Review Novel My Heart and Other Black Holes

Novel My Heart and Other Black Holes mengisahkan tentang obsesi bunuh diri Ayzel. Namun, ia dihadapkan pada ketakutan-ketakukan untuk melakukan itu sendiri hingga bertemu Roman berkat situs daring bernama ‘Smooth Passage’, yang menghubungkan orang-orang yang ingin bunuh diri.

Tidak seperti 13 Reasons Why, buku perdana yang ditulis Jasmine Warga ini lebih realistis dan terkesan tidak mengada-ngada. Memfokuskan antara kisah Ayzel dan Roman yang sama-sama memiliki hantu di masa lalu. Melalui sudut pandang pertama dari Ayzel, novel ini tampak jujur berusaha menggambarkan bagaimana pemikiran bunuh diri terjadi dan hal kecil apa yang mampu mencegahnya.

Ayzel, remaja perempuan ini begitu menderita pasca kejadian sang ayah membunuh Brian Jackson, dirinya dihantui mengenai kemungkinan dapat menderita gangguan jiwa seperti ayahnya sementara Roman adalah remaja lelaki yang dihantui perasaan bersalah karena menjadi penyebab kematian adik perempuannya.

Baik Ayzel maupun Roman menyimpan lubang hitam di hati masing-masing yang tidak lagi bisa disembuhkan.

Cerita Sederhana

Saya jarang membaca buku yang memiliki tema suicidal behavior dan baru-baru ini tertarik berkat serial 13 Reasons Why yang sempat saya kagumi namun setelah saya amati kembali ternyata terlalu banyak hal mengada-ngada, dilebih-lebihkan serta tidak konsisten ketika berbicara mengenai pemikiran bunuh diri dari sosok si pelakon yaitu Hannah Baker.

Berbeda, novel My Heart and Other Black Holes lebih mengedepankan karakter yang membumi dengan masalah nyata yang bisa dialami siapa saja dan kapan saja.

Karakter Ayzel maupun Roman sama-sama berjuang untuk hidup dengan versinya masing-masing. Walaupun memiliki akhir yang terkesan menyederhanakan proses bantuan kepada si pelaku bunuh diri, novel young adult ini menuturkan bahwa tindakan bunuh diri dapat terjadi kepada siapa saja dan hal terkecil yang dapat kita lakukan adalah mendengarkan dan memahami tanpa perlu memberikan menghakim.

Keunggulan besar novel My Heart and Other Black Holes terletak pada cara Jasmine Warga bercerita dengan kata-kata yang sangat kelewat sederhana namun bisa menyihir saya sebagai pembaca. My Heart and Other Black Holes begitu mudah dicerna walau jelas tersirat begitu banyak problematika di dunia namun tidak boleh sekalipun kita menyerah karenanya.

Bagi Anda yang tertarik membaca buku ini sila beli di gramedia dengan judul Hati Yang Hampa (My Heart and Other Black Holes).

Leave A Response

Giaji

A 20-something who loves writing and watching mostly k-dramas. Apart from tv and movie reviews, I also talk and discuss about cultural and media issues. If you find my blog useful and helpful don't forget to subscribe. Thanks for reading!

Leave a Reply

%d bloggers like this: