Tips Solo Travelling ke Singapore 2019 (Budget + Itinerary)

Pengalaman Solo Travelling ke Singapore 2019 (dok. pribadi)

Tulisan tentang tips solo travelling ke Singapore ini merupakan bentuk dedikasi gua yang pertama kali memutuskan ke luar negeri sendirian. Singapura dipilih karena memang negara ini dikenal sangat rapi, udah gitu friendly banget buat kita-kita yang terbiasa jadi pedestrian, dan juga transportasi umumnya (MRT, LRT, dan Bus) yang tertata baik.

Namun, tentu saja yah “it comes with great responsibility” dalam hal mengatur itinerary dan budget! Singapura adalah salah satu negara termahal se-Asia Tenggara dan dunia. Oleh karena itu gua mesti detail banget merancang jadwal perjalanan dan uang yang ingin dibawa.

But, before I’m talking bout that let me tell you something first…

Why Solo Travelling?

Garden by the Bay, Singapore, 2019

CHEAPER! Iya kalian semua gak salah baca. Dengan ngelakuin solo travelling kalian itu sebenarnya lebih irit loh. Banyak banget agen-agen wisata di luar sana lebih mengutamakan profit dan benefit untuk mereka. Gak jarang kalian pasti menemukan banyak biro menawarkan perjalanan 4D3N Singapore-Malaysia dengan harga miring (ada yang kurang dari lima juta!).

Kok bisa semurah itu sih? Karena kalian itu semua sekedar ‘foto stop’ dimana kalian datang ke suatu site atau lokasi dan kemudian foto-foto sebentar terus pergi lagi ke destinasi lain padahal bisa jadi di tempat itu ada berbagai lokasi wisata lain yang seru dengan harga relatif murah. Tapi karena kalian dikejar-kejar waktu mau gak mau yah udah cuman foto aja tanpa menikmati suasananya.

Namun, semua balik lagi ke prioritas kalian masing-masing yah 😀 dan gak semua juga biro perjalanan wisata kayak gitu sih. Buat gua secara pribadi jalan-jalan itu adalah menikmati setiap momen yang ada atau live at the moment. Duduk sebentar di Merlion Park terus mikir dan menghayal: what my future be like after graduate? or figuring out the next big move in my life journey, etc.

Travelling itu buat gua menyoal perjalanan spiritual bukan sekedar ha-ha-he-he seru-seru an aja. Harus ada misi dan visi yang ingin dicapai dan itu yang gua lakuin selama di Singapura.

Maka dari itu gua ngeliat penting banget tips solo travelling ke Singapore terutama berkaitan budget + itinerary!

Budgetnya Berapa?

Ini dia yang bikin gua galau beberapa hari untuk mengoptimalkan budget dan juga destinasi jalan-jalan juga selama di Singapura. Berhubung gua juga tipe yang gak mau rugi ditambah gua pengen banget bisa menghabiskan waktu di museum-museum besar negara ini, kayak ArtScience Museum dan National Gallery Singapore. Dan dua tempat ini memang udah jadi prioritas gua banget: pokoknya harus kesana! Karena di dua tempat ini ada pameran Minimalism: Space.Light.Object sampai 14 April 2019 nanti. Sayang banget deh kalau dilewatin. Untungnya gua berhasil dengan perjuangan keras kaki yang terseok-seok untuk menikmati karya-karya di dalam museum ini.

Lalu, berapa sih budget yang akhirnya gua rencanakan untuk perjalanan ini? Well, gua secara pribadi memaksimalkan pengeluaran gak boleh sampai 6 juta dan ini udah termasuk biaya pesawat PP dan penginapan.

Wah ke Singapura doang sampai 6 juta? Kok mahal banget sih? Yang lain aja cuman 3 jutaan?

Hello felllllaaas, inget baik-baik kalau gua memutuskan untuk masuk ke berbagai tempat wisata yang menurut gua recommended banget dan gak banget juga udah menempuh ribuan kilometer tapi berujung cuman foto-foto doang.

Dan harga ini tuh sebenernya murah banget karena gua memangkas pengeluaran buat beli air dan juga makan cuman dua kali sehari 🙁

Nah tips solo travelling ke Singapore pertama dari gua coba deh kalian bandingkan setiap harga tiket masuk wisata dari aplikasi ke aplikasi lain. Kayak gua ada beberapa tiket beli di Tokopedia karena harganya lebih murah dibandingkan Klook.

BACA JUGA  Solo Travelling Singapore 2019 : Day Three (Sentosa Island dan National Gallery Singapore)

Bahkan nih gua udah punya kartu EZ-Link sebelum berangkat! Ditambah udah pesen SIM Card dari jauh hari! Pokoknya rapih dan terencana banget deh.

Kira-kira ini detail budget gua: (Total: 5,531,714)

  • Pesawat PP: IDR 1,677,000
  • Hotel 4D3N: IDR 1,026,339
  • Uang Makan: IDR 1,500,000
  • Total Tiket Wisata: IDR 1,064,375
    • Garden By the Bay (Flower Dome+Cloud Forest) + OCBC Skyway: IDR 244,000
    • ARTScience Museum + Digital Light Canvas: IDR 144,000
    • National Museum of Singapore: IDR 145,763
    • S.E.A Aquarium Sentosa: IDR 332,905
    • National Gallery Singapore All Access Pass: IDR 197,662
  • SIM Card Starhub Singapore: IDR 120,000
  • EZ-Link Card: IDR 144,000

Yup, kira-kira itulah total yang gua keluarin selama di Singapura. Dan ini sesuai banget dengan perkiraan budget gua dari awal. Meskipun awal mulanya gua cuman menyiapkan uang makan sebesar 600 ribu rupiah saja tapi karena lebih mawas diri jadinya memutuskan bawa 150 SGD waktu itu dan ternyata bener dong cuman sisa 10 SGD doang 🙁

Kenapa bisa gitu? GUA HARUS BELI AIR DINGIN! Sumpah deh. Panas banget dan rasanya dahaga untuk meminum air dingin tuh menohok banget tapi bayarnya juga agak bergetar sih karena satu botol Aqua itu setara 2,5-3,0 SGD.

Tapi gua juga bawa botol minum kemana-mana, beli air cenderung yang dingin dan berwarna biar gak rugi aja gitu. Gua bahkan juga bawa sari roti dua biji untuk nemenin makan malam di hostel kalau agak laper. Pokoknya ini tips solo travelling ke Singapore paling kudu wajib dilakukan.

Membeludaknya uang makan ini juga disebabkan gua stay di Chinatown dan harga makanan di sana relatif mahal dan rata-rata 8 SGD sekali makan (belum sama minum). Beda banget sama di Little India yang Nasi Briyani + Daging aja cuman 5,5 SGD 🙁 Jadi kalau kamu ingin lebih irit lagi mungkin bisa mempertimbangkan lokasi penginapan yang murah kayak tadi misalnya di Little India atau mungkin Bugis.

Tapi gua juga gak nyesel sih tinggal di Chinatown soalnya lokasi hostelnya itu persis sebelah Stasiun MRT Chinatown (literally, sebelahnya!) Jadi gak capek pas jalan kaki (bisa hemat tenaga deh).

Ini tips solo travelling ke Singapore dari gua selanjutnya: cek lokasi hotel di Google Maps apakah dekat dengan Stasiun MRT!

Itinerary Detail

Tentu saja setelah mengatur budget kita harus bikin itinerary atau detail perjalanan yang super lengkap biar gak teledor dan terlalu santai. Gua mencatat rute MRT atau Bus apa yang akan dilalui di lokasi tersebut dan ini ngebantu banget buat gua yang kadang udah males banget cek di Google Maps lagi.

Kira-kira formatnya gini (gua buat dalam tabel Excel):

Format kayak gini tuh tergantung kalian pribadi sih sukanya gimana. Senyamannya aja yah.

Tapi kenyataannya pun gua gak bisa menjelajahi wilayah Little India karena gua masih gak rela cuman sekilas muter-muter di wilayah Garden by the Bay di hari pertama doang ditambah gua pun gak sempet masuk ke Flower Dome dan OCBC Skywalk karena waktunya sempit banget.

Gua sampe di sana aja sekitar jam 5 sore-an waktu itu dan namanya juga gua kalau udah muter-muter itu yah bisa lama banget, belum lagi duduk-duduk antengnya tau tau bablas dari jadwal deh.

Namun namanya semesta yah ngasih aja keajaiban. Pas lagi hendak menuju Merlion dari Garden by the Bay gua malah dapat pertunjukan gratis dalam rangka Perayaan Imlek. Gak bakal terbayar deh pengalaman ini!

BACA JUGA  Solo Travelling Singapore 2019 : Day One (From Changi to Merlion)

Kira-kira ini detail itinerary gua:

Hari Pertama:

  • Explore Chinatown (Cari mural dan temple (seketemunya aja))
  • Garden by the Bay (Cuman sempet masuk ke Cloud Forest)
  • Makan di Satay by the Bay
  • Helix Bridge (datang pas siang dan malam soalnya beda sensasi)
  • Merlion Park (datang malam hari aja deh gak usah pagi atau siang udah mainstream keles!)

Hari Kedua:

  • Garden by the Bay (Flower Dome + OCBC Skywalk)
  • National Museum Singapore
  • ARTScience Museum
  • Makan di Tekka Centre, Little India

Hari Ketiga:

  • Keliling Sentosa Island
  • S.E.A Aquarium
  • National Gallery Singapore
  • Wasting time di Chinatown Street Food

Hari Keempat:

  • Ke Bandara Changi

Dua kata yang bisa menggambarkan penjelajahan gua di Singapura itu adalah CAPEK BANGET, NJING! Sumpah parah banget, karena gua jalan kaki gak berhenti-henti bahkan gilanya lagi gua full jalan kaki seharian di hari pertama.

Dari Stasiun MRT Downtown ke daerah ARTScience Museum, terus melintasi Helix Bridge eh sadar pas udah di ujung kalau nyasar rute jadinya muter balik lagi ke Garden by the Bay (jelajaih ampe mampus) terus makan di Satay by the Bay, eh balik lagi ke arah Helix Bridge jalan terus ampe ke Merlion yang ada patung Singa itu, terus jalan kaki ke Hotel.

Ya… gila kan? Itu kaki kalau bisa di ganti boleh deh.

A Little Bit Tips solo travelling ke Singapore From Me…

  1. Selalu bawa Botol Minum kosong karena banyak banget tempat buat isi air minum gratis di beberapa spot di Singapura. Biasanya sih dekat dengan toilet.
  2. Bawa Handuk Kecil karena Singapura itu panasnya bin ajaib kalau lagi siang tapi sejuk menuju dingin kalau pas matahari sudah terbenam.
  3. Bawa Payung karena ini negara iklimnya sama kayak Indonesia, bisa aja tau tau hujan karena ini yang gua alamin di hari ketiga. Tau tau hujan gede laknat dan gua gak bawa payung karena dua hari sebelumnya tuh kagak ada mendung malah terik sangat.
  4. Gak Perlu Ambil Peta! Kenapa? Yah karena ada Google Maps. Gua sih ambil peta buat merchandise gratis atau “token” ha ha ha dan selama jalan-jalan gak ada tuh Peta MRT atau Peta Singapura gua buka wong segede gaban mending cus pake hape aja kan.
  5. Tertib dan Tahu Diri Yah. Contohnya kalau naik eskalator yah kalian berdiri di pojok kiri karena bagian kanan akan dipakai untuk yang terburu-buru jadi keliatan banget “turis katro”-nya deh. Di dalam MRT selalu dahulukan yang keluar dan juga berikan tempat duduk untuk Manula dan Ibu Hamil. Jangan coba-coba buat ngerokok sembarangan atau makan permen karet. Wassalam udah hidup lo semua.
  6. Pakai EZ-Link aja! Sumpah deh lebih murah ketimbang STP (Singapore Tourist Pass). Nanti gua tulis deh alasannya.
  7. Wear Outfit That You Comfortable+Confident With! Ini tips paling penting buat gua karena pakaian menentukan fleksibilitas dan kenyamanan selama berjalan-jalan. Gua gak terlalu suka pakai jeans kalau banyak jalan kaki jadi gua selalu mengenakan celana training dan pastinya bawa kacamata hitam is a must!

Itulah beberapa hal yang gua persiapkan sebelum solo travelling ke Singapura. Dan semuanya sukses, sesuai rencana besar dan gak bikin gua nyesel selama jalan-jalan di sana. I will come back there again, I promise!

Leave A Response

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: