Review Drama Korea The School Nurse Files (2020)

Cover Review Drama Korea The School Nurse Files_kukuhgiaji

Drama Korea The School Nurse Files (2020) menceritakan perjuangan An Eun-Young (Jung Yu-Mi) dan Hon In-Pyo (Nam Joo-Hyuk) dalam membasmi jeli-jeli berbahaya yang memiliki berbagai macam bentuk dari serupa lendir, hati, hewan (gurita, ubur-ubur, ikan paus) hingga monster raksasa.

Tokoh utamanya, An Eun-Young merupakan perawat baru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Mong-Iyeon. Hanya Eun-Young lah yang dapat melihat serta memusnahkan jeli-jeli tersebut dengan senjata berupa pedang dan pistol mainan.

Review Drama Korea The School Nurse Files_An Eun-Young (Jung Yu-Mi) dan Hon In-Pro (Nam Joo-Hyuk)_kukuhgiaji
An Eun-Young (Jung Yu-Mi) dan Hon In-Pyo (Nam Joo-Hyuk) dalam drama Korea The School Nurse Files (2020)

Sementara itu, tokoh laki-lakinya, Hong In-Pyo merupakan guru bahasa Mandarin yang ternyata mempunyai “aura misterius” dan ini bisa digunakan Eun-Young untuk mengisi kembali tenaganya ketika sudah terkuras habis.

Mereka kemudian bekerja sama untuk melindungi murid-muridnya dari marabahaya jeli. The School Nurse Files diadaptasi dari novel berjudul Bogungyoa Aneunyoung karangan Jung Se-Rang yang pertama kali diterbitkan pada 7 Desember 2015 silam.

Drama ini berkutat pada persoalan kepribadian dan keinginan unik para siswa SMA Mong-Iyeon yang sering kali menyebabkan dampak buruk. Karena itulah, jeli-jeli yang menempel di siswa kadang kala juga menujukkan hasrat terpendam mereka.

The School Nurse Files : Lawan Monster, Selamatkan Sekolah, dan Makan Siang

Drama Korea The School Nurse Files memiliki plot cerita yang sebenarnya kelewat sederhana dan mungkin sangat familiar dengan kita (baca: penonton), yakni kisah heroik para pahlawan yang ingin menyelamatkan dunia.

Sebagaimana kisah superhero, Eun-Young sebagai pahlawan melakukan segala aksi heroiknya secara diam-diam agar tak ada seorang pun mengetahui kemampuan dan rahasianya.

Review Drama Korea The School Nurse Files_Jung Yu-Mi sebagai An Eun-Young_kukuhgiaji
Jung Yu-Mi sebagai An Eun-Young dalam The School Nurse Files (2020)

Namun akibat ulah In-Pyo, Eun-Young terpaksa mengalahkan monster raksasa di sekolah, yang dimana kejadian itu turut membuat In-Pyo dan salah satu murid mereka yaitu A-Ra mengetahui kemampuannya.

Akan tetapi, Eun-Young ternyata bukanlah satu-satunya orang yang dapat melihat jeli tersebut. Dalam dimensi yang berbeda, guru bahasa Inggris SMA Mong-Iyeon, Mr. Mackenzie (Yoo Teo) tidak hanya sekadar melihat jeli-jeli tetapi juga menangkap dan mengendalikannya. Tak elak, genderang perang antara Eun-Young dan Mr Mackenzie pun dimulai.

Adapun yang membuat drama ini sangat menonjol dibandingkan drama Korea lainnya adalah “dunia fantasi tanpa batas” yang berisikan jeli berwarna-warni dalam berbagai bentuk dan ukuran. Menariknya sepanjang drama berjalan, kita dengan cepat menyadari bahwa tidak semua jeli berbahaya.

Dunia The School Nurse Files dengan aneka macam jeli aneh ini mungkin akan banyak mengingatkan kita pada film-film khas Barat seperti Harry Potter dan Narnia.

Poster Review Drama Korea The School Nurse Files_kukuhgiaji
Drama Korea The School Nurse Files (2020)

Inilah menariknya, kita sebagai penonton juga turut terpacu untuk mencoba mengenali berbagai jenis jeli, seperti bentuknya, ukurannya, sifatnya, karakteristiknya, dan apa dampaknya saat menempel di tubuh manusia.

Misalnya dalam sebuah adegan pertandingan bola basket, Lee Ji-Hyung secara mengejutkan mendapat kekuatan misterius dari benda kecil yang diselipkan oleh Mr. Mackenzie di salah satu sepatunya.

Tampaknya, benda tersebut berisikan jeli berbentuk gurita berwarna orange dan memberikan kekuatan berlimpah kepada Ji-Hyung ketika hendak melempar bola ke dalam ring. Diceritakan, Ji-Hyung melakukan jumping ‘melompat’ dengan sangat tinggi sampai-sampai menyentuh ring hingga memecahkan kaca.

Tak hanya itu saja, drama Korea The School Nurse Files juga turut melebarkan dunianya ketika Mr. Mackenzie menyampaikan bahwa ada organisasi di luar sana yang mengawasi Eun-Young.

Organisasi ini kemungkinan besar mencari dan mengumpulkan orang-orang semacam Eun-Young dan Mr. Mackenzie agar bisa menangkap jeli. Nantinya, jeli-jeli tersebut bakal diperjualbelikan ke orang lain.

Apalagi, sekolah tempat Eun-Young dan In-Pyo bekerja tersebut juga menyimpan segudang rahasia. Bahkan, di episode perdananya, mereka menemukan sebuah ruang rahasia yang secara misterius menyimpan batu aneh bertulisan “Apji“.

Batu yang pada akhirnya diangkat oleh In-Pyo itu merupakan asal muasal dari rentetan peristiwa aneh yang kemudian mulai menimpa murid-murid di SMA Mong-Iyeon.

Dengan demikian, drama Korea The School Nurse Files berpotensi besar menjadi serupa seri drama Netflix Stranger Things asal berhasil meraih perhatian audiens internasional dan sukses dari segi jumlah penonton.

Drama Korea The School Nurse Files merupakan drama orisinil besutan platform Netflix yang sudah tersedia mulai 25 September 2020 dengan total sebanyak enam buah episode.

Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

Leave a Reply

%d bloggers like this: