Review Mini Drama Korea Chip In (2020)

Cover_Review Drama Korea Chip In (2020)_kukuhgiaji

Drama Korea Chip In (2020) mengisahkan perebutan harta warisan mendiang seniman terkenal di Korea, Yoo In-Ho (Nam Moon-Chul) dengan total kekayaan senilai miliaran won. 

Harta tersebut kemudian dibagi secara merata untuk setiap anggota keluarganya, antara lain Yoo Bit-Na (Kim Hye-Jun), Kim Ji-Hye (Oh Na-Ra), Ji Sul-Young (Kim Jung-Young), Dokko Chul (Han Soo-Hyun), Dokko Sun (Kim Si-Eun), Yoo Hae-Joon (Choi Kyu-Jin), Moon Jung-Wook (Lee Yoon-Hee) dan Park Jin-Sook (Nam Mi-Jung).

Namun sayangnya, kematian Yoo In-Ho yang semula dianggap akibat kanker ternyata dinilai janggal oleh kepolisian sebab banyak bukti-bukti kuat yang menunjukkan bahwa In-Ho telah dibunuh, salah satunya adalah konsumsi obat tidur secara berlebihan, padahal In-Ho diketahui alergi terhadap obat itu.

Review Drama Korea Chip In_Kim Hye-Jun sebagai Yoo Bit-Na_kukuhgiaji
Kim Hye-Jun sebagai Yoo Bit-Na dalam Drama Korea Chip In (2020)

Sementara itu, para anggota keluarganya ternyata menerima sebuah surat misterius beberapa hari sebelum kematian In-Ho, kecuali Bit-Na yang notabene adalah anak In-Hoo satu-satunya.

Keluarga yang sedari awal tidak pernah akur itu pun semakin pecah lantaran setiap orang saling menuduh dan tak percaya satu sama lain dikarenakan terobsesi untuk mendapatkan kekayaan In-Ho.

Drama Korea Chip In merupakan mini-drama bergenre mister/thriller dengan semua tokohnya memiliki motif untuk membunuh In-Ho. Kita sebagai penonton lalu diajak untuk menerka-nerka siapakah pembunuh sebenarnya?

Chip In dan Potongan-Potongan Misteri yang Membosankan

Entah disadari atau tidak, drama Korea Chip In dimulai dengan gaya dan alur penceritaan yang hampir identik dengan film Amerika Knives Out (2019) yaitu tidak hanya sama-sama berkutat pada misteri pembunuhan dan perebutan harta warisan, tetapi juga menghadirkan latar belakang yang sama antara In-Hoo sebagai seniman kaya raya dengan Harlan Thrombey dalam Knives Out yang dikisahkan sebagai novelis misteri tersohor.

Ini pun belum termasuk adegan-adegan lainnya, seperti pesta ulang tahun In-Hoo yang lagi-lagi identik dengan adegan ulang tahun Harlan Thrombey.

Perbedaan terbesarnya kemudian terletak pada sosok detektif dalam Chip In yang absen, namun digantikan oleh Bit-Na yang berusaha keras untuk menemukan pembunuh ayahnya. Untungnya, sepanjang drama berjalan, cerita dalam Chip In mengambil rute bebeda dengan berfokus pada masa lalu In-Hoo yang kompleks serta dipenuhi kebohongan.

Akan tetapi, bagi para penggemar genre misteri/thriller, drama ini bisa jadi terasa menjemukan karena potongan-potongan misterinya kelewat abstrak dan sering kali hadir begitu saja tanpa adanya ancang-ancang alis ‘clue’ yang bisa membuat kita penasaran sampai menduga-duga temuan apa yang selanjutnya diperoleh oleh Bit-Na.

Untungnya, naskah drama Korea Chip In masih terbilang cukup solid dan rapi mengingat dalam durasi yang singkat, latar belakang setiap karakternya mampu dieksplorasi dengan baik.

Review Drakor Chip In_kukuhgiaji
Sembilan tokoh utama dalam drama Korea Chip In (2020)

Misalnya, Moon Jung-Wook yang merupakan asisten dan sekaligus sahabat In-Hoo ini ternyata diam-diam menyimpan dendam kesumat karena sering diancam oleh In-Hoo. Begitu pula, Ji Sul-Young yang merupakan mantan istri In-Hoo tersebut nyatanya masih tidak terima atas perselingkuhan mantan suaminya dengan Kim Ji-Hye.

Bahkan, di tengah-tengah peliknya misteri pembunuhan In-Hoo, drama Korea Chip In menyelipkan twist (kelokan plot) tentang misteri hilangnya ayah Hae-Joon dan bagaimana hal itu menjadi faktor penting dalam keseluruhan cerita.

Pada akhirnya, Chip In merupakan drama Korea ringan yang cukup seru untuk dihabiskan dalam satu kali duduk ketika liburan akhir pekan.

Drama Korea Chip In merupakan mini-drama besutan stasiun televisi MBC yang juga disiarkan secara resmi melalui platform VIU pada setiap hari Rabu dan Kamis pukul 21:30 WIB. Drama ini telah mengakhiri masa tayangnya dengan total sebanyak 8 episode sepanjang bulan Juli sampai Agustus 2020.

Leave A Response
Giaji

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

Leave a Reply

%d bloggers like this: