Review Drama Korea The Lies Within (2019)

Drama korea The Lies Within (2019) mengisahkan detektif Jo Tae-Sik (diperankan Lee Min-Ki) yang bersama timnya berusaha memecahkan kasus penculikan Jeong Sang-Hun (diperankan Lee Joon-Hyuk).

Drama korea The Lies Within (2019) mengisahkan detektif Jo Tae-Sik (diperankan Lee Min-Ki) yang bersama timnya berusaha memecahkan kasus penculikan Jeong Sang-Hun (diperankan Lee Joon-Hyuk).

Sementara itu, Istri Sang-Hun, Kim Seo-Hui (diperankan Lee Yoo-Young) mendapatkan perintah dari sang penculik untuk menjadi anggota dewan pemerintah dan mengesahkan RUU baru.

Semakin lama Tae-Sik dan Seo-Hui mendalami kasus tersebut semakin mereka sadar bahwa hilangnya Sang-Hun memiliki keterkaitan besar dengan konspirasi gelap JQ Group dan tanah negara di Songju.

Drama terbaru OCN ini menggantikan jadwal Strangers from Hell, tetapi sayangnya tidak berhasil meraih rating penonton tinggi, yakni hanya berkisar 1-2% saja.

Namun, drakor bergenre thrillercrime ini tetap layak ditonton dengan sejumlah alasan, sebagai berikut (kelebihan dan kekurangan):

Plot: Naskah Solid dan Tidak terburu-buru

Review drama korea The Lies Within
Jo Tae-Sik (Lee Min-Ki) dan Kim Seo-Hui (Lee Yoo-Young)

Hal paling menonjol dari drama korea The Lies Within adalah plot ceritanya terbilang cukup ‘tenang’ meskipun mengusung genre thriller. Bahkan di episode-episode selanjutnya, si penculik akan mengirimkan potongan tubuh Sang-Hun sebagai tanda keseriusan tindakannya.

Potongan tubuh yang diberikan pun tidak tanggung-tanggung, dari kaki, tangan hingga bola mata. Dan ke semua itu dipotong dalam keadaan Sang-Hun masih hidup.

The Lies Within sangat mengandalkan kepiawaan para aktor dan aktrisnya, dan juga naskah yang solid. Yang penting untuk diperhatikan adalah di tiga episode awal drakor ini akan sangat menguras kesabaran dan energi kita sebagai penonton untuk memasuki dunia JQ Grup dan kehidupan orang-orang di sekitarnya.

Referensi drakor yang menggunakan plot dan atmosfir serupa adalah Stranger (tvN) dan Watcher (OCN). Kalau kamu suka ke dua drama itu maka tidak sulit untuk segera jatuh cinta dengan The Lies Within.

Banyak Karakter Tapi Semua Memorable

The Lies Within Review
Para Detektif dalam The Lies Within

Tidak mudah untuk merajut jalinan cerita dengan jumlah karakter yang begitu banyak. Belum lagi setiap tokoh memiliki peran krusial masing-masing sekalipun hanyalah pemain pendamping.

BACA JUGA  Review Drama Korea Graceful Family (2019)

Dari JQ Grup kita akan berkenalan dengan tiga karakter sentral yaitu Jeong Yeong-Mun (diperankan Moon Chang-Kil) yang merupakan pemilik dan sekaligus ayah dari Sang-Hun. Ambisinya untuk menemukan sang anak bahkan kandas ketika investigasi mulai mengarah kepada persoalan tanah di Songju. Ia pun mengambil langkah untuk segera menutup kasus itu.

Di sisi lain ada In Dong-Gu (diperankan Seo Hyun-Woo), yang merupakan kaki tangan Yeong-Mun. Awal mulanya ia dicurigai sebagai dalang penculikan Sang-Hun, tetapi lambat laun semua itu berubah ketika Jin Yeong-Min (diperankan On Joo-Wan), sahabat Sang-Hun disinyalir menjadi orang terakhir yang bertemu dengan sang korban.

Ketiga tokoh tersebut sama-sama menyimpan rahasia masing-masing. Dan baru diparuh kedua atau lebih tepatnya setelah episode 8 semua perlahan terbongkar!

Dari tokoh protagonis kita akan bertemu dengan detektif muda Kang Jin-Gyeong (diperankan Kim Si-Eun) dan Jeon Ho-Gyu (diperankan Yun Jong-Seok). Mereka berdua adalah anak buah Tae-Sik dan sang kapten, Yoo Dae-Young (Lee Joon-Hyuk).

Paling menggemaskan adalah chemistry antara tokoh Jin-Gyeong, yang ‘berpikir lambat’ dengan Ho-Gyu, yang tangkas dan sedikit ‘ngatak’.

Sebuah kejutan diberikan oleh The Lies Within tepatnya di episode ke-10 ketika salah satu dari mereka akan dihadapkan pada kematian. (entah kenapa mengingatkan pada momen kematian tokoh Yong Eun-Soo di Stranger).

Senapas Judulnya: Semua Penuh Kebohongan

What makes it more interesting adalah drama korea The Lies Within ini benar-benar dipenuhi dengan kebohongan-kebohongan oleh semua karakternya. (Spoiler Alert).

  • Seo-Hui tidak melapor kepada detektif Tae-Sik bahwa dirinya dihubungi sang penculik.
  • Yeong-Mun, ayah Sang-Hun memalsukan identitas anaknya sendiri dan bahkan waktu penculikan sebenarnya.
  • Yeong-Min, yang mula-mula di sisi protagonis ternyata menyimpan rasa ketidaksukaan terhadap Sang-Hun dan memiliki koneksi dengan kematian seorang wartawan perempuan bernama Choe Su-Hyeon (diperankan Kim Yong-Ji).
  • In Dong-Gu, mengelabui Yeong-Mun dengan menyembunyikan identitas dirinya yang ternyata berhubungan langsung dengan tragedi besar.
BACA JUGA  Review Drama Korea Strangers from Hell (2019)

Lantas, siapakah pelaku sebenarnya jika semua orang memiliki motif?

Perempuan dan Ketidakberdayaan

Poster Seo-Hui The Lies Within

Kekecewaan terbesar pada drama korea The Lies Within adalah dua tokoh perempuan (utama dan pendamping) direpresentasikan timpang dengan tokoh laki-laki.

Pertama, karakter Seo-Hui yang kehilangan ayah dan suaminya ini hanya ditampilkan ‘menangis’ saja. Hampir tidak ada momen struggle dia tanpa melibatkan emosi feminin dan air mata.

Begitu juga karakter detektif Jin-Gyeong yang selalu digambarkan ceroboh dan serampangan sangat bertolak belakang dengan dua detektif laki-laki: Tae Sik dan Ho-Gyo yang detail oriented.

Itulah sejumlah alasan untuk kamu mempertimbangkan nonton drakor ini!

Leave A Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close