.

Review Drama Korea The Good Detective_Oh Jung-Se sebagai Jong-Tae _kukuhgiaji
Oh Jung-Se sebagai Jong-Tae dalam The Good Detective (2020)

Tak kalah menariknya, Ji-Hyeong merupakan sepupu Jong-Tae yang secara gamblang menunjukkan rasa ketidaksukaannya dan menyampaikan secara terang-terangan bahwa dirinya bakal meringkus Jong-Tae jika terbukti bersalah.

Di sisi lain, Seo-Kyung mendapati bahwa petinggi di kantornya (dan sekaligus sosok yang dikaguminya), Yoo Jung-Seok (Ji Seung-Hyun) memiliki hubungan misterius dengan Jong-Tae. Hal ini berujung kepada kecurigaan Seo-Kyong terhadap keterlibatan Jung-Seok dalam kasus pembunuhan gadis muda tersebut.

Kasus kemudian semakin berkembang dan kompleks tatkala salah satu detektif yang pernah menangani kasus itu, Jan Jin-Soo (Hwang Tae Kwang) ternyata juga dibunuh dan pertanyaan terbesarnya, “apakah pembununya adalah orang yang sama atau sepenuhnya berbeda?”.

Berbagai spekulasi dan dugaan terus bermunculan dengan Jong-Tae menjadi tersangka utamanya. Meski begitu, ada kecurigaan lain yang mengarah pada terlibatnya detektif Nam Kook-Hyun (Yang Hyun-Min) dalam pembunuhan Jin-Soo.

Dan tak seperti drama-drama detektif lain yang cenderung tokoh utamanya akan tergesa-gesa menangkap tersangka sehingga berujung pada kesalahan dan aneka ragam konspirasi lainnya, drama Korea The Good Detective malah menghadirkan cerita dengan tempo yang lambat tetapi dipenuhi kedetailan nan luar biasa.

Misalnya dari pembawaan karakter detektif Ji-Hyeok yang sangat rasional dan memperhatikan detail apa pun terkait kasus yang tengah diselidikinya. Oleh karena itu, Ji-Hyeok pun juga memiliki pemikiran bahwa selalu ada potensi Jong-Tae tidak bersalah. Dan entah mengapa Ji-Hyeok mengingatkan saya pada karakter Hwang Si-Mook dalam drama Korea Stranger (2017/2020).

Selain itu, drama Korea The Good Detective tidak hanya menceritakan deretan peristiwa dan kasus-kasus pembunuhan misterius saja, melainkan juga berkutat pada ruwetnya hubungan personal antara Do-Chang dengan Lee Eun-Hye yang notabene adalah anak perempuan Dae-Chul.

Hubungan keduanya bisa terlihat cukup realistis menilai dimana mula-mula Eun-Hye tak percaya sama sekali dengan Do-Chang, namun pelan-pelan mulai membuka hati dan berusaha memaafkan pria yang pertama kali memborgol ayahnya tersebut.

Bahkan, penulis naskah The Good Detective sempat-sempatnya memberikan plot cerita cinta antara Ji-Hyeok dan Seo-Kyung yang sering kali berakhir konyol. Belum lagi adegan-adegan antara Ji-Hyeok dan Kang Do-Chang yang kadang gak nyambung antar satu sama lain sehingga mengundang tawa. Hal ini membuat drama tersebut terasa begitu sempurna berkat perpaduan antara unsur ketegangan dan komedi di dalamnya naskahnya.

Review Drama Korea The Good Detective_Oh Ji-Heok (Jang Seung-Jo) dan Jin Seo-Kyung (Lee Elijah)_kukuhgiaji
Oh Ji-Heok (Jang Seung-Jo) dan Jin Seo-Kyung (Lee Elijah) dalam Drama Korea The Good Detective (2020)

Akan tetapi, drama Korea The Good Detective juga ada kalanya terasa menjemukan dan melelahkan mengingat drama berdurasi satu jam ini tergolong minim aksi dan banyak dialog di antara tokoh-tokohnya sehingga kita (baca: penonton) harus memperhatikan betul apa saja yang sedang dibicarakan oleh mereka.

Tentu saja, kesabaran kita saat menonton The Good Detective pasti selalu terbayar, khususnya ketika potongan teka-teki mulai terjawab sembari dipadukan deretan aksi mendebarkan.

Tak sulit untuk mengatakan bahwa The Good Detective merupakan drama Korea terbaik di tahun 2020. Ini pun bisa dibuktikan dari perolehan rating drama yang mulanya sangat rendah hanya sekitar 3% saja, tetapi mendadak naik tajam mencapai tertingginya di 9%.

Drama Korea The Good Detective merupakan drama besutan stasiun televisi JTBC yang juga disiarkan secara resmi melalui platform VIU pada setiap hari Senin dan Selasa pukul 21:30 WIB. Drama ini telah mengakhiri masa tayangnya dengan total sebanyak 16 episode sepanjang bulan Juli sampai Agustus 2020.

Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

Leave a Reply

%d bloggers like this: