Review Film Korea The Odd Family: Zombie on Sale (2019)

Review Film Korea The Odd Family Zombie on Sale (2019)

Film korea The Odd Family: Zombie on Sale (2019) mengisahkan keluarga besar Man-Deok (diperankan Park In-Hwan) beserta anak dan menantunya yang mengelola bisnis stasiun pengisian bahan bakar. Akibat bertemu dengan pria misterius yang diduga zombie, keluarga ini mengalami rentatan peristiwa dan kejadian yang terbayangkan.

Film korea komedi ini tampak sekilas mengingatkan pada Shaun of the Dead (2004) yang sama-sama menggunakan tokoh utamanya sebagai karakter abnormal. Perbedaan kentara adalah Shaun of the Dead berfokus pada persahabatan sementara The Odd Family adalah kekeluargaan.

Ada Joon-Gul (diperankan Jung Jae-Young) yang tingkah lakunya menjengkelkan, lalu adiknya, Min-Gul (diperankan Kim Nam-Gil) adalah tipikal orang yang oportunis dan mata duitan, selanjutnya si bungsu Hae-Gul (diperankan Lee Soo-Kyung) kerap menyendiri dan teman satu-satunya adalah kelinci peliharaannya dan ayah mereka si tua keladi Man-Deok memiliki ambisi untuk berlibur ke Hawaii. Terakhir, istri Joon-Gul, Nam-Joo (diperankan Uhm Ji-Won), yang bisa dibilang paling normal di antara mereka.

Cerdas Tapi Berakhir Menjemukan dan Membingungkan

Review Film Korea The Odd Family Zombie on Sale (2019)

Sebagaimana tipikal genre zombie, adegan awal film korea The Odd Family: Zombie on Sale menceritakan ada insiden malapraktik terhadap sejumlah pasien farmasi ilegal.

Dan tak lama kemudian, adegan berganti ke sosok pria misterius yang muncul dari lubang pengairan, dan tampak jelas ia adalah mayat hidup. Si “Zombie” ini lalu berjalan tanpa arah menuju Poongsan, desa terpencil di mana keluarga Man-Deok tinggal.

Menariknya, paruh pertama film korea ini tidak ada adegan kejar-kejaran antara kerumunan zombie dan manusia tetapi malah berpusat pada polemik bisnis awet muda di Poongsan.

Alkisah, Man-Deok tanpa sengaja mesti berhadapan dengan si Zombie ini yang mengigit pelipis matanya. Gigitan itu bukannya menularkan kegilaan malah membuatnya tampak muda kembali.

BACA JUGA  Review Film Korea The Wailing (2016)

Tak pelak, Man-Deok dan keluarganya memutuskan untuk menggunakan Si Zombie yang dinamai Jjong-Bi (diperankan Jung Ga-Ram) untuk membuka bisnis baru di desanya dan pelanggannya adalah para manula di desa.

Dengan cerita yang segar dan unik ini, Lee Min-Jae selaku sutradara dan penulis naskah berusaha menyajikan cerita zombie yang berbeda. Jjong-Bi sedari awal telah digambarkan tidak gemar makan daging melainkan sayuran kembang kol.

Kapan lagi kita bisa melihat zombie vegetarian?

Sialnya, di paruh kedua hingga klimaks, cerita mulai goyah karena efek muda itu ternyata adalah hibernasi virus yang pelan-pelan mulai menggerogoti tubuh dan pikiran para manula ini. Imbasnya, seluruh manula di desa Poongsan ini menjadi zombie yang ganas dan memangsa penduduk desa.

Pada titik ini, film berubah menjemukan dan membosankan karena berakhir menggunakan pola-pola cerita zombie serupa yaitu aksi survival tokoh utamanya untuk kabur dari kejaran zombie. Sungguh disayangkan mengingat adanya potensi cerita yang baru dan menyegarkan.

Problem dalam The Odd Family: Zombie on Sale

Korean Film The Odd Family Zombie on Sale (2019)

Bagi para penggemar film genre zombie juga sudah pasti akan sedikit familiar ketika menonton film korea The Odd Family: Zombie on Sale.

Misalnya dari sosok zombie yang diperlihatkan “manusiawi”, terbukti ketika Jjong-Bi menyadari Hae-Gul berada dalam masalah. Jjong-Bi ini tampaknya jatuh cinta kepada Hae-Gul.

Pola cerita cinta itu tidaklah baru sudah ada Warm Bodies (2013) misalnya yang mengisahkan R jatuh cinta kepada Julie dan kemudian sembuh karena “jantungnya berdetak kembali”.

Sayangnya, Lee Min-Jae sama sekali tidak berniat untuk mengeksplor lebih detail cerita antara Jjong-Bi dan Hae-Gul melainkan hanya menjadikan mereka sebagai bumbu drama romantis saja di dalam filmnya.

BACA JUGA  Review Film Korea Extreme Job (2019)

Banyaknya karakter yang mesti diceritakan dan tidak jelasnya lokus cerita menjadi akar dari kegagalan film korea The Odd Family: Zombie on Sale dalam menyajikan tontonan yang inovatif dan kreatif.

Terlepas dari kelemahan itu, toh film ini tetap cukup menghibur untuk ditonton saat waktu luang.

Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: